Implementasi Program Muatan Lokal Pencak Silat Dalam Penanaman Nilai Karakter Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD AN-NUR Kecamatan Serang
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30134Keywords:
Implementasi, Muatan Lokal, Pencak Silat, Nilai Karakter, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 2 dijelaskan bahwasannya pendidikan nasional adalah pendidikan yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI yang keduanya berakar dari nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional. Menumbuh kembangkan karakter sudah sepatutnya ditanamkan sejak dini karena anak adalah penerus generasi keluarga dan bangsa. Penanaman karakter ini dilaksanakan melalui program muatan lokal yang terintegrasi dengan profil pelajar Pancasila pada kurikulum Merdeka. Adapun tujuan peneliian ini untuk mengetahui bagaimana implmentasi program muatan lokal dalam penanaman karakter anak usia 5-6 tahun di PAUD AN-NUR dan untuk mengetahui gambaran nilai-nilai karakter anak setelah mengikuti muatan lokal pencak silat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah tertanamnya nilai-nilai karakter positif pada anak yaitu nilai beriman bertakwa dan berakhlak mulia; nilai berbinekaan global; nilai gotong royong; nilai mandiri; nilai bernalar kritis; dan nilai kreatif. Berdasarkan hasil penelitian, program muatan lokal ini dinilai efektif untuk menumbuh kembangkan karakter anak agar menjadi manusia yang seutuhnya berbudi luhur ditengah-tengah era globalisasi saat ini khususnya di PAUD AN-NUR.
References
Ananda, Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan (LPPPI).
Ismayanti, dkk. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Fluida. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya. Vol 3(1).
Kemendikbud. (2019). Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Mardotillah, M., & Zein, D. M. (2017). Silat Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Beladiri, dan Pemeliharaan Kesehatan, 18(2), 121–133.
Mulyasa E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Walikota Serang Nomor 5 Tahun 2021 Bab 4 Pasal 9 tentang penyusunan Kurikulum Muatan Lokal PAUD dan Pendidikan Non Formal.
Rahmat, A. Rosyadi. (2013). Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali.
Salma, dan Fatmawati. (2019). Metode Drill dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas Makrame untuk Anak Tuna Rungu di SLB Bina Bangsa. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol 4(3): 27-34.
Setyosari, Punaji. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi. Vol 1(1)
SK Kepala BSKAP Nomor 8 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Sufiati, Vivi, dkk. (2019). Peran Perencanaan Pembelajaranuntuk Performance Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 8(8): 48-53.
Suyanto, Slamet., (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 1
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) Nomor 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.