Penerapan Strategi Promosi Pada Produk UMMU Aldi Cake Melalui Sosial Media

Authors

  • Melissa Lestari Universitas Internasional Batam
  • Fitriana Aidnilla Sinambela Universitas Internasional Batam
  • Renza Fahlevi Universitas Internasional batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36105

Keywords:

UMKM, Strategi Pemasaran, Media Sosial, Keterlibatan Konsumen.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi khususnya melalui media sosial membuka peluang baru dalam pemasaran digital bagi UMKM, tetapi  untuk menghadapi persaingan yang intens diperlukan strategi yang cerdas termasuk dalam pemanfaatan media sosial menjadi kunci keberhasilan untuk bersaing. Meskipun potensi media sosial besar, beberapa pelaku usaha belum sepenuhnya memahami dan memaksimalkan platform tersebut. Oleh karena itu, kegiatan PKM kali ini dilakukan pada UMKM UMMU Aldi Cake. Metode yang dilakukan melalui proses observasi dan wawancara untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai kendala yang perlu diperbaiki dan yang ditingkatkan. Hasil dari implementasi menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan konsumen melalui konten-konten yang diupload pada platform media sosial. Proyek ini diharapkan bagi mitra untuk dapat terus memperkuat hubungan dengan pelanggan, memperluas pangsa pasar, dan melanjutkan pertumbuhan positif dalam hal interaksi serta penjualan.

References

Devi Maulidasari, C. and Setiyana, R. (2020) ‘Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM)’, Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1).

Dwijayanti, A. et al. (2023) ‘Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital’, Jurnal Ikraith-Abdimas, 6(2). Available at: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/issue/archive.

Hamdan (2018) ‘Industri 4.0 : Pengaruh Revolusi Industri pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi’, Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), p. 1. Available at: https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142.

Isnaini, S.I. (2023) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Melalui Pemasaran Media Sosial Facebook terhadap Minat Beli Konsumen’, Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu, 12(01). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.17913.

Jatmiko, N.S. (2022) ‘Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM’, Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2). Available at: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/palat.

Komariah, K. et al. (2023) ‘Pelatihan Strategi Pemasaran Terpadu Terintegrasi Digital melalui Pemanfaatan Media Sosial pada UMKM Kota Sukabumi’, MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), pp. 1887–1892. Available at: https://doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1887-1892.

Mutma`inah, E. et al. (2023) ‘Analisis Strategi Usaha Penjualan Toko Cicaku.Cake di Kota Karanganyar’, Eastasouth Journal of Innovative Community Services, 01(02), pp. 67–71.

Purwianti, L. et al. (2023) ‘Analisa Pengaruh Service Quality, Price, Satisfaction, Trust, dan Product Quality terhadap Customer Loyalty Pada UMKM Morning Bakery Di Kota Batam’, Jurnal Sains dan Teknologi, 4(3). Available at: https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1029.

Ridwan, S.S. and Sari, W.P. (2023) ‘Analisis Proses Kreatif dalam Pembuatan Konten Interaktif di Media Sosial Instagram Majalah Sunday’, PROLOGIA, 7(1), pp. 62–70. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15781.

Risandhy, R. and Febriyanto, R.E. (2022) ‘Perancangan Poster melalui Fashion Photography sebagai Media Promosi Produk Hijab “Megamiâ€â€™, Journal of Visual Communication Design, 3(1), pp. 1–92.

Sayekti, Y. et al. (2023) ‘Pendampingan Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Sentra Tape di Desa Tegalwaru Kabupaten Jember’, AJAD : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). Available at: https://doi.org/10.59431/ajad.v3i2.180.

Siregar, D.S., Rozi, F. and Desky, A.F. (2023) ‘Persepsi Masyarakat tentang Penggunaan Aplikasi Media Sosial pada Anak Remaja di Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas’, Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.47353/satukata.v1i2.652.

Utami, R. and Fauzi, A. (2023) ‘Strategi Pemasaran Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 3(1), pp. 90–94.

Walean, J.J.R., Pangemanan, P.A. and Lolowang, T.F. (2023) ‘Business Development Strategy Through Business Model Canvas (Case Study of “JW Roti†in Totolan Village, West Kakas District, Minahasa Regency)’, Jurnal TransdisiplinPertanian (Budidaya Tanaman, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan,Sosial dan Ekonomi), 19(1), pp. 387–394.

Wulansari, R.Y. et al. (2023) ‘Strategi Pemasaran Syariah pada Pago Creative Space dalam Menghadapi… Strategi Pemasaran Syariah pada Pago Creative Space dalam Menghadapi Persaingan Bisnis’, Economics and Digital Business Review, 4(2), pp. 117–131. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.588.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Lestari, M., Sinambela, F. A., & Fahlevi, R. (2024). Penerapan Strategi Promosi Pada Produk UMMU Aldi Cake Melalui Sosial Media. DEDIKASI PKM, 5(1), 117–126. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36105