Formulasi Komunikasi Pemasaran: Menimbang Konsep Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Pada Pelaku UMKM Desa Ciampea Udik Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.29260Keywords:
Komunikasi, Pemasaran, UMKMAbstract
Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam melakukan strategi pemasaran, khususnya melalui penggunaan marketplace, sosial media, maupun google bisnis. Metode pelaksanaan berupa pelatihan komunikasi pemasaran terintegrasi untuk mengembangkan produk usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat memasarkan produknya lebih luas sehingga usaha dapat lebih berkembang. Adapun tahapan kegiatan meliputi beberapa aktifitas; melakukan observasi ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor dan berdiskusi dengan pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM); melakukan sosialisasi program kepada masyarakat mitra pengabdian; dan melakukan pelatihan dan diskusi serta pendampingan kepada mitra, materi berupa peran komunikasi pemasaran melalui, fungsi, tujuan, media promosi online, memahami pengembangan akun, menentukan isi konten, dan optimalisasi promosi melalui media sosial seperti instagram, twitter, youtube dan facebook serta market place, google bisnis. Hasil kegiatan ini masyarakat mitra pengabdian khususnya pelaku UMKM mendapatkan tambahan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan serta dapat menerapkan secara langsung kegiatan UMKM mereka secara berdampingan melalui offline dan online dengan E-Commerce guna percepatan dan perluasan pemasaran produknya. Dengan demikian masyarakat telah ikut andil pada kemajuan teknologi informasi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Ciampea Udik secara khusus dan Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor secara umum. PKM ini sekaligus mempererat kerjasama yang telah terjalin antara masyarakat mitra dengan Universitas PamulangReferences
A, Shimp, Terence. 2010. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Abdul Manap. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.
Belch, George E. dan Michael A. Belch (2009). Advertising and Promotion : An. Integrated Marketing Communication Perpective (8th Ed). New York: McGrew-Hill Irwin
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.
Claudia, M., Anisah, H. U., & Prihatiningrum, R. Y. (2019). PKM peningkatan kemampuan “pemasaran online†bagi komunitas perempuan di rumah kreatif Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(April), 86–93.
Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021. Date Accessed 2021-08-15.
Danang Sunyoto. 2019. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.
Datareportal.com. (2021). Most Used Social Media Platform. Date Accessed 2021-08-15
Deddy Mulyana.2010.Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kusumawardhani, R., Kurniawan, S. I., & Kartikasari, E. (2020). Mendesain Ulang Strategi Pemasaran Berbasis Media Pada Deriji Craft. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 4–8.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Limakrisna, N. dan Purba, T.P, (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia, jilid 2, Mitra Wacana Media. Bogor
Moekijat. 1991. Motivasi dan Pengembangan Management. Bandung: Alumni 1981.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet- indonesia-2021-tembus-202-juta. Date Accessed 2021-09-02.
Rizal, E., Khadijah, U. L. S., & Anwar, R. K. (2020). Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Kegiatan Wisata di Desa Cipacing Kabupaten Sumedang. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 32–36.
Schultz, D.E. and Schultz, H.F. (2004), IMC the next generation: five steps for delivering value and measuring returns using marketing communication, McGraw-Hill.
Tambunan M Rudi, 2013, Pedoman penyusunan Standard Operating Prosedur, Edisi 2013, Penerbit Maiesta.
Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 327–337.