Parenting Positif Penghasil Tumbuh Kembang Positif pada Anak Usia Dini

Authors

  • Entika Fani Prastikawati Universitas PGRI semarang
  • Wiyaka Wiyaka Universitas PGRI Semarang
  • Festi Himatu Karima Universitas PGRI Semarang
  • Nur Cholifah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33072

Keywords:

Pola Asuh, Parenting Positif, Konseling, Orang Tua, Tumbuh Kembang

Abstract

Pengabdian ini memfokuskan pada kegiatan sosialisasi yang berfungsi  untuk memberikan edukasi kepada para orang tua terutama ibu-ibu rumah tangga dalam mendampingi tumbuh kembang anak-anak mereka di rumah. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai RW 12 Gemah Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam sosialisasi kali ini adalah metode penyuluhan dan praktik pengasuhan yang didampingi oleh para dosen dan praktisi psikologi. Materi yang disampaikan adalah terkait bagaimana cara mendidik anak secara positif sehingga menghasilkan tumbuh kembang yang positif, dan mendidik tidak saja dibebankan kepada seorang ibu saja, namun juga seorang ayah. Hasilnya, orang tua yang menghadiri kegiatan sosialisasi menjadi lebih paham akan fungsi utama mereka sebagai orang tua dan bagaimana seharusnya menerapkan parenting positif dalam keluarga kecil mereka, serta bisa menerapkan pola asuh yang lebih komunikatif dengan anak-anak yang tentu saja melibatkan semua pihak dalam keluarga.

Author Biographies

Entika Fani Prastikawati, Universitas PGRI semarang

Pendidikan Bahasa Inggris

Wiyaka Wiyaka, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa Inggris

Festi Himatu Karima, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa Inggris

Nur Cholifah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Brooks, R., & Goldstein, S. (2001). Raising Resilient Children: Fostering Strength, Hope, and Optimism in Your Child. ERIC.

Candra, M. (2018). Aspek Perlindungan Anak Indonesia. Prenada Media.

Hamidah, N. S., Audina, V., Harmonisya, N., & Anggraini, A. (2022). Prophetic Parenting: Konsep Ideal Pola Asuh Islami. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02 Juni), 245–253.

Handayani, R. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168.

Ibrahim, H., Mustapha, M., Sawai, J. P., Nawi, N. H. M., & Ahmad, P. H. M. (2018). Peranan dan tanggungjawab ibu bapa dalam pengasuhan anak dan remaja. Asian Social Work Journal, 3(5), 18–24.

Indrawati, T. (2020). Efektivitas program positif parenting dalam mengurangi stres pengasuhan pada ibu muda. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 201–215.

Ngewa, H. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 96–115.

Prasetyaningrum, J. (2012). Pola asuh dan karakter anak dalam perspektif Islam.

Putri, U. N. A., & Nurul, A. (2021). Pengaruh Mindful Parenting terhadap Stres Pengasuhan pada Guru Wanita yang Memiliki Anak Sekolah Dasar. Jurnal Riset Psikologi, 69–75.

Sanders, M. R., Baker, S., & Turner, K. M. (2012). A randomized controlled trial evaluating the efficacy of Triple P Online with parents of children with early-onset conduct problems. Behaviour Research and Therapy, 50(11), 675–684.

Sari, A. L. P., Pratama, D. D., Kusaelin, K., Rachmawati, R., & Wulandari, W. (2021). Strategi Pembinaan Anak Asuh Dalam Pembentukan Perilaku Sosial Di Panti Asuhan. DEDIKASI PKM, 2(3), 351. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10775

Sari, M. Z., Hermawati, E., Lestari, M. A., & Gunawan, A. (2020). KONSELING DALAM WORKSHOP MENJADI IBU BAHAGIA DALAM MENDIDIK ANAK SAAT PANDEMI DI SEKOLAH DASAR NEGERI CIPASUNG, KUNINGAN. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(02), 105–111.

Saskara, I. P. A., & Ulio, S. (2020). Peran komunikasi keluarga dalam mengatasi “toxic parents†bagi kesehatan mental anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 125–134.

Sofyan, I. (2018). Mindful parenting: Strategi membangun pengasuhan positif dalam keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41–47.

Solehudin, A., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget dan Pola Asuh Islami terhadap Mental Spiritual Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 544–553.

Sulvinajayanti, S., Saleh, A. A., & Hamang, M. N. (2021). Pengasuhan Disiplin Positif Islami Sebagai Upaya Penurunan Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Sidrap. Jurnal Penelitian, 15(1), 77–110.

Sumbawa, R. O., & Karmila, M. (2021). Pola Pengasuhan Positif Orangtua Pada Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah di masa Pandemi Covid-19. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 116–127.

Trisnadi, M. C., & Andayani, B. (2021). Program Pengasuhan Positif dengan Co-parenting untuk Menurunkan Penerapan Pengasuhan Disfungsional. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 7(1), 74. https://doi.org/10.22146/gamajpp.65280

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Prastikawati, E. F., Wiyaka, W., Karima, F. H., & Cholifah, N. (2023). Parenting Positif Penghasil Tumbuh Kembang Positif pada Anak Usia Dini. DEDIKASI PKM, 4(3), 488–495. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33072