Peningkatan Keterampilan Guru Membuat Modul Ajar yang Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif Berbasis Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36061Keywords:
Keterampilan Guru, Modul Ajar, Kurikulum MerdekaAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat modul ajar yang terdeferensiasi sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran. Pelatihan dilaksanakan dengan metode workshop yang memuat ceramah, diskusi dan tanya jawab yang dilaksanakan di SMP IT An-Nahl pada bulan Agustus 2023 dengan jumlah peserta 27 orang guru. Kegiatan pengabdian ini telah terlaksana dengan lancar sesuai dengan perencanaan. Seluruh peserta dalam kegiatan ini mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan partisipatif. Kepada peserta pelatihan diharapkan untuk dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman belajar yang telah dipelajari dan diperoleh melalui kegiatan pengabdian dalam proses pembelajaran di kelas. Hasil evaluasi efektivitas pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa persentase pemahaman peserta pelatihan adalah 93,3%, artinya peserta memahami materi dan mampu menyusun modul ajar yang inovatif, adaptif dan kolaboratif.References
Akhiruddim, Sriwahyuni, & Alam, S. (2023). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Communnity Development Journal, 4(5), 10315–10328.
Apriono, D. (2013). Collaborative Learning: A Foundation For Building Togetherness And Skills. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 292–304. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Diklus/Article/View/2897
Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2).
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. Https://Doi.Org/10.58812/Spp.V1i02.110
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i1.2591
G, A. L. N., Irsan, Muliati, & Ahmad, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Pada Adaptasi Kebiasaan Baru Di Sd Kabupaten Buton. Jurnal Abdidas, 2(2), 383–391.
Jusuf, H., Sobari, A., & Teknik. (2021). Pelatihan Pembuatan Modul Pembelajaran Untuk Mendukung Pembelajaran Online. Jam-Tekno, 2(1), 33–37.
Maryam, S., D. Nurfajrin Ningsih, Sanusi, D., Wibawa, D. C., Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif. Scioentific Journals Of Economic Education, 3(1), 82–92. Https://Jurnal.Polban.Ac.Id/Ojs-3.1.2/Difusi/Article/View/1944
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Nadeak, E., & Elfaladonna, F. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru Dengan Menggunakan Canva ( Studi Kasus : Sdn 204 Palembang ). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201–206.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i3.2925
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Ariyanti, I. (2020). Pengembangan Modul Teori Peluang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Disposisi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 440–450. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i2.2824
Pepin, B., Gueudet, G., & Trouche, L. (2017). Refining Teacher Design Capacity: Mathematics Teachers’ Interactions With Digital Curriculum Resources. Zdm - Mathematics Education, 49(5), 799–812. Https://Doi.Org/10.1007/S11858-017-0870-8
Priyanti, R. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed, Isbn : 978, 482–505. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/38906/3/Atp 58.Pdf
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementation Of Independent Curriculum In Driving School. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Sukajaya, I. N. (2017). Pembelajaran Adaptif Berlandaskan Asesmen Otentik Di Era Big Data. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 9, 2–9.
Wijaya, C. O., & Nurwahidin, M. (2022). Teknologi Pendidikan Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Di Teknologi Pendidikan. 1(2). Https://Doi.Org/10.56854/Tp.V1i2.20