Menggali Makna Kemerdekaan HUT RI bagi Masyarakat Urban (Studi Kasus di Meteseh Tembalang)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33369

Keywords:

Kemerdekaan, HUT RI, Masyarakat Urban

Abstract

Seiring berjalannya globalisasi salah satunya berdampak pada perubahan sosial yakni dikarenakan perkembangan teknologi yang berkembang pesat, dari hal tersebut telah mempengaruhi aspek kehidupan. Fenomena ini terjadi pada saat masyarakat yang sebelumnya tinggal di desa berpindah ke kota dikarenakan pergeseran teknologi semakin berkembang pesat, juga termasuk dari faktor ekonomi dan sosial juga dapat mempengaruhinya. Berkaitan dengan agenda perayaan kemerderkaan HUT RI, menjadi tradisi dan budaya yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menggali arti kemerdekaan HUT RI di Perumahan Dahlia Meteseh Tembalang melalui adanya pengabdian yang dilakukan Tim KKN MIT 16 Posko 28 UIN Walisongo Semarang. Metode penelitian yang digunakan Participatory Action Research dengan pendekatan secara kultural. Masyarakat di perumahan Dahlia dapat dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu masyarakat yang kurang semangat, semangat sekali, dan masyarakat yang pasif. Dalam perayaan HUT RI menjadi salah satu jalan agar bisa menilai sebagaimana karakter masyarakat Dahlia. Masyarakat yang kurang semangat dapat didorong dengan adanya tawaran contoh halnya seperti hadiah sehingga menjadi semangat untuk hadir. Sikap dan karakter masyarakat urban di Perumahan Dahlia menjadi salah satu keunikan dalam pengadian yang dijalani Tim KKN UIN Walisongo Semarang yaitu tetap humanis antar sesamanya, guyub bersama, senang berkerja sama, bersosialisasi, dan saling tolong menolong. Tim KKN menunjang pergerakan yang positif untuk memulai kegiatan keagamaan lebih berinovasi.

References

Azdkar, M. A. F., Fakhira, R., C. Meyik, S., L. Adlia, E., & Latifah A, N. (2022). Perlombaan Dalam Rangka Memperingati Hut Ri Ke 77 Di Tpq Al Jihad Bedahan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1–6.

Dyah, I., & Deni, S. (2020). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Di Sdn Karanganyar Gunung 02, Candisari, Semarang. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(12).

Muhammad, N. (2017). Resistensi Masyarakat Urban Dan Masyarakat Tradisional Dalam Menyikapi Perubahan Sosial. Substantia, 19(2), 149–168. http://substantiajurnal.org

Okilanda, A. (2018). Revitalisasi Masyarakat Urban/Perkotaan Melalui Olahraga Petanque. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 1(1), 1–14.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71.

Shadaly, H. (1993). Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia. Rineka Cipta.

Tjiptoherijanto, P. (1997). Migrasi Urbanisasi dan Pasar Kerja Indonesia. Universitas Indonesia Press.

Ulfah, E. M. (2021). Dinamika Masyarakat Urban (Kajian Perubahan Pola Keberagamaan dan Sosial-Budaya Masyarakat Urban di Penampungan Tanggul Rejo Sidoarjo dalam Perspektif Pengembangan Masyarakat). Dirasah, 4(1), 118–135. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah

Watters, J., Comeau, S., & Restall, G. (2010). Participatory Action Research: An educational tool for citizen-users of community mental health services. School of Medical Rehabilitation Endowment Fund.

Wiswanti, I. U., Kuntoro, I. A., Ar Rizqi, N. P., & Halim, L. (2020). Pola asuh dan budaya: Studi komparatif antara masyarakat urban dan masyarakat rural Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(3), 211–223. https://doi.org/10.7454/jps.2020.21

Downloads

Published

2023-09-05

How to Cite

Fatmawati, N. M., & Hakim, L. (2023). Menggali Makna Kemerdekaan HUT RI bagi Masyarakat Urban (Studi Kasus di Meteseh Tembalang). DEDIKASI PKM, 4(3), 585–596. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33369