Pelatihan Digital Branding dalam Mempromosikan UMKM di Karimunjawa

Authors

  • Heni Indrayani Universitas Dian Nuswantoro
  • Candra Yudha Satriya Universitas Dian Nuswantoro
  • Muhamad Hasan Basori Universitas Dian Nuswantoro
  • Muljono Muljono Universitas Dian Nuswantoro
  • Dewa Ayu Putri Tesalonika Universitas Dian Nuswantoro
  • Al Ghiffari Bintang Saputra Universitas Dian Nuswantoro
  • Utari Fatma Dewi Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33280

Keywords:

Bumdes, Digital Branding, Karimunjawa, Media Sosial, Promosi

Abstract

UMKMdiKarimunjawamenjadi bagian penting dalam pengembangan wisata bahari sebagai penguatan perekonomian daerah.Hal ini berdasarkan pada kondisi geografis Karimunjawa yang memiliki potensi hasil laut yang dikenalkan melalui beragam platform media digital. Namun, pemanfaatan media sosial masih belum optimal sehingga diperlukan pelatihan digital branding.  Maka dari itu, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan pelatihan digital branding dalam mempromosikan UMKM di Karimunjawa. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan menggandeng BumDes Sejahtera Bahari sebagai mitra ini diawali dengan melakukan penilaian berupa observasi potensi unggulan produk UMKM, perencanaan pada konten digital tentang produk UMKM, produksi video produk UMKM, hingga aksi dan refleksi berupa evaluasi pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan diketahui bahwa UMKM dapat memanfaatkan branding digital seperti membuat video storytelling dan video animasi kemudian menyebarluaskan konten di beragam platform media sosial seperti facebook, Instagram, youtube, TikTok. Hal ini dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar. Pelaku usaha lokal di Karimunjawa mendapat pengetahuan tentang optimalisasi media 

References

Allagui, I., & Breslow, H. (2016). Social Media for Public Relations: Lessons from Four Effective Cases. Public Relations Review, 42(1), 20–30. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.12.001

Bourne, C. (2019). The Public Relations Profession as Discursive Boundary Work. Public Relations Review, May, 101789. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.05.010

Harmoni, Ati. (2014). Media Richness Theory dan Potensi Website sebagai Media Komunikasi CSR oleh Perusahaan. Gunadarma University Repository, 100.

Indrayani, H., Nurlita, R., & Fitriani, J. D. (2020). Manajemen Strategis Public Relations: Teori dan Praktik Corporate dan Government Public Relations (A. Wikan, Ed.). PR Indonesia.

Kent, M. L. (2015). The Power of Storytelling in Public Relations: Introducing the 20 Master Plots. Public Relations Review, 41(4), 480–489. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.05.011

Kotler, P., Kartajaya, H., & Iwan, Setiawan. (2016). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. PT Gramedia Pustaka Utama.

Madyaningrum, I. R., Utomo, A. C. C., & Pratama, Y. W. (2019). Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Pariwisata di Taman Nasional Karimunjawa. KRITIS: Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin, XXVIII(2), 140–148. http://jeparakab.go.id,

Nurjanah, & Samsir. (n.d.). Tata Kelola Komunikasi dalam Pengembangan Potensi Objek Wisata sebagai Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Universitas Riau.

Purnamasari, D., Hidayat, M. N., & Indrayani, H. (2017). Strategi Nation Brand sebagai Promosi Pariwisata Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Widya Komunika, 7(2), 32–49.

Tench, R., & Yeomans, L. (2017). Exploring Public Relations: Global Strategic Communication (Fourth Edi). Pearson Education Limited.

Wahyudin, U. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common, 1(2), 130–134. https://doi.org/10.34010/common.v1i2.576

Yananda, M. R., & Salamah, U. (2014). Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. MaknaInformasi.

Yusuf, F. (2016). Optimalisasi Program Branding Dan Aktivasi Merek Di Era Digital. Jurnal Komunikasi, 7(1), 7–13.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Indrayani, H., Satriya, C. Y., Basori, M. H., Muljono, M., Tesalonika, D. A. P., Saputra, A. G. B., & Dewi, U. F. (2023). Pelatihan Digital Branding dalam Mempromosikan UMKM di Karimunjawa. DEDIKASI PKM, 4(3), 496–504. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33280