Efektifitas Pembayaran Non Tunai Santri Dalam Upaya Meningkatkan Layanan Keuangan Pesantren Modern

Authors

  • Mohammad Alief Hidayatullah Universitas Nurul Jadid
  • Ahmad Edianto Universitas Nurul Jadid
  • Feri Ubaidillah Universitas Nurul Jadid
  • Samsul Muarif Universitas Nurul Jadid
  • Agus Susanto Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36283

Keywords:

Pembayaran Non Tunai, Meningkatkan Layanan, Keuangan Modern

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas pembayaran non tunai yang memperioritaskan kepercayaan santri. Pemberian edukasi kepada santri serta keamanan private santri dalam pengunaan sistem tersebut. Metode pembayaran non tunai telah menjadi salah satu inovasi terkini yang menawarkan potensi untuk mengubah paradigma pembayaran di pesantren modern serta meminimalisir masalah kehikangan dan borosnya santri dalam pengelolaan keuangan. Penelitian ini akan mengadopsi pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan melakukan survei dan wawancara kepada sejumlah sampel santri di beberapa pesantren modern. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik statistik dan perbandingan sebelum dan sesudah diterapkannya sistem pembayaran non tunai. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh keamanan dan berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Dan kemudahan berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Serta manfaat berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Selain itu, pemberian edukasi kepada santri tentang pentingnya penggunaan pembayarab non tunai dengan memberikan pemahaman sejak pertama kali daftar ke pesantren dan sosialisasi oleh pihak e-bekal. Dalam penggunaan e-bekal sangat di haruskan menjaga data private santri dalam penerepan sintem oleh pihak pesantren.

References

Asep Zakariya Ansori, M. (2021) ‘Efektivitas Pembayaran Non Tunai (Cashless) Pada Bump Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami’, Ad Diwan, 1(1), pp. 1–14. doi: 10.51192/ad.v1i01.132.

Burhanuddin, C. I. and Abdi, M. N. (2019) ‘Tingkat Pemahaman dan Minat Masyarakat dalam Penggunaan Fintech’, Owner, 3(1), p. 21. doi: 10.33395/owner.v3i1.79.

Hanum, F., Bakhri, S. and Rozi, F. (2022) ‘Efektifitas Penggunaan E-Bekal Sebagai Uang Saku Elektronik di Pesantren’, Tasharruf : Journal of Islamic Economics and Business, 3(2), pp. 118–133. doi: 10.55757/tasharruf.v3i2.210.

Hastriana, A. Z. (2020) ‘Pandangan Kiai Madura Terhadap Pembayaran Non Tunai’, Anil Islam, 10(1), pp. 88–15.

Nasihah, M. and Saraswati, A. A. (2019) ‘Strategi Pengembangan Pola Hidup Bersih Dan Sehat ( Phbs ) Dalam Mengantisipasi Penyakit Berbasis Lingkungan ( PBL ) hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan . penyakit menular seperti scabies ( penyakit kulit )’, Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 19–25.

Nini, N. (2019) ‘Pengaruh edukasi, sosialisasi, motivasi dan pemahaman perpajakan terhadap kesadaran pajak sejak dini.’, Jurnal Ekonomika dan Bisnis (JEBS), 1(2), pp. 47–52.

Niswa, H. (2021) ‘Cashless Payment: Potret E-Money Di Pesantren’, IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 8(2), pp. 141–151. doi: 10.19105/iqtishadia.v8i2.4148.

Priyono, S., Istiqomawati, R. and Prabawtie, N. (2022) ‘Efektivitas Penggunaan Kartu Santri Digital sebagai Alat Pembayaran Non Tunai pada Minimarket Belmathea di Pesantren Darul Quran Wal Irsyad Gunungkidul’, Aktiva Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(4), pp. 7–15. Available at: https://journal.actual-insight.com/index.php/aktiva/article/view/1358%0Ahttps://journal.actual insight.com/index.php/aktiva/article/download/1358/1046.

Rizal, S. S., Qomariyah, H. and Aisyah, F. N. (2021) ‘Strategi Pengelolaan Belanja Santriwati melalui E-Bekal di Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Hasyimiyah’, TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 2(3), pp. 375–381. doi: 10.33650/trilogi.v2i3.2846.

Rusdi, I. et al. (2023) ‘Sosialisasi Keamanan Password Dalam Menggunakan Internet Bagi Para Santri Majelis Ta’lim Faizul Haq’, BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(1), pp. 15–22.

Sahlan, M. (2023) ‘Profiling of Religious Personality through Character Management Representations’, Journal of Research in Educational Management, 2(1), pp. 37–48.

Saifuddin, S. and Fathony, A. (2022) ‘Risk Menejemen E–Bekal untuk Meningkatkan Pelayanan pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid’, Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(2), pp. 293–307. doi: 10.47467/reslaj.v5i2.1444.

Saputri, M. A. (2022) Pengaruh Keamanan, Kemudahan, dan Manfaat terhadap Kepercayaan Santri Dalam Menggunakan Layanan Pembayaran Non-Tunai, Prof. K.H. Saifuddin Zuhri. Universitas Islam Negeri Prof.K.H. Saifuddin Zuhr.

Sjamsuddin, I. N. and Anshari, D. (2023) ‘Uji Reliabilitas dan Validitas Instrumen Literasi Kesehatan Digital untuk Mahasiswa Program Sarjana’, MPPKI Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 6(1), pp. 68–74.

Sulvinajayanti (2019) Riset Public Relation. 1st edn. Edited by Iskandar. Sulawesi Selatan: Aksara Timur.

Utami, Y., Rasmanna, P. M. and Khairunnisa (2023) ‘Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen’, SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknologi), 4(2), pp. 21–24.

Werdiningsih, W. (2018) ‘Pengembangan Nilai Karakter Siswa dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013’, Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), pp. 283–295. doi: 10.21154/cendekia.v15i2.1123.

Yeni, N. (2019) ‘Edukasi dan Sosialisasi Gerakan masyarakat Cerdas Menggunakan Obat ( Gema Cermat )’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 9447(April), pp. 36–48.

Yulianeu, A. and Sodik, M. (2019) ‘Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Santri Baru Di Pondok Pesantren Sukamanah’, Jurnal manajemen informatika, 6(1), pp. 21–30.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Hidayatullah, M. A., Edianto, A., Ubaidillah, F., Muarif, S., & Susanto, A. (2024). Efektifitas Pembayaran Non Tunai Santri Dalam Upaya Meningkatkan Layanan Keuangan Pesantren Modern. DEDIKASI PKM, 5(1), 143–152. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36283