Pengembangan Digital Content Marketing untuk Optimasi Usaha Mikro di Desa Ciampe Udik Kecamatan Ciampea
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.29477Keywords:
Konten Marketing, Era Digital, MarketplaceAbstract
Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan dengan sasaran desa binaan program berkelanjutan selama 3 (tiga) tahun. Pembinaan ini akan terus ditingkatkan dan akan melebar ke beberapa segi potensi desa yang dimiliki seperti pengelolaan wisata alam Desa Ciampea Udik dari segi manajemen keuangan, pemasaran dan pelayananya maupun potensi-potensi lain yang akan terus ditingkatkan di kemudian hari. Tujuan dari kegiatan PKM ini yaitu membantu promosi UKM Desa Ciampea Udik melalui content marketing berupa video promosi yang di posting ke media Youtube. Adapun metode pelaksanaan terbagi dalam dua fase kegiatan, yaitu kegiatan persiapan dan pelatihan serta pendampingan pembuatan konten video YouTube produk UKM Desa Ciampea Udik. Sedangkan hasil dari kegiatan PKM kali ini yaitu menghasilkan sebuah video promosi UKM Desa Ciampe Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten BogorReferences
Abbas, M., Nirwana, S., & Yulianti, U. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan semen pada PT. Lamappa jiwa abadi soppeng. Jurnal Ilmiah METANSI†Manajemen dan Akuntansiâ€, 3(1), 38-43.
Agusri, A. (2019). Pengaruh Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Mebel Sinar Barokah Tanjung Karangan Kabupaten Muara Enim. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(3), 192-203.
Albab, M. U., Aspriati, D. W., & Hertanto, A. A. (2019). Pengaruh Harga Jual terhadap Volume Penjualan Pedagang Pengecer Telur Ayam Ras di Pasar Tradisional Kota Lamongan. International Journal of Animal Science, 2(02), 58-61.
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung
Aminah, S. (2018). Strategi Pemasaran Mobil Merek Honda Brio Satya Studi Pada Pt Kerta Jaya Utama-Dealer Honda Sm Amin Di Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Amiruddin, A., & Fatma, M. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kerajinan Kerawang Gayo Pada Dekranasda Kabupaten Aceh Tengah. Gajah Putih Journal of Economics Review, 3(2), 65-70.
Asnuddin, S., Tjakra, J., & Sibi, M. (2018). Penerapan Manajemen Konstruksi Pada Tahap Controlling Proyek.(Studi Kasus: Bangunan Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Sipil Statik, 6(11).
Daryono. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya.
Dianti, T. W. (2018). Tingkat Kepuasan Anggota Terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Klub Tenis Lapangan Gajah Mungkur Di Wonogiri. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 7(10).
Fahmi, I. (2014). Kewirausahaan Toeri, Kasus dan Solusi, Bandung: Alfabeta. Gitosardjono, Sukamdani S. 2013. Wirausaha Berbasis Islam & Kebudayaan, Jakarta: Pustaka Bisnis Indonesia.
http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalIlmiahHubunganInternasiona/art icle/view/3870. Diakses pada 15 Oktober 2020 pk. 14.00 WIB.
Kasidi, K. (2020). Tantangan Kewirausahaan di Era Ekonomi Digital. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(1).
Kompas.com. 2020. 5 Langkah Upaya Pemerintah Kembalikan Pertumbuhan Perekonomian Nasional. 7 Agustus 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/08/07/16224171/5-upaya- pemerintah-kembalikan-pertumbuhan-perekonomian-nasional?page=all. Diakses pada 16 Oktober 2020 pk. 16.10 WIB.
Lesmana, A. C. (2022). Pemasaran Melalui Pelatihan Business Model Canvas pada Mitra Umkm di Kota Bandung. 3, 7–15.
Lieb, R. (2012). Content Marketing: Think Like a Publisher-How to Use Content to. Market Online and in Social Media
Maksum, A. (2020). Keefektifan Penerapan Kurikulum Terpadu Pada Pondok Pesantren Modern. Cetakan Pertama. CV. Syntax Corporation Indonesia: Cirebon.
Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Katolik Parahyangan.
Republika.co.id. (2020). Tiga Dampak Besar Pandemi Covid-19 Bagi Ekonomi RI. 15 Juli 2020. https://republika.co.id/berita/qdgt5p383/tiga-dampak-besar- pandemi-covid19-bagi-ekonomi-ri. Diakses pada 16 Oktober 2020 pk. 14.25 WIB
Sabila, N. (2019). Digital Marketing. Semarang: STEKOM.
Sari, A.M. Suratmin U., & A.S. Redjeki. (2014). Peningkatan Motivasi Berwiraswasta Santri Pondok Pesantren Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Teknologi 6(1): 47 - 53 hal.
Setiawan, H. C. B. (2019). Kontribusi Praktik Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Entrepreneur Mukmin Mandiri Waru, Sidoarjo. Program Studi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Riset Entrepreneurship 2(2): 8-18.
Suryana. 2014. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat.
Åšwieczak, W. (2012). Content marketing as an important element of marketing strategy of scientific institutions. Transactions of the Institute of Aviation, 226(5)
Tambunan, Tulus T.H. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor, Ghalia Indonesia. Tambunan, Tulus T.H. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting, Jakarta: LP3ES.
Ukmindonesia.id. (2019). Potret UMKM di Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. 29 Juli 2019. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62. Diakses pada 15 Oktober 2020 pk. 13.00 WIB.
Winarno. (2011). Pengembangan Sikap Entreprenuership dan Intraprenuership, Jakarta: PT Indeks.
Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48.