Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 2 Jiwan, Kabupaten Madiun
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.35815Keywords:
Laporan Keuangan, Penyuluhan, Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Mata pelajaran akuntansi masih merupakan salah satu mata pelajaran yang di sangat penting di SMK 2 Jiwan Kabupaten Madiun. Pengetahuan yang mendalam untuk pelajaran akuntansi ini banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, sangat diperlukan sekali adanya suatu tambahan yang diberikan kepada siswa SMK Jurusan Akuntansi mengenai pemahaman mata pelajaran Akuntasi, manfaat mempelajari akuntansi serta profesi dibidang akuntansi jika siswa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Adapun tujuan kegiatan adalah sebagai berikut: (1) Peserta diharapkan memahami proses Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur dan pencatatan akuntansi dasar dan adanya peningkatan pemahaman, (2) Peserta dapat memahami manfaat Akuntansi dalam kehidupan sehari-hari dan (3) Peserta mengetahui profesi akuntansi yang meliputi bidang yang sangat luas di dunia kerja sehingga menjadi inspirasi jika mereka melanjutkan ke perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan, yaitu: Memberikan hand out untuk bahan bacaan bagi para peserta berkaitan dengan topik sosialisasi mengenai akuntansi pada perusahaan. Melakukan sosialisasi/ceramah bidang akuntansi, dan diskusi. Hal ini relevan dengan output yang diharapkan bagi siswa dan siswi Sekolah Kejuruan yangmana materi yang disampaikan berfokus pada praktek dan kerja lapangan pada industri. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat ini akan memberikan masukan atau input yang baru berkenaan dengan bidang Akuntansi yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari sehingga diharapkan mempermudah aktivitas.References
Anggrahini, Mardiyana, & Kusmayadi, T. A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Student Active Learning Berbantuan Media Visual Math Pada Pokok Bahasan Peluang Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(5), 504–512.
Daat, S. C. (2019). Pelatihan Akuntansi Pemerintahan Bagi Guru Akuntansi Di Kota Dan Kabupaten Jayapura. The Community Engagement Journal : The Commen, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.52062/thecommen.v2i1.79
Elly Astuti, Juli Murwani, & Sugiharto. (2020). Pelatihan Akuntansi Pemerintahan dan Pengelolaan Dana Desa Pada MGMP Kabupaten Madiun. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 214–221. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3593
Haryono, B. (2018). Pemahaman Siswa atas Prinsip-Prinsip Kewirausahaan dan Keuangan : Suatu studi kasus di SMK Mahanaim Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat SENDIMAS 2018 Unkrida Jakarta, 451–454.
Helmayunita, N., Serly, V., & Honesty, H. N. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru SMK Dalam Bidang Komputer Akuntansi. Wahana Riset Akuntansi, 7(2), 1521. https://doi.org/10.24036/wra.v7i2.106935
Manoppo, W. S., & Pelleng, F. A. O. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dengan Teknik Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 6–9.
Maritasari, D., Husni, M., Rodiah, H., Ramadhan, A., & Apriana, D. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Android untuk Pembuatan Produk Multimedia Pembelajaran di MA Ridlol Walidain Batu Bangka. DEDIKASI PKM, 4(3), 451-458. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33125
Mubiroh, S., & Ruscitasari, Z. (2020). Implementasi SAK EMKM dan Pengaruhnya Terhadap Penerimaan Kredit UMKM. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 4(2), 1. https://doi.org/10.20473/baki.v4i2.15265
Nuris, D. M. (2018). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Tik Bagi Guru Akuntansi Smk. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 256–260. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1819
Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional, 37 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Prasaja, M., Susiloningsih, N., Novitasari, R., Andriani, N., & Yunanto, F. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Pembukuan Sederhana Bagi Umkm Desa Blimbing, Kabupaten Kediri. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 834–840. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1907
Primasari, N. H., & Anggraeni, D. (2021). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Akuntansi Sektor Publik Bagi Siswa SMK Triguna 1956 Jakarta. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.60
Sangkala, M., & Kadir, M. A. (2021). Pelatihan Akuntansi Organisasi Nirlaba Untuk Yayasan Pendidikan. Jurnal Pengabdian AMKOP, 1(3), 780–784. http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/16297
Sari, C. T., & Indriani, E. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok Umkm Kub Murakabi Desa Ngargoyoso. Wasana Nyata, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v1i1.189
William, L. (2011). Manajemen Keuangan Usaha Kecil. Sinar Ilmu Publishing.
Zahruddin, Z. (2019). Pendidikan Dan Latihan Akuntansi Bagi Pelajar Dan Mahasiswa Melalui Ppupik Pusat Pelatihan Akuntansi Universitas Pgri Palembang. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 23(12), 41–61. https://doi.org/10.20961/jkb.v23i12.27490