Peran Ekonomi Kreatif Berbasis Syariah pada Usaha Santri di Yayasan Al-Kamilah dalam Meningkatkan Perekonomian Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.30804Keywords:
Ekonomi Kreatif, Santripreuner, SyariahAbstract
Permasalahan yang diambil bermula dari keterbatasan sumber daya manusia baik jumlah dan kualitas, kurangnya minat investor,dan belum adanya kebijakan yang memayungi kepentingan developer domestic dalam pelaksanaan industri sehingga ekosistem ekonomi syariah belum terbangun secara maksimal. Sasaran kedepannya,pengembangan industri kreatif berbasis syariah Provinsi Depok lebih ke arah pemberdayaan pondok pesantren melalui entrepreneur yang menciptakan santripreneur lebih maksimal. Metode pelaksanaan PKM dengan penyuluhan dan pendampingan melalui rangkaian kegiatan identifikasi, pengkajian serta proses belajar yang terencana dengan 3 tahapan yaitu 1)Pengumpulan data, dengan memberikan data wawancara kepada santriwan santriwati tentang keuntungan berwirausaha. 2).Pelatihan tentang implementasi pendayagunaan usaha santri melalui peran ekonomi kreatif berbasis syariah di yayasan Al-Kamilah Depok. 3) Memberikan pendampingan pelatihan implementasi pendayagunaan usaha santri melalui peran ekonomi kreatif berbasis syariah di yayasan Al-Kamilah Depok. Hasil dari pengabdian ini berdasarkan wawancara dan implementasi paska kegiatan PKM adalah 1) Adanya perbaikan dalam kegiatan dan pengelolaan unit-unit usaha maupun manajemen dengan berbasis syariah pada usaha santri di Yayasan Al-Kamilah dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan guru dan santri 2) Kesejahteraan anggota dapat ditingkatkan dengan membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggota (guru dan santri).References
Ambar, Lukitaningsih. “Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran,†in Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 13 No.2 2013.
Bahren, Herry Nur Hidayat, et al. “Industri Kreatif Berbasis Potensi Seni dan Sosial Budaya di Sumatera Barat,†in Jurnal Ekspresi Seni, Vol. 16 No. 1, Juni 2014.
Bashith,Abdul.2012.Ekonomi Kemasyarakatan:visi dan strategi pemberdayaan ekonomi sektor lemah.Malang:UIN Maliki-Press.
Fadlan. (2010). Konsep Pembangunan Ekonomi Berbasis Islam: Sebuah Upaya Pembangunan Ekonomi Indonesia yang Adil, Makmur, dan Sejahtera. In Jurnal al-Ahkam, Vol. 5 No. 2.
Hendri, Hermawan Adinugraha, Mila Sartika, dan Ana Kadarningsih. “Desa Wisata Halal: Konsep dan Implementasinya di Indonesia,†in Jurnal Human Falah, Vol. 5 No. 5, 2018.
Herie,S.(2012). Ekonomi Kreatif:Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah.Jurnal Bina Praja 4(2)
Iskandar. (2017). Pengaruh Pendapatan terhadap Pola Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika 1(2).
Ismardi, Ilyas (2014). “Stratafikasi Maqashid al-Syari’ah Terhadap Kemaslahatan dan Penerapannya,†in Jurnal Hukum Islam, Vol. 14 No. 1.
Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021) Industri Kreatif dan Digital: Kembangkan Potensi, Gerakkan Ekonomi, dan Ciptakan Lapangan Kerja. Jakarta.
Lokadata.id. (2020). PDB Ekonomi Kreatif, 2010-2020.
Ririn Noviyanti.2017. Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Darussalam Gontor Putri 1. INTAJ Jurnal Penelitian dan Ilmiah Vol 01 No1. Alamat Web: http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/intaj/article/view/peran-ekonomi-kreatif-thd-entrepreneurship.
Siti dan Muhfiatun. 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah (Study Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama ISSN 1411-8777| EISSN 2598-2176 Volume 17, Nomor 2, 2017. Alamat Web : http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia/article/view/1273.
Siti Nur Azizah dan Muhfiatun. 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah (Study Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama ISSN 1411-8777 | EISSN 2598-2176 Volume 17, Nomor 2, 2017. Alamat Web : ejournal.uin- suka.ac.id/pusat/aplikasia. Tertanggal : 12 Agustus 2019
Zuanita, Azmi, Retno. 2018. Membangun Jiwa Enterpreneurship Santri Melalui Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif. DIMAS Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan Volume 18 No 1 Mei 2018. Alamat Web : http://journal.walisongo.ac.id/index. php/dimas/article/view/2912.