Penerapan Penggunaan E-Payment Sebagai Upaya Peningkatan Adaptabilitas UMKM Terhadap Transformasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30103Keywords:
E-Payment, Literasi Keuangan, Literasi Digital, UMKM, TeknologiAbstract
Penggunaan teknologi menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan sosial, maupun kegiatan ekonomi, dalam proses produksi, intervensi akan teknologi menjadi dominan, mengubah pola hidup masyarakat. Sebagai dampak dari pandemic Covid-19, penggunaan teknologi menjadi semakin intens, menjadi suatu keharusan untuk para pemilik usaha untuk beradaptasi dengan digitalisasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berupaya untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, dan kemampuan adapatabilitasnya terhadap sistem pembayaran online yang dikenal dengan istilah E-Payment. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahapan yakni sesi materi, sesi tanya jawab, dan sesi diskusi. Hasil evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan antusiasme para pemilik UMKM di Kelurahan Mattoanging untuk segera menerapkan penggunaan E-Payment, yang mana sebagai langkah awal, mereka akan menggunakan teknologi tersebut untuk diri sendiri sebelum kemudian digunakan sebagai alternatif pembayaran dalam usaha mereka. Dari kegiatan ini juga menjadi suatu bahan pertimbangan kepada pemerintah untuk semakin intens dalam mendorong penggunaan sistem pembayaran online, yang sesuai dengan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).References
Alzoubi, H.M. et al. (2022) ‘The effect of e-payment and online shopping on sales growth: Evidence from banking industry’, International Journal of Data and Network Science, 6(4), pp. 1369–1380. Available at: https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.5.014.
Aprianto, N.E.K. (2021) ‘Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis’, International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 2(1), pp. 1–7. Available at: https://ijabo.a3i.or.id.
Arifqi, Moh.M. & Junaedi, D. (2021) ‘Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19’, Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), pp. 195–205. Available at: https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i1.311.
Cahyadi, L.D.C.R. & Pradnyani, N.L.P.S.P. (2022) ‘Digitalisasi UMKM Dengan Menggunakan Pendekatan TOE Model’, E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(9), pp. 1132–1140. Available at: https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/index.
Christa, U.R. & Giantari, I.G.A.K. (2021) ‘Pelatihan Menggunakan E-Payment Di Era Digitalisasi 5.0 Dan Masa Pandemic Covid 19 Pada Usaha Kecil Masyarakat Di Denpasar Dan Palangka Raya’, Media Bina Ilmiah, 15(8), pp. 5011–5018.
Garrouch, K.F. (2022) ‘Explaining the comparative perception of e-payment: role of e-shopping value, e-payment benefits and Islamic compliance’, Journal of Islamic Marketing, 13(7), pp. 1574–1588. Available at: https://doi.org/10.1108/JIMA-08-2020-0240.
Gultom, G.A. & Yoestini (2022) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Lokasi, Dan E-Payment Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Fitness Center Elise Ladies Gym Semarang)’, Diponegoro Journal of Management, 11(3), pp. 1–9.
Halim, E., Januardin, R. & Hebrard, M. (2020) ‘The Impacts of E-payment System and Impulsive Buying to Purchase Intention in E-commerce’, in International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech). Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., pp. 847–852. Available at: https://doi.org/10.1109/ICIMTech50083.2020.9211154.
Handini, V.A. & Choiriyati, W. (2020) ‘Digitalisasi UMKM Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19’, Jurnal Riset Komunikasi, 11(2), pp. 150–167. Available at: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRKom.
Harisma, A. & Padmalia, M. (2023) ‘Anteseden Dari Continuance Intention To Use E-Payment Dana Pada Pengguna Generasi Z’, PARSIMONIA, 10(1), pp. 16–30.
Heryanti, A.H. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Dana terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Melakukan Transaksi Secara Online sebagai Alat Pembayaran Elektronik (E-Payment)’, Journal on Education, 5(3), pp. 8080–8096.
Karim, M.W., Chowdhury, M.A.M. & Haque, A.K.M.A. (2022) ‘A Study of Customer Satisfaction Towards E-Wallet Payment System in Bangladesh’, American Journal of Economics and Business Innovation, 1(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.54536/ajebi.v1i1.144.
Kilay, A.L., Simamora, B.H. & Putra, D.P. (2022) ‘The Influence of E-Payment and E-Commerce Services on Supply Chain Performance: Implications of Open Innovation and Solutions for The Digitalization of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia’, Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), pp. 1–24. Available at: https://doi.org/10.3390/joitmc8030119.
