Sosialisasi Strategi Learning by Doing Orang Tua untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30152Keywords:
Learning by doing, Motivasi, SiswaAbstract
Permasalahan yang dihadapi orang tua sebagian besar kurang memiliki strategi yang baik untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua siswa mengenai penerapan strategi peningkatan motivasi belajar anak melalui pendekatan learning by doing di MI Al-Hikmah Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menggunakan pendekatan Participatory Action Research yang terdiri atas planning, action, dan evaluation yang menjadi alternatif penyelesaian masalah di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh orang tua/ wali murid siswa yang berjumlah 40 orang. Hasil kegiatan pengabdian antara lain: (1) hasil evaluasi kegiatan program pengabdian masyarakat sudah relevan, sesuai, dan tersistem serta sudah sesuai dengan kebutuhan peserta dalam memahami materi kegiatan dengan prosentase 81,6% atau sangat baik; (2) hasil pemahaman tindak lanjut orang tua menunjukkan tingkat pemahaman orang tua dalam memahami strategi learning by doing dalam memotivasi belajar anak meningkat, sehinngga orang tua mampu menyelesaikan permasalahan motivas belajar anak secara bertahap, sistematis, dan berkesinambungan. Saran dari kegiatan pengabdian ini yaitu sekolah perlu melibatkan orang tua siswa dalam mendukung keefektifan belajar sehingga sekolah dan orang tua memiliki peran penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.References
Aqib, Z. (2011). Penelitian tindakan kelas untuk guru SD, SLB, dan TK. Yrama Widya.
Cahyani, A. D., Yulianingsih, W., & Roesminingsih, M. (2021). Sinergi antara orang tua dan pendidik dalam pendampingan belajar anak selama pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054–1069. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I2.1130
Dinniar, A. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Negeri Purwokerto. IAIN Purwokerto.
Hamida, S., & Putra, E. D. (2021). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19. Mimbar Ilmu, 26(2), 302–308. https://doi.org/10.23887/MI.V26I3.39024
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Onpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/JRPD.V1I2.1568
Lumbantoruan, R. S., & Raharjo, S. T. (2019). Pola asuh orangtua dan konsep diri anak didik LPKA Bandung. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 137–149. https://doi.org/10.24198/FOCUS.V2I1.23130
Mawarsih, S. E., Susilaningsih, S., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri Jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3), 1–13. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2549
Muhtarom, A. (2019). Participation action research dalam membangun kesadaran pendidikan anak di lingkungan perkampungan transisi kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259–278. https://doi.org/10.21580/DMS.2018.182.3261
Mustika, D. (2021). Peran orangtua dalam memotivasi belajar peserta didik di masa pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361–372. https://doi.org/10.53299/JPPI.V1I2.105
Pradana, D. A., Mahfud, M., Hermawan, C., & Susanti, H. D. (2020). Nasionalism: Character education 0rientation in learning development. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 4026–4034. https://doi.org/10.33258/BIRCI.V3I4.1501
Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1279
Rahman, A. S., Sembodo, C., Kurnianingsih, R., Razak, F., & Amin, M. N. K. Al. (2021). Participatory action research dalam pengembangan kewirausahaan digital di Pesantren perkotaan. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(1), 85–98. https://doi.org/10.47200/ULUMUDDIN.V11I1.766
Robani, M. E., Rachim, F. A., Febriani, A., & A, E. R. F. (2021). Metode learning by doing dalam mengoptilalisasi kualitas belajar siswa SMP. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.26877/JIE.V1I1.7961
Rosidah, R. (2018). Menumbuhkan motivasi belajar anak sekolah dasar melalui strategi pembelajaran aktif learning by doing. QAWWAM, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.20414/QAWWAM.V12I1.748
Saibah, S., & Wantini, S. (2021). Pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 47–56. https://doi.org/10.37680/QALAMUNA.V13I1.610
Santoso, D. A., Suparman, T., & Prawiyogi, A. G. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary School Education, 1(1), 135–144. https://doi.org/10.36805/IJPSE.V1I1.58
Suharni, S. (2019). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan science, technology, engineering and mathematics (stem) sebagai alternatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik sekolah dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 189–197. https://doi.org/10.23969/JP.V2I2.798
Surahman, Y., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi kualitas belajar peserta didik menggunakan metode learning by doing pragmatisme by John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.36232/JURNALPENDIDIKANDASAR.V3I2.1209
Susanti, A.I., & Pramudyani, A.V.R. (2019). Peran orangtua dalam memberikan pendidikan seks sejak dini pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Aba Piyungan. Universitas Ahmad Dahlan.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/JPM.V2I1.878
Utomo, H. B., Dwiyanti, L., Wati, E. K., Iswantiningtyas, V., & Istifadah, H. (2023). Program kemitraan masyarakat menjadi orang tua ideal dalam mendampingi belajar anak pasca pandemi covid-19. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 375–384. https://doi.org/10.46576/RJPKM.V4I1.2410
Utomo, H. B., Sari, A. T. R., & Vernandika, E. (2022). Penyuluhan kegiatan parenting orang tua untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan pemecahan masalah anak. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76–85. https://doi.org/10.53621/JIPPMAS.V2I1.126
Wahidin, W. (2019). Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 3(1), 232–245. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291
Yunita, N., & Ain, S. (2022). Strategi guru dalam memotivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 170 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1465–1478. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9191
Zulparis, Z., Mubarok, M., & Iskandar, B. (2021). Keterlibatan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 188–194. https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V9I1.33292
Zurriyati, E., & Mudjiran, M. (2021). Kontribusi perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap keterlibatan siswa dalam belajar (student engagement) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1555–1563. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I3.889