Peningkatan Pendidikan Literasi Keuangan dan Keuangan Digital pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36049Keywords:
Literasi Keuangan, Keuangan Digital, PendidikanAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan literasi keuangan dan keuangan digital kepada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, diskusi, dan praktik secara langsung. Kegiatan ini juga melibatkan mitra langsung yakni bapak ibu Guru di SD Muhammadiyah Kregan. Dalam pelaksanaan kegiatan, tim pengabdian kepada masyarakat melakukan beberapa tahap yaitu Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Pada tahap persiapan dimulai dari kegiatan perencanaan, survey dan analisa kebutuhan, penetapan masalah dan solusi yang diberikan. Tahap pelaksanaan meliputi edukasi, permainan peran, dan wawancara. Sedangkan tahap evaluasi adalah mengolah dan menganalisis hasil wawancara. Kesimpulan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidikan literasi keuangan dan keuangan digital akan berdampak positif pada siswa dalam memotivasi mereka untuk menabung dan memiliki pengetahuan dalam mengelola uang. Pendidikan tentang literasi keuangan dan keuangan digital dapat diajarkan sejak dini agar siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan kesejahteraan keuangannya sedari dini. Berdasarkan hasil evaluasi pada kegiatan, disarankan agar dapat mengajarkan pendidikan literasi keuangan sesuai dengan kompetensi dasar yang sudah ada pada mata pelajaran, seperti Matematika dan IPS. Selain itu, guru dapat mengajarkan materi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat dengan mengenalkan jenis usaha serta membuat sebuah karya dan menjualnya.References
Ariska, S. N., & Jusman, J. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Tekhnologi dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7, 2662–2673.
Gold, L. A. (2016). Teachers’ Perceptions Regarding Financial Literacy in Kindergarten Through Grade 2 (Issue August). The Patton College of Education of Ohio University.
Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, I., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2).
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung literasi Keuangan.
Laila, V., & Hadi, S. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. November 2019. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13016
Langgi, N. R. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2429–2438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1925
Maddinsyah, A., Fauzi, I., & Barsah, A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Diri Bagi Santri Di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Kedaung Pamulang Tangerang Selatam-Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 259-266.
Manurung & Aslami, N. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumtif, Pemberian Reward, Redibilitas Platform Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Transaksi E-Commerce Dengan Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus: Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(1).
Meinarni, Asnawi, Cornelia D. matani, K. P. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, The Community Engagement Journal., 2(1).
Nabila, A., Devi, A., & Indriya, I. (2022). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. 4(1), 79–95. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.481
OJK. (2017). Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan.
Sina, I., Maryunani, B. J., & Harahab, N. (2017). Analysis of total economic value of ecosystem mangrove forest in the coastal zone Pulokerto Village District of Kraton Pasuruan Regency. International Journal of Ecosystem, 7(1), 1-10.
Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Tiara Pujianti, Ernawulan Syaodih, H. D. (2019). Peran Orang Tua Dalam Melakukan Financial Education Pada Anak Usia Dini. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(229), 99–108.
Widodo, T., Muhammad, I., Darmayanti, R., Aprilani, D., & Amany, L. (2023). Manajemen keuangan pendidikan berbasis digital : Sebuah kajian pustaka. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 01(02), 146–167.
Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, December. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663