Kritinae, V. (2021) ‘Pelatihan Menggunakan E-Payment Dan Value Innovation Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Usaha Kecil Masyarakat Di Palangka Raya’, Media Bina Ilmiah, 16(3), pp. 6627–6634.
Lestari, R.I., Santoso, D. & Indarto, I. (2021) ‘Meningkatkan Literasi Keuangan Digital Pada Pelaku UMKM Melalui Sosialisasi Gerakan Nasional Non-Tunai’, Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), pp. 378–390. Available at: https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10947.
Mukti, A., Herawati & Ilhamsyah, P. (2022) ‘Optimalisasi E-Payment Bagi Pelaku UMKM’, Jurnal Pengabdian Masyarakat INOTEC UUI, 4(2), pp. 31–35. Available at: https://smesco.go.id/.
Munawar, Z. et al. (2021) ‘Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19’, Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), pp. 160–175.
Namira, L. (2022) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat UMKM di Kota Padang Menggunakan e-Payment sebagai Metode Pembayaran’, Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(1), pp. 212–224. Available at: https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.553.
Nugrahini, D.E. & Alfian, A.H. (2023) ‘Persepsi Penggunaan E-Payment Di Era Cashless Society: Peran Nilai Online Shopping, Manfaat E-Payment Dan Kepatuhan Syariah (Sharia Compliance)’, Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram, 12(1), pp. 88–99. Available at: https://doi.org/10.29303/jmm.v12i1.764.
Octavina, L.A. & Rita, M.R. (2021) ‘Digitalisasi Umkm, Literasi Keuangan, dan Kinerja Keuangan : Studi Pada Masa Pandemi Covid-19’, Journal of Business and Banking, 11(1), pp. 73–92.
Oktavianty et al. (2022) ‘Impact Of E-Marketing In Supporting MSMEs After Covid-19 Pandemic’, Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(4), pp. 1–7.
Permana, A.E. et al. (2021) ‘Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Teknoinfo, 15(1), pp. 32–37. Available at: https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868.
Pringgadini, S.A. & Basiya, R. (2022) ‘Pengaruh Kepercayaan, Perceived Security, Dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan E-Payment Pospay (Studi Kasus Pengguna Pospay Kantor Pos Pati)’, SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), pp. 574–584. Available at: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1774.
Purba, N., Yahya, M. & Nurbaiti (2021) ‘Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya’, JPSB - Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), pp. 91–98.
Rahadi, R.A. et al. (2022) ‘Towards a cashless society: Use of electronic payment devices among generation z’, International Journal of Data and Network Science, 6(1), pp. 137–146. Available at: https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.9.014.
Rahayu, I., Pratiwi, L. & Rahwana, K.A. (2022) ‘Implementasi Fintech Sebagai Model Transaksi Masa Kini’, Journal of Empowerment Community, 4(1), pp. 1–5. Available at: https://e-journal.unper.ac.id/index.php/JEC.
Rahayu, R. (2022) ‘Factors That Influence the Behavioural Intention to Use E-Payments in Indonesia’, Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), pp. 116–125. Available at: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.504.
Ramadhan, A. & Subari (2022) ‘Penerapan Aplikasi Android E-Payment dan Pemesanan Layanan Pujasera’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 8, pp. 46–55. Available at: http://http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmi.
Rizqi, M.S. et al. (2022) ‘Pengembangan UMKM Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Mendukung Perekonomian Keluarga’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 2(2), pp. 218–223.
Rusnawati, Farild, M. & Indriyani, E. (2022) ‘The Fintech E-Payment: The Impact To Financial Behavior’, Laa - Maisyir : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), pp. 20–32. Available at: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lamaisyir.
Salloum, S.A. et al. (2019) ‘An Innovative Study of E-Payment Systems Adoption in Higher Education: Theoretical Constructs and Empirical Analysis’, International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(6), pp. 68–83. Available at: https://doi.org/10.3991/ijim.v13i06.9875.
Saputri, N.A. (2021) ‘Readiness of SMEs on Digital Payment for Business Sustainbility’, Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 3(2), pp. 140–144. Available at: https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1079.
Siregar, L.Y. & Nasution, M.I.P. (2020) ‘Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online’, Hirarki - Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(1), pp. 71–75. Available at: https://doi.org/10.30606/hjimb.
Suryati, D. & Salkiah, B. (2019) ‘Analisis Program Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Pada Umkm Di Kota Mataram’, Media Bina Ilmiah, 13(12), pp. 1823–1832.
Zada, C. & Sopiana, Y. (2021) ‘Penggunaan E- Wallet atau Dompet Digital sebagai Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di Kecamatan Banjarmasin Tengah’, JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 4(1), pp. 251–268.