Utilization of Student Potential as Volunteers in Religious Social Activities in a Surau

Authors

  • Jhoni Warmansyah UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Restu Yuningsih UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Meliana Sari UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Sobil Sobri Solin UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Enjeli Violanimas UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Gebri Yela Deska UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Dian Aulia Rahmi UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30120

Keywords:

Potensi Siswa, Relawan, Kegiatan Sosial Keagamaan, Surau

Abstract

Kegiatan sosial keagamaan di surau membutuhkan dukungan relawan yang cukup untuk mempererat hubungan sosial dan memajukan nilai-nilai keagamaan di masyarakat. Namun, seringkali surau sulit melibatkan relawan yang memadai. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis potensi mahasiswa sebagai relawan dalam kegiatan sosial keagamaan di surau dan menggali manfaat dari kerjasama ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatif dengan melibatkan mahasiswa sebagai relawan dalam mengembangkan dan melaksanakan kegiatan sosial keagamaan di Suru. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendekatan pengembangan kapasitas dimana mahasiswa dilibatkan dalam pelatihan, workshop, dan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang peran relawan, keterampilan sosial, dan pengetahuan agama. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelibatan mahasiswa sebagai relawan dalam kegiatan sosial keagamaan di surau memiliki manfaat yang signifikan. Mahasiswa membawa antusiasme, energi, dan beragam keterampilan, seperti keterampilan komunikasi, organisasi, dan kepemimpinan. Kegiatan sosial keagamaan mereka di surau dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan. Mahasiswa juga mendapat manfaat dari pengalaman belajar praktis, pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai agama, dan mengembangkan keterampilan sosial yang berharga dalam kehidupan sehari-hari

References

Afzal, A., & Hussain, N. (2020). The Impact of Community Service Learning on the Social Skills of Students. Journal of Education and Educational Development, 7(1), 55. https://doi.org/10.22555/joeed.v7i1.2988

Cronje, E. M. (2015). The Effects Of Volunteering On Student Volunteers. Progressio, 37(2), 1–20. https://doi.org/10.25159/0256-8853/581

Eka, Lady, A’yunin, D. Q., & Nisa, A. I. (2022). Pengabdian Mahasiswa KKN Stim Surakarta Pada Masyarakat Sekitar Masjid Baitul Amin, Cemani, Sukoharjo. Jurnal Albasirah, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.58326/jab.v2i2.46

Fattah, M., & Sayuri, S. (2019). Penguatan Program Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan KKL Posdaya Masjid. FENOMENA, 11(1), 47–68. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1380

Fauzzia, W., Sofiani, F., Shaleha, D. N., Malik, N. A., Delia, R., Rubianti, W., & Wulandari, W. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Jamaah Masjid Fatmah Hidayah. Jurnal ABDIMAS BSI, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3076

Hafizh, A., & Batubara, A. (2022). Integration Of Islamic Education In Surau Book : Traditional Islamic Education In Transition And Modernization. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(2), 55–65.

Isnaini, I., Putra, L. D., & Nadia, N. (2023). Pendampingan Gerakan Religi Literasi dan Budaya di Surau Rumah Gadang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 32–37. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.6109

Moh. Abdullah Rosyidi, Ricky, R., Ferdianto, F., Qurrota A’yun, Yayik Indah Susnita, Risma Shinta Maduri, & Danang Prastyo. (2022). Peran Mahasiswa dalam Mengimplementasikan Pendidikan Berbasis Masjid untuk Siswa MD Sabilul Ibaad Kabupaten Pamekasan. WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 190–200. https://doi.org/10.36701/wahatul.v3i2.627

Muttaqin, A. I., & Faishol, R. (2018). Pendampingan Pendidikan Non Formal Diposdaya Masjid Jami’an-Nur Desa Cluring Banyuwangi. Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 80–90. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_Kami/article/view/235

Rachmat Bin Badani Tempo, & Aqbar, K. (2020). Ikhtiar Mahasiswa KKN STIBA Makassar dalam Pembentukan Akhlak Qur’ani Masyarakat Desa Balassuka Kabupaten Maros. WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 90–115. https://doi.org/10.36701/wahatul.v1i1.151

Sabri, A., Sermal, S., Vadhillah, S., Akmal, A., & Pilbahri, S. (2022). The Shift of a Surau to Be a Mushalla as a Non-Formal Education Implementation in The Regency of West Sumatra Agam. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 434–452. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2217

Silvianetri, Irman, & Rozi, A. (2022). Surau-Based Community Counseling Service to Increase Psychological Resilience of Ms. Majelis Ta’lim in Nagari Terindah Pariangan, West Sumatra. Marawa, I(1), 22–30.

Wachidi, W., & Sudarwan, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek dan Bahan Loose Parts pada Guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 02(1), 57–61.

Warmansyah, J., Komalasari, E., Sari, M., & Yuningsih, R. (2023). Pelatihan Penguatan Pendidik PAUD Dalam Layanan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Melalui Pembelajaran STEAM. 2(1), 78–90.

Zain, Z., Putro, J. D., Nurhamsyah, M., & Andi, U. F. (2022). Pendampingan Desain Ulang Surau Sebagai Wadah Berkumpul Masyarakat Muslim Dari 3 Rukun Tetangga (Rt). Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 345–355.

Downloads

Published

2023-05-23

How to Cite

Warmansyah, J., Yuningsih, R., Sari, M., Solin, S. S., Violanimas, E., Deska, G. Y., & Rahmi, D. A. (2023). Utilization of Student Potential as Volunteers in Religious Social Activities in a Surau. DEDIKASI PKM, 4(2), 265–272. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30120