Pendampingan Hafalan di TPQ Noor Huda Desa Palingkau Asri Kabupaten Kapuas Melalui Buku Monitoring Hafalan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.33365Keywords:
Buku Hafalan, TPQAbstract
Pendidikan Al-Qur'an merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter dan spiritualitas umat Islam. Saat ini banyak ditemui lembaga pendidikan yang menjadi wadah belajar Al-Qur'an salah satunya Taman Pendidikan Al-Qur’an. Taman Pendidikan Al-Qur’an tidak hanya mempelajari Al-Qur’an saja, Namun juga mempelajari doa-doa harian, bacaan sholat, dan hafalan surat pendek Juz 30. Tujuan Pendampingan melalui bantuan buku hafalan di TPQ Paalingkau Asri adalah agar santri TPQ memiliki banyak hafalan doa-doa harian dan bacaan sholat. Untuk melaksanakan kegiatan pendampingan ini menggunakan beberapa metode yakni metode ceramah, tanya-jawab, praktik, dan bercerita (story telling). pendampingan hafalan ini agar santri berdoa setiap hari dan anak-anak diajarkan untuk senantiasa mengingat sang pencipta melalui aktivitas kebiasaan sehari hari mereka. Hasil Pengabdian yang dilaksanakan di TPQ Noor Huda memberikan dampak positif terhadap anak-anak yaitu mereka memperoleh pengetahuan, pengalaman baru, dan menambah hafalan mengenai do'a harian yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
References
Aktifa, A. F., Dianita, E., Darmayanti, S., Akhadah, S. F. L., Sania, Z., & Fatimah, S. (2023). Pengabdian kepada Masyarakat melalui Kegiatan Pendampingan TPQ di Dusun Krajan Desa Sumberngepoh. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 15-24.
Anshari, M. R. (2022). Pendampingan dalam Belajar Al-Qur'an pada Anak-Anak di Taman Pendidikan Al-Qur'an Sukamulya. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(1), 1-9
Hujjatusnaini, N., Nurohman, F., Khasanah, P. U., Rahmadiyah, N., Ningsih, S. I. W., Mufaddilah, F., ... & Hamid, N. (2022). Pendampingan Hafalan Surah Pendek Santri Di Musholla Nur Basyirah Kelurahan Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya. Tifani: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Iskandar, M., Purwanti, E. Y., & Fatahilah, R. S. (2022). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Dusun Klemut. Jurnal Al Basirah, 2(1), 57-64.
Khotimah, Chusnul, dkk. (2022). Pengenalan Baca Tulis dan Menghafal Al Qur’an Metode Yanbu’a pada Guru TPQ di Desa Ngogri Megaluh. Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3)
Lail, J. (2015). Pendampingan hafalan Al-Qur’an dan artinya dengan metode ilustrasi di Dusun Sentono, Klaten, Jawa Tengah. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 4(2), 115-118.
Malik, Hatta Abdul. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-qur’an ( TPQ) Al-Husna Pasadena Semarang. Dimas, 13(2), 389.
Monalisa, dkk . (2022). Pendampingan dalam belajar Al-Qur’an pada Anak-anak di taman Pendidikan Al-Qur’an Sukamulya. Jurnal Al-Ilmi.3(1), 3.
NafsiaTul Hasani. (2020).Perancangan Buku Ilustrasi Belajar Doa Dalam Bentuk Pertualangan. Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 2(2),44.
Nurlaela, Siti & Usep Setiawan. (2023). Pendampingan Hafalan JUZ 30 Pada siswa sekolah dasar Berbasis Nilai Nilai Al-Qur’an Kampung Tegal Heas Desa Cihanjawar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 40.
Putra, Ino Angga, dkk. (2020). Pendampingan Mengajar di Lembaga Taman Pendidikan l-Qur’an Desa Brangkal. JurnaL Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, 1 (1), 2.
Rahma, dkk. (2022). Pembinaan Perbaikan Tadjwid, Hafalan Surah-Surah Pendek dan Doa-Doa Harian Di TK/TPA Desa Balakia Kecamatan Sinjai Barat. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1) 16.
Riska & Dewi Indriani. (2022). Penanaman Nilai Nilai Islam Pada anak-anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pengajaran Al-Qur’an Didesa Wakorambu.Wahamatul Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 122.
Trisdiana, Heny Ika & Widya Nusantara, (2021). Implementasi Metode Driil and Practice dalam meningkatkan hafalan doa dan surat-surat pendek di TPQ Ar-Rohman. J+Plus UNESA, 10 (2), 180.
Yahya, M. Daud. (2022). Pendidikan TPQ Kontra Radikalisme berhaluan Aswaja. Lamongan: Academia Publication, 2.