Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM di Desa Lebak Muncang Ciwidey
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.28096Keywords:
UMKM, Pemasaran, Digital MarketingAbstract
Pemasaran sangat penting dalam sebuah usaha terutama UMKM yang masih banyak menemui hambatan dalam memasarkan produknya. Penerapan pemasaran digital pada UMKM sangat dibutuhkan menginngat pada saat ini semuanya serba IOT (Internet of Things) yang mengkibatkan bergesernya perilaku konsumen yang awalnya berbelanja secara offline menjadi online, dan pelaku UMKM harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan kondisi serba digital saat ini. Pemasaran yang tidak berbasis digital akan mengakibatkan kurang mengetahuinya masyarakat terhadap produk UMKM, efeknya akan menghambat penjualan produk dari UMKM tersebut. Sosialisasi penerapan digital marketing pada pelaku UMKM bisa menningkatn omset dari UMKM. Metode sosialisasi yang melibatkan diskusi dan penerapan pemasaran digital pada UMKM kepada 25 orang pelaku UMKM di lingkungan Desa Lebakmuncang. Adapun kegiatan berupa sosialiasi mengenai UMKM, Pemasaran, dan pemasaran digital dilanjutkan dengan post-test mengenai seberapa paham pelaku UMKM terhadap pemasaran digital. Dengan demikian, sosialisasi penerapan pemasaran digital pada pelaku UMKM di desa Lebakmuncang bisa memberikan efek kepada meluasnya wilayah pemasaran produk UMKM desa Lebakmuncang.
References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage (Vol. 1, Issue 2, pp. 88–92). https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Aji, A. B. (2017). Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 153. Prosiding SNATIF Ke-4 Tahun 2017, 153–160.
Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Kota Medan. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 188–194. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.834
Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 59–70.
Hilmiana, D. H. K. (2021). PENINGKATAN KESEJAHTERAAN UMKM Pertumbuhan Jumlah UMKM di Indonesia Tahun 2012-2017. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124–130.
Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran Dan Jalur Distribusi Umkm Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.175
Mashuri, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Era 4.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.175
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). 済無No Title No Title No Title. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Yusuf, A. M., Astuti, M., & Ariani, M. B. N. (2022). The Effect of Digital Marketing Mix Strategy on Marketing Performance Through the Implementation of Customer Relationship Management MSME 4.0 DKI Jakarta. International Journal of Business, Technology and Organizational Behavior (IJBTOB), 2(4), 381–396. https://doi.org/10.52218/ijbtob.v2i4.213