Training of Marketing and Hr Development Program for Msme Touch in Mandalasari Village, Garut Regency
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30085Keywords:
Pelatihan, Pengembangan Pemasaran dan SDMAbstract
Salah satu UMKM di Kab. Garut Provisi Jawa Barat yang memiliki produk unggulan ada di Desa Mandalasari Kec. Kadungora,yaitu UMKM tahu. Tetapi UMKM pengrajin tahu ini memiliki permasalahan dalam kegiatan usahanya yaitu belum optimalnya pada bidang pemasaran dan manajemen SDM, karena masih kurangnya pengetahuan pelaku usaha. Metode pengabdian berupa pelatihan program pengembangan yang dilaksanakan baik secara daring atau synchronous (waktu yang bersamaan) maupun luring asyincronous (waktu yang tidak bersamaan). Pelatihan diadakan selama 4 kali pertemuan dengan variasi 1 kali materi dan 3 kali praktik terbimbing, sehingga peserta mampu memperbaiki pengelolaan usahanya. Berdasarkan jumlah peserta, terdapat 60% yang berhasil memenuhi target. Evaluasi kegiatan pengabdian dinilai dari tiga aspek yaitu, penyelenggaraan pelatihan, kualitas narasumber dan kualitas tutor sesi praktik. Evaluasi peserta terhadap pelatihan, sehingga pelatihan ini memberikan dampak positif bagi peserta pelatihanReferences
Agora Vol.1, No.3,2013 Pengolaan Sumber Daya Manusia Pada Usaha Mikro dan Kecil di Jawa Timur Noiva Aristyani Esay dan R.R. Retno Ardianti Universitas Kristen Petra 121-131, Surabaya E-mail: noiva.ae@gmail.com; retnoa@peter.petra.ac.id
Alamro, A., & Rowley, J. 2011. Antecedents of brand preference for mobile telecommunications services. Journal of Product & Brand Management, 20(6), 475-486.Diakses dari https://doi.org/10.1108/10610421111166621
Cardoso Gomes, Faustino. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi, Yogyakarta
Christian . 2019a.Dampak Penggunaan TeknologiBerbasis AplikasiPada UsahaRestoran Berskala Mikro & Kecil. Journal of Busniness and Applied management, 12 (2) 132-198
Helmalia dan Afrinawati. Pengaruh ECommerce Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 3 no 2 (Juli 2018): (237- 246) DOI: http://dx.doi.org/10.15548/jebi. v3i2.182
Kotler Phillip, Keller 2019. Mjn Pemasaran edisi 13 Jakarta
McKenna, E & Beech, N, 1995, The Essence of Human Resource Management, Prentice Hall International Ltd.
Munajat, Enjat dkk. 2018.Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 no 10 : 896-899. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/v iew/20445
Pratiwi. 2020. Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia..Jurnal Bisnis dan Manajemen 7(1): 25–33 .
Rulandari, N., Rahmawati, N.F., Nurbaiti, D. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal, Ilmu Sosial. Journal., vol. 7, no.2., PP. 21-27.
Sugiri, D. 2020. Menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. FokBis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol. 19 No. 1, 76-86.
Theopilus,Y .,Damayanti.,K.A, Yogasara T.,Ariningsih P.K. 2018 Pengembangan Kemasan Makanan untuk Menghasilkan User Experience yang Positif : studi KAsus pada Salah Satu UMKM Makanan di Kota Bandung. Jurnal Ergonomi Dan K3, 3(2) 9-16
Wibowo 2015 Peranan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Berwirausaha
Ekonomi ISSN 1411-9501: Vol XX No 1