Literasi Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Riski Sulistiyaningsih STMIK Widya Pratama, Pekalongan
  • Arum Ardianingsih Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.35158

Keywords:

Media Pembelajaran, Ular Tangga, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah memberikan tambahan pengetahuan mengenai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk anak-anak selama proses pembelajaran di sekolah.Metode dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah metode survey, observasi, dan game. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini adalah mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Adapun kegiatan game yang merupakan inti dari kegiatan PkM ini diikuti oleh para siswa TK B di TK Batik PPIP di Kota Pekalongan. Permainan (game) yang diterapkan dalam kegiatan proses belajar pada kegiatan pengabdian kepada Masyarakat adalah permainan ular tangga. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar angka dan huruf melalui permainan (game) ular tangga, karena kegiatan ini melibatkan aktivitas fisik yang menyenangkan bagi siswa. Para siswa cenderung lebih mudah mengenal kosakata baru dengan cara bermain sambil belajar.

Author Biographies

Riski Sulistiyaningsih, STMIK Widya Pratama, Pekalongan

Manajemen Informatika

Arum Ardianingsih, Universitas Pekalongan

Program Studi Akuntansi

References

Asadi, Haura dan Suryana, Dadan. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Permainan Snakes and Ladders Terhadap Perkenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2993-3006. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36841

Farhurohman, O. (2017). Hakekat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Uinbanten, 2(1), pp.27-36.

Hapsari, W. R. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 177.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum, pp.21-46.

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khaatimah, Husnul dan Wibawa, Restu. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative

Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, pp.76-87.https://media.neliti.com/media/publications/274210-efektivitas-model-pembelajaran-cooperati-c33542b3.pdf

Maghfiroh, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1560-1566.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Kompas Gramedia.

Nurhafizah. (2011). Kemampuan Berkomunikasi Sebagai Pilar Profesionalisme Guru dalam Membimbing Anak Usia Dini. Bandung : FIP UPI.

Nurhafizah. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Jurnal Pendidikan : Early Childhood. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288

Nurmainis. (2012). Peningkatan Pengenalan Konsep Angka Melalui Permainan Kalender Di Taman Kanak-Kanak Islam Silaturahmi Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pesona Paud, pp.1-13.

Oktariyanti, Dwi. (2022). Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Bilangan 1-10 Dengan Kartu Angka Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Didik Kelompok B TK Bakti Mulia Tlepokkulon. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, pp. 95-104.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.18 Tahun 2018 tentang Penyediaan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini

Rahayu, E. D., & Firmansyah, G. (2019). Pengembangan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kinestetic Intelegency Pada Anak Usia 11-12 Tahun. Jendela Olahraga, 4(2), 8. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.3611

Rahayu, Setya Putri dan Kristiana, Dita . (2020). IbM ‘Fruit Tree’ sebagai Media Pengenalan Angka dalam Bahasa Inggris untuk TK Aba Tlogoadi I. URECOL, 214-217.

Royani, Ida dan Suryana, Dadan. (2023). Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan melalui Bermain Ular Tangga pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 17-26. https://obsesi.or.id › article › download › pdf

Rubaeni, Yeni Siti, dkk. (2021). The Miracle of Golden Age (Keajaiban Masa Emas). Depok: Yayasan Nurani Hati Institute. https://www.academia.edu/62734796/The_Miracle_of_Golden_Age_Keajaiban_Masa_Emas_https://doi.org/102021

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2(1),pp. 470-477.

Sood, S., & Mackey, M. (2015). Examining the Effects of Number Sense Instruction on Mathematics Competence of Kindergarten Students. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 2(2), 14–31.

Sukmadinata, N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surat edaran nomor 1839/C.C2/TU/2009 Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan prinsip Pendidikan taman kanak-kanak (TK)

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ulya, Nadiya dan Hasanah, NorIzzatil. (2020). Strategi Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Tk Santa Maria Banjarmasin. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini, pp.57-68. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.525

Yuliantina, I. (2023). Mengembangkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), pp. 537. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12840.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Sulistiyaningsih, R., & Ardianingsih, A. (2024). Literasi Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. DEDIKASI PKM, 5(1), 88–95. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.35158