Pengenalan Bahasa Isyarat di SD Negeri 2 Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali

Authors

  • Oktifiana Nurliya Ikasari Universitas Sahid Surakarta
  • Anisah Izzatu Sakdiyah Universitas Sahid Surakarta
  • Andi Prasetyo Universitas Sahid Surakarta
  • Sinyo Jerman Aditya Universitas Sahid Surakarta
  • Itoh Yosie Prayogo Universitas Sahid Surakarta
  • Anggit Dyah Kusumastuti Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33016

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Bahasa Isyarat

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan individu dengan karakteristik yang berbeda dari individu lain yang dianggap normal dalam masyarakat. Karakteristik tersebut meliputi perbedaan fisik, intelektual, dan emosional dibandingkan dengan anak-anak sebaya atau berada di luar standar normal yang berlaku. Hal ini menyebabkan mereka menghadapi kesulitan dalam mencapai keberhasilan dalam aspek sosial, personal, dan pendidikanKegiatan workshop dengan tema pentingnya mengenal anak berkebutuhan khusus untuk mewujudkan pendidikan inklusif dilaksanakan melalui beberapa tahapan kegiatan. Tahap pertama adalah pengumpulan data dan perencanaan. Selanjutnya, kami merencanakan ide untuk kegiatan workshop untuk memfasilitasi fenomena tersebut dengan menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang anak berkebutuhan khusus.1. Mengenal individu dengan berkebutuhan khusus 2. Pengenalan Abjad dalam Isyarat BISINDO 3. Pengenalan diri menggunakan Isyarat BISINDO. Berdasarkan hasil pengabdian pada workshop "Sosialisasi Anak Berkebutuhan Khusus dan Pelatihan Bahasa Isyarat," dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memiliki kontribusi penting dalam persiapan pendidikan inklusif dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus di lingkungan masyarakat.

References

Bunawan, L. & Yuwati, C. S. (2000). Penguasaan Bahasa Pada Anak Tunarungu. Jakarta: Yayasan Santi Rama.

Dina, Q.A., & Pramono, E. (2017). Aplikasi Permainan Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Tuna Rungu. Jurnal Ortopedagogia. 3(2).

Hoar, A.Y., Amsikan, S. and Nahak, S. (2021) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMPK St. Isidorus Besikama’, MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.1-7.

Khairun Nisa, Mambela, S. and Badiah, L.I. (2018) ‘Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus’, Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), pp. 33–40. Available at: https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632.

Mardi Fitri, D.G.R.K.Z.P. (2021) ‘Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), p. 40. Available at: https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424.

Margareta, H., Lalili, U., & Munif, A. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pengucapan Bagi Penderita Tunarungu Menggunakan Teknologi Kinect. Jurnal Teknik POMITS.2(1).

Rahmah, F. N. (2018). Problematika anak tunarungu dan cara mengatasinya. Quality, 6(1), 1-15.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Ikasari, O. N., Sakdiyah, A. I., Prasetyo, A., Aditya, S. J., Prayogo, I. Y., & Kusumastuti, A. D. (2023). Pengenalan Bahasa Isyarat di SD Negeri 2 Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. DEDIKASI PKM, 4(3), 444–450. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33016