Pentingnya Portofolio Investasi untuk Mengetahui Keanekaragaman Resiko dan Meningkatkan Minat Berinvestasi di Kalangan Generasi Milenial

Authors

  • Nur Asmilia Universitas Pamulang
  • Ready Tri Hartanto Universitas Pamulang
  • Riky Ardiansyah Universitas Pamulang
  • Salma Adhwa Zakiyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.31327

Keywords:

Minat berinvestasi, Motivasi, Pengetahuan Investasi

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai generasi milenial lewat penyuluhan, sharing informasi dan praktek kinerja, mahasiswa dengan siswa SMK Sasmita Jaya 1. Di antaranya memberikan pengenalan investasi, mempromosikan investasi, mengasah softskill dan memberikan langkah langkah berinvestasi, hingga menambah wawasan ilmu ekonomi, memberikan kesadaran pentingnya waktu dan ekonomi, dan meningkatkan minat terhadap ekonomi salah satunya melalui investasi. Perkembangan teknologi dan informasi membuat segala sesuatu hal menjadi lebih mudah dan efisien. Generasi milenial yang paling banyak menguasai teknologi dibanding generasi pendahulunya yang mana kedepannya akan berpengaruh kepada negara termasuk di ekonomi. Tetapi perlu diketahui di masa remaja memiliki waktu yang sangat panjang untuk mempersiapkan masa depan, oleh karena itu perlu nya pendampingan, konseling atau pengantar mereka agar terbantu di masanya. Menggunakan waktu dan teknologi dengan cara yang bijak adalah sesuatu yang menguntungkan jika dapat dilakukan secara bersamaan. Kondisi diatas menjadi perhatian untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat ke SMK Sasmita Jaya 1 sebagai wadah pendidikan. Menggunakan waktu dengan berinvestasi yang dimulai sejak dini dapat menyiapkan masa depan yang gemilang dan memanfaatkan teknologi sebagai sumber ilmu pengetahuan serta membangun ekonomi lewat investasi digital, maka masa masa remaja akan lebih bermanfaat dan masa depan bisa mendapatkan pengalaman ilmu yang lebih banyak.

References

Apriyani. (2015). Peluang Menabung Saham?. Diunduh pada tanggal 28 November 2016 dari http://infobanknews.com/peluangmenabung-saham/.

Fahriani, D. (2012). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 1 No. 12 (2012)

Ferlina Arlin, & Riswan Kuswardhana. (2017). Pengaruh Informasi Produk, Resiko Investasi, Kepuasan Investor dan Minat Mahasiswa Berinvestasi. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis. Volume 1, Number 1, 2017.

Halim, Abdul. (2015). Analisis Investasi di Aset Keuangan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

JKadir, A. M. dan Machasin (2014). Pengaruh Ability, Motivasi dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan Redaksi PT. Riau Pos Intermedia Pekanbaru. JURNA

Khotimah, H. W. (2011). Pengaruh Sosialisasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Investor Pada Efek Syariah Di Pasar Modal (Survei Pada Nasabah PT Danareksa Sekuritas Cabang FE-UI Depok). .Jurnal Account, 423–433.

Kismono, G. (2011). Bisnis Pengantar (2rd ed). Yogyakarta: BPFE

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi Dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius), Vol. 1 No. 2.

Mastura, A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal. Jiagabi, 9(1), 67–68

Merawati, L.K., & Putra, I.P.M.J.S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol. 10. No. 2, Juli 2015.

Merawati, L.K., & Putra, I.P.M.J.S. (2016). Dampak Pelatihan Pasar Modal Terhadap Pengetahuan Investasi dan Minat Berinvestasi Mahasiswa. Seminar Nasional oleh Lembaga Penelitian Dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UNMAS Denpasar, 29 – 30 Agustus 2016.

Novi, Rezza Aji Pratama & Tisyrin Naufalty T. (2016). Ayo, Siapa Berani Menabung Saham?. Diunduh pada tanggal 28 November 2016 dari http://finansial.bisnis.com/read/2016030 6/55/525355/ayo-siapa-berani-me nabung-saham.

Pajar, Rizki Chaerul, 2017. Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Samsul, M. (2006). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga

Saraswati, K. R. A., & Wirakusuma, M. G. (2018). Pemahaman Atas Investasi Memoderasi Pengaruh Motivasi dan Risiko Investasi Pada Minat Berinvestasi. EJurnal

Situmorang, M., Andreas, A., & Natariasari, R. (2014). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia sebagai Variabel Moderate (Doctoral dissertation, Riau University)

Suherman, Rosyidi. 2009. Pengantar Teori Ekonomi, Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro Dan Makro (Rev, Ed), Jakarta: Grafindo.

Sutikno, M.R. (2014). Pentingnya Memiliki Tujuan Keuangan Dalam Berinvestasi. Diunduh pada tanggal 27 Maret 2017 dari http://mre.co.id/ pentingnyamemiliki-tujuan-keuangan-dalamberinvestasi/.

Tandio, T. & Widanaputra, A. A. G. P. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.16.3.

Witha Yuliani, Sarah Usman & Dirarini Sudarwadi. (2019). Analisa Minat Investasi Pasar Modal Pada Mahasiswa FEB Di Universitas Papua. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, Volume 9 No 2

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Asmilia, N., Hartanto, R. T., Ardiansyah, R., & Zakiyah, S. A. (2023). Pentingnya Portofolio Investasi untuk Mengetahui Keanekaragaman Resiko dan Meningkatkan Minat Berinvestasi di Kalangan Generasi Milenial. DEDIKASI PKM, 4(3), 562–569. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.31327