Upaya Peningkatan Pemasaran dan Branding Melalui Digital Marketing Oleh Pelaku UMKM di Desa Pendreh

Authors

  • Asmawati Asmawati IAIN PALANGKARAYA
  • Sukron Alamsyah IAIN PALANGKARAYA
  • Sarinah Maulida IAIN PALANGKARAYA
  • Nor Kamaliah IAIN PALANGKARAYA
  • Anisa Damayanti IAIN PALANGKARAYA
  • Yogi Pratama IAIN PALANGKARAYA

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.34563

Keywords:

Branding Produk, Pemasaran Digital, UMKM, Desa Pendreh, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Desa Pendreh, yang terletak di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia, memiliki potensi besar dalam sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Beberapa sektor UMKM, seperti produksi makanan ringan dan kerajinan rotan, menjadi tulang punggung ekonomi desa ini. Namun, pelaku UMKM di Pendreh menghadapi sejumlah kendala yang perlu diperhatikan. Kendala utama termasuk pemahaman yang terbatas tentang pentingnya branding produk dalam pemasaran, kurangnya pemahaman tentang identitas usaha, dan kesulitan dalam mencapai pasar yang lebih luas. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, Kelompok KKN 23 dari IAIN Palangkaraya menginisiasi program untuk memberikan sosialisasi tentang pemasaran digital dan desain logo bagi pelaku UMKM di Desa Pendreh. Hasilnya adalah pemahaman yang ditingkatkan di antara pelaku UMKM tentang strategi pemasaran modern dan cara efektif dalam membangun merek produk mereka. Mereka juga berhasil memanfaatkan media digital untuk mempromosikan dan menjual produk mereka. Program ini berhasil dilaksanakan dengan antusiasme tinggi dari pelaku UMKM yang berpartisipasi. Sosialisasi pemasaran digital ini tidak hanya membantu membangun merek produk, tetapi juga berkontribusi secara signifikan pada pertumbuhan ekonomi keseluruhan Desa Pendreh. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang strategi pemasaran modern, UMKM dapat bersaing lebih efektif dan meningkatkan penjualan produk mereka, memberikan dampak positif pada ekonomi desa.

Author Biographies

Asmawati Asmawati, IAIN PALANGKARAYA

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Sukron Alamsyah, IAIN PALANGKARAYA

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Sarinah Maulida, IAIN PALANGKARAYA

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah

Nor Kamaliah, IAIN PALANGKARAYA

Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Anisa Damayanti, IAIN PALANGKARAYA

Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

Yogi Pratama, IAIN PALANGKARAYA

Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam

References

Affan, DI dan MW (2020).Dukungan branding dan pengemasan kepada Ikatan Pengusaha Umkm Aisyiyah Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dan Peningkatan Mutu (Janayu), 1 (1).

Arisandi, MTF dan D. (2018).Pemanfaatan pemasaran digital untuk usaha mikro dan kecil dan SMA di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62

Gumilang, R.R. (2019). Menerapkan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan 55.555 Hasil Industri Rumah Tangga. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 9.

Hamida Syari Harahap, Nita Komala Dewi, EPN (2021). Gunakan Pemasaran Digital Untuk UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 78.

Laksono, V.D., Irhamma, C.A., Fadhila, FN, Anggraini, RI, Taufikurrahman, M. P., Wikartika, I., dan MM, S. (2022). Meningkatkan pemasaran produk UMKM di Desa Sumberbendo Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo melalui strategi branding. KARYA SUPER MENARIK-Majalah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 249-255.

Manihuruk, YH, dan H. (2020). Redesain kemasan untuk meningkatkan brand awareness produk premium UKM Cilodong Berkarya. Majalah Pengabdian Masyarakat Indonesia.

Rachmawati, F. (2018). Penerapan digital marketing sebagai strategi komunikasi Pemasaran Produk Terpadu Usaha Kecil Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya.

T Rizaldi et Putranto, H.A. (2018). ). Penerapan pemasaran digital sebagai strategi Pemasaran dan Branding pada UMKM.

Pardiansyah, E. et Pertiwi, C. (2023). Pelatihan media sosial dan pemasaran digital untuk masyarakat terbatas Umkm di Desa Karet, Kecamatan Sepatan, Tangerang. BERNAS: Jurnal Pekerjaan Umum 4 (2), 1483-1489

Herdi Sularko, N.V. P.Dan et Widranata, M. (2008). Bagaimana Mereka Berpikir: Penjelasan tentang Proses Penciptaan Nilai Organisasi. Publikasi Mosher.

Pradiani, T. (2018). Dampak sistem pemasaran digital adalah meningkatkan penjualan produk rumah kantor. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Asia, 11 (2), 46-53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Purwana, D., Rahmi, R. dan Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Pemasaran Digital pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Malaka Sari Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Sipil (JPMM), 1 (1), 1-17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Putra, A. (2022). Rencana pemasaran digital untuk mendongkrak pasar UMKM di kawasan Turi, Kota Blitar. 7-10

Rustan, S. (2013). Konsepsi de logo. PT. Gramedia Pustaka Utama.

ZAHRA DESEBRIYANTI LUTHFIYYAH, A.F. N.M. (2022). Strategi pemasaran menggunakan digital marketing untuk UMKM dan Cubuntul Villation. A b d I m a Jurnal P e n g a b d I a n M a ha s I s w A, 2 (813).

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Asmawati, A., Alamsyah, S., Maulida, S., Kamaliah, N., Damayanti, A., & Pratama, Y. (2024). Upaya Peningkatan Pemasaran dan Branding Melalui Digital Marketing Oleh Pelaku UMKM di Desa Pendreh. DEDIKASI PKM, 5(1), 62–71. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.34563