Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya

Authors

  • Ulfah Setia Iswara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Wahidahwati Wahidahwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Suwitho Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Dian Palupi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Teguh Gunawan Setyabudi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30167

Keywords:

Pemasaran, UMKM, Kecamatan Wonokromo

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan bagi UMKM di Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Kegiatan yang dilakukan berupa pendampingan pemasaran produk UMKM yakni handycraft serta makanan dan minuman. Untuk lebih meningkatkan pemasaran produk UMKM, selain dapat menggunakan media promosi dari mulut ke mulut, sekarang lebih banyak memakai media sosial sebagai sarana pemasaran. Kegiatan pengabdian masyarakt ditujukan bagi 12 UMKM yang terdapat di Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan identifikasi masalah pemasaran yang terjadi di UMKM Kecamatan Wonokromo, selanjutnya diberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran produk UMKM serta tidak lupa melakukan monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian dirasakan oleh UMKM dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengenal produk UMKM dan meningkatnya pendapatan UMKM

References

Abidin, Z. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM di Keluarahan Sidokumpul Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18-31.

Amri, F. (2015). Permasalahan UMKM: Strategi dan Kebijakan. Prosiding Pluralisme dalam Ekonomi dan Pendidikan. 377-389. ISSN 2407-4268.

Archivelago. (2009). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Departemen Perdagangan Republik Indonesia. Jakarta.

Consoli, C. (2015). Are Small Business Really Able to Take Advantages of Social Media?. Journal of Knowledge, 13(4), 257-268.

Dewi, M. M. Hubeis & E. Riani. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). Manajemen IKM, 15(1), 77-83.

Hendriadi, A. A. Sari, B. nurina, & Padilah, TN (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Kuncoro, M. (2009). Ekonomika Indonesia: Dinamika Lingkungan Bisnis di Tengah Krisis Global. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Latifi, S. & Movahedi, R. (2012). The Role of Micro and Medium Industries in Rural Sustainable Development: Case of the Villages Arround Sanandaj City. International Journal of Agriculture, 2(3), 141-148.

Lesatri, N. I. & m. Ramadani. (2022). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus UMKM di Serang, Banten). Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 4(2), 80-85.

Mandasari, D. J. & S. Djaja. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Batik Madenda Tamanan Kabupaten Bonddowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(1), 123-128.

Murdani & Hadromi. (2019). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Keluarahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). Jurnal Abdimas, 23(2).

Paramita, P. D & A. M. Surur. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Sosial Media Marketingg pada Pelaku Usaha Keripik di Desa Domas. E-Journal Al-Dzahab, 3(1), 21-31.

Siaran Pers Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022). Komunitas Kreatif Surabaya Bahas Antusias Pengembangan dan Akses Permodalan UMKM. Republik Indonesia.

Warjiyo, P. (2014). Pembiayaan Pembangunan Sektor UMKM: Perkembangan dan Strategi ke depan. Infokop, 29-39.

Yustika, A. E. (2005). Perekonomian Indonesia Deskripsi, Preskripsi dan Kebijakan. Malang: Bayumedia.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Iswara, U. S., Wahidahwati, W., Suwitho, S., Palupi, D., & Setyabudi, T. G. (2023). Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. DEDIKASI PKM, 4(2), 301–308. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30167