PABUSI: (Penanaman Budaya Literasi) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Inovatif untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMA Fitra Abdi Palembang
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30137Keywords:
Inovatif, Karya Ilmiah Essay, Kritis, Literasi, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Projek PABUSI ini dilakukan di SMA Fitra Abdi Palembang. Salah satu permasalahan pada sekolah ini yaitu rendahnya minat literasi yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Projek PABUSI ini bertujuan membekalkan dan menghasilkan keterampilan berpikir kritis, kreatif dan inovatif pada peserta didik sebagai upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila pada diri peserta didik sekaligus keterampilan abad 21. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, data primer, dan data sekunder. Hasil kegiatan Projek PABUSI (Penanaman Budaya Literasi) ini adalah berupa terciptanya 4 buah produk essay dikerjakan secara bertim dimana dimana 1 tim terdiri dari 20 orang peserta didik dan juga 10 hasil hasil resume materi yang di desain melalui web CANVA berupa poster, dan video (audio visual). Melalui kegiatan ini implementasi projek PABUSI sangat berdampak memberikan kebiasaan positif kepada peserta didik di SMA Fitra Abdi Palembang untuk memiliki karakter gotong, royong, kreatif dan bernalar kritis sehingga dapat mewujudkan profil pelajar pancasilan dan juga peserta didik yang dapat bersaing secara global.References
Afriyanti, L. and Junaidi, K. (2022) ‘Pendampingan Pengenalan Literasi Digital untuk Pengembangan Santripreneur Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif di Pondol Pesantren’, in Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Riau: SENTIMAS Institut Riset dan Publikasi Indonesia, pp. 495–500.
Ariyanti, D. et al. (2022) ‘Pendampingan Pembuatan Proposal Riset Menuju LKIR di MAN 2 Kota Probolinggo’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), pp. 200–211.
Arikunto, S. (2010). ‘Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bawden, D. (2001) ‘Information and digital literacies: a review of concepts’, Journal of documentation, pp. 1–30.
Hasan, M. et al. (2022) ‘Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Kegiatan Literasi’, IDEAS, 8(2), pp. 477–486.
Kurniawati et al. (2019) ‘Pelatihan pembuatan Karya Ilmiah Remaja bagi siswa-siswi SMAN 6 dan MAN 2 Kota Madiun’, Resository Universitas Katolik Widya Mandala, 1(1), pp. 44–53.
Lestari, M. and Septianingrum, T. (2019) ‘Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Dharma Karya’, Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), pp. 131–136.
Mardhiyah, R. et al. (2021) ‘Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia’, Jurnal Pendidikan, 12(1), pp. 29–40.
Marlina, L., Caska and Mahdum (2017) ‘Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Pekanbaru’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1, pp. 33–47.
Nindi, L. et al. (2016) Upaya Pendukung Pembelajaran Literasi Dengan Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Teknik Bibliolearning Pada Siswa, Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha.
Nurmalina et al. (2022) ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa’, Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), pp. 48–53.
Rohim, D. and Rahmawati, S. (2020) ‘Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar’, Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3), pp. 230–237.
Rosa, Y. and Nawawi, E. (2021) ‘Analisis Buku Teks Kimia SMA/MA Kelas Berdasarkan Literasi Sains’, in Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021. Palembang: Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021, pp. 1–14.
Sufyadi, S. et al. (2021) Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemristekdikbud.