Efektivitas Pelatihan Pangkas Rambut Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang Jakarta Timur

Authors

  • Dafir Zaky Hafidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suherman Suherman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hiadayatullah Hailla Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30146

Keywords:

Efektivitas, Kecakapan Hidup

Abstract

Penelitian ini menilai efektivitas pelatihan pangkas rambut bagi pencapaian di LAPAS Kelas 1 Cipinang Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan instrumen kisi-kisi, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai keefektifan pelatihan, hasil peningkatan kemampuan penyerangan, serta faktor pendukung dan penghambatan pelaksanaan pelatihan. Penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pangkas rambut di LAPAS Kelas 1 Cipinang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelatihan ini berhasil meningkatkan ketahanan hidup dalam tiga aspek, yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik. Narapidana yang mengikuti pelatihan ini dapat mengembangkan keterampilan pangkas rambut bahkan membuka jasa pangkas rambut di dalam LAPAS. Pelaksanaan pelatihan didukung oleh tutor/instruktur yang telah bersertifikasi dan berpengalaman di bidang pangkas rambut, yang memudahkan peserta dalam menerima materi pelatihan. Namun, terdapat faktor penghambat seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai. Alat-alat dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam pelatihan masih belum cukup memenuhi kebutuhan peserta, sehingga proses praktikum harus dilakukan secara bergantian. penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan pangkas rambut efektif dalam meningkatkan kemampuan hidup pemecahan di LAPAS Kelas 1 Cipinang. Rekomendasi penelitian ini adalah peningkatan fasilitas dan perlengkapan yang memadai guna mendukung pelatihan yang lebih efektif di masa depan.

References

Anggraini, W. W. (2017). Efektivitas Program Pendidikan Luar Sekolah Dalam Kejar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat “Variant Centre†Kelurahan Petemon Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 39-51.

Barus, A. B. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Pembinaan Kepribadian Kepada Narapidana Lanjut Usia Terhadap Perilaku Di Lembaga Pemasyarakatan Klas Ii B Gunung Sugih. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 14-22.

Lekatompessy, R. 2016. Kinerja Dinas Perindustrian, Migrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Merauke dalam Pelaksanaan Kebijakan Tenaga Kerja. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 5(1), 32-45.

Maisirata, P. (2019). Penilaian Efektivitas Pelatihan Bagi Peningkatan Prestasi Kerja Karyawan (Penelitian pada 100 Orang Karyawan Swasta di Kota Pontianak).

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Noor, A. H. (2015). Pendidikan kecakapan hidup (life skill) di pondok pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 1-31.

Ritonga, F. U. (2021). Pelatihan Pangkas Rambut Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Putra Muhamadiyah Cabang Medan. SENRIABDI, 263-270.

Romadhon, W. H. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembiasaan terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Santri pada Materi Fiqih di Pondok Al Mawaddah Honggosoco Jekulo (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Rosalina, I. (2014). efektivitas program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri Perkotaan pada kelompok pinjaman bergulir di dsa mantren kecamatan Karangrejo kabupaten magetaan. Publika, 2(2).

Rosalina, I. (2014). efektivitas program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri Perkotaan pada kelompok pinjaman bergulir di dsa mantren kecamatan Karangrejo kabupaten magetaan. Publika, 2(2).

Saputra, A., Rasyid, M. H. L., & Yunus, M. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Smp Ix Perguruan Islam Modern Amanah 1. Jurnal Syiar-Syiar, 3(1), 71-80.

Shawmi, A. N. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 240-252

Supiani, T., & Hidayah, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Melalui Pelatihan Pangkas Rambut Praktis Di Wilayah Bekasi Barat. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. SNPPM2020P-113).

Triasmoko, D., Mukzam, M. D., & Nurtjahjono, G. E. (2014). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 10.

Wahyuningtyas, E. (2013). Pengelolaan Program Pelatihan Menjahit Tinngkat Dasar Pada Anak Putus Sekolah Di Balai Latihan Kerja (Blk) Demak. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2).

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Hafidin, D. Z., Suherman, S., & Hailla, H. (2023). Efektivitas Pelatihan Pangkas Rambut Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang Jakarta Timur. DEDIKASI PKM, 4(2), 282–290. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30146