Pelatihan Instagram Bisnis dan Whatsapp Bisnis Untuk UKM di Desa Tonjong, Kabupaten Bogor

Authors

  • Irla Yulia Universitas Terbuka
  • Raesita Rakhmawati Rosadi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36566

Keywords:

Promosi, Pemasaran, UKM, Instagram Bisnis, WhatsApp Bisnis

Abstract

Di era digital saat ini produk dan jasa para pengusaha Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tidak hanya dapat dipasarkan secara tradisional tetapi juga lewat platform digital seperti e-commerce dan media sosial. Tidak seperti berjualan di e-commerce, pemasaran produk di media sosial jauh lebih mudah dan sederhana. Saat ini, pemasaran produk pengusaha UKM di Desa Tonjong, Kabupaten Bogor masih mengandalkan cara tradisional dan belum menggunakan platform digital. Untuk mendongkrak pemasaran produk perlu diadakan pelatihan pemasaran melalui platform media sosial bagi para pelaku UKM Desa Tonjong agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Pelatihan pemasaran ini difokuskan pada penggunaan aplikasi Instagram Bisnis dan WhatsApp Bisnis. Hal ini karena, dua aplikasi ini adalah aplikasi yang paling sering digunakan dan diakses oleh masyarakat Indonesia. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian pemasaran para pelaku UKM Desa Tonjong melalui platform Instagram Bisnis dan WhatsApp Bisnis untuk memasarkan dan mempromosikan produknya. Setelah diadakan pelatihan, peserta memiliki akun Instagram Bisnis dan WhatsApp Bisnis, serta memiliki keahlian untuk menggunakannya dalam kegiatan promosi dan penjualan produknya.

References

Andata, C.P. et al. (2022) ‘Pengaruh Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness “Somethinc†Pada Pengguna Instagram’, Jurnal Komunikasi, 13(2). Available at: https://doi.org/10.31294/jkom.

Annur, C.M. (2023) Jumlah Pengguna Media Sosial di Selruh Dunia, katadata.co.id. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/07/pertumbuhan-melambat-jumlah-pengguna-media-sosial-global-capai-476-miliar-hingga-awal-2023 (Accessed: 19 July 2023).

Aryani, I.D. et al. (2022) ‘INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN PADA A.D.A SOUVENIR PROJECT’, Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Wiya Wiwaha, 2(2), pp. 466–477.

Astria, D. and Santi, M. (2021) ‘Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah penjualan’, Jurnal Eksyar, 8, pp. 246–270. Available at: https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/eksyar/article/view/188 (Accessed: 14 December 2023).

Herdiyani, S. et al. (2022) ‘PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN SUATU BISNIS: LITERATURE REVIEW’, Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), pp. 103–121. Available at: https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121.

Instagram (2023) Praktik Terbaik Terbaru Instagram Shopping, Meta. Available at: https://business.instagram.com/shopping/guide-and-best-practices (Accessed: 20 July 2023).

Kominfo (2020) Tingkatkan Produktivitas dan Nilai Tambah UMKM Melalui Teknologi Digital, Kominfo.go.id. Available at: https://www.kominfo.go.id/content/detail/30276/tingkatkan-produktivitas-dan-nilai-tambah-umkm-melalui-teknologi-digital/0/berita (Accessed: 17 July 2023).

Lefanre (2023) 25 Manfaat Media Sosial Bagi Bisnis, Meningkatkan Keberhasilan dan Pertumbuhan, idmetafora.com. Available at: https://idmetafora.com/news/read/3514/25-Manfaat-Media-Sosial-bagi-Bisnis-Meningkatkan-Keberhasilan-dan-Pertumbuhan.html (Accessed: 17 July 2023).

Maksudi, M.Y. et al. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Omzet Penjualan Produk Pakaian Pada UMKM Inoy Daily Wear di Tasikmalaya’, Jurnal STEI Ekonomi, 30, pp. 94–101. Available at: http://repository.stei.ac.id/7192/1/Jurnal%20-%20Pengaruh%20Penggunaan%20Instagram%20Terhadap%20Omzet%20Penjualan%20Produk%20Pakaian%20pada%20UMKM%20Inoy%20Daily%20Wear%20di%20Tasikmalaya%202022.pdf (Accessed: 14 December 2023).

Mardliyaturrahma, A., Wasiqoh, A. and Sutanto, Y.P. (2022) ‘Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM Dengan Pemanfaatan WhatsApp Business di Desa Karanggayam Srengat Kabupaten Blitar’, JPPNu (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara), 4, pp. 175–181. Available at: https://journal.unublitar.ac.id/jppnu/index.php/jppnu/article/view/116/111 (Accessed: 14 December 2023).

Pinanda Ramadhan, H. et al. (2020) ‘PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM CELANA DI PETISAH’, Jurnal Plans, 15. Available at: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/plans/article/viewFile/52253/22663 (Accessed: 14 December 2023).

Rachmawaty, A. (2021) ‘Optimalisasi Media Sosial Dalam meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar’, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8, pp. 29–44. Available at: https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/535 (Accessed: 14 December 2023).

Samaida, F. (2023) Pengaruh Media Sosial WhatsApp, Facebook dan Instagram Terhadap Volume Penjualan Produk Tempe Crispy Kahla. Universitas Nusa Putra. Available at: https://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/469/ (Accessed: 14 December 2023).

Sirodjudin, M. and Sudarmiatin (2023) ‘Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review’, Ebismen : Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 2.

Sufyann, I.K. (2023) Whatsapp Jadi Media Sosial Yang Sering Digunakan di Indonesia tahun 2023, Mengalahkan Instagram dan Facebook. Available at: https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-1016776155/whatsapp-jadi-media-sosial-yang-sering-digunakan-di-indonesia-tahun-2023-mengalahkan-instagram-dan-facebook (Accessed: 12 July 2023).

Veranita, M., Susilowati, R. and Yusuf, R. (2021) ‘Pemanfaatan Platform Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi iNdustri Kuliner Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Akun @kolakcampurkolaku)’, JBK Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 17, pp. 279–290. Available at: https://ojs2.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/170 (Accessed: 14 December 2023).

WhatsApp Business (2023) Integrasikan Dengan Stack Teknologi Anda yang Ada, WhatsApp Business. Available at: https://business.whatsapp.com/products/business-platform (Accessed: 20 July 2023).

Widi, S. (2023) Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023, dataindonesia.id.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Yulia, I., & Rosadi, R. R. (2024). Pelatihan Instagram Bisnis dan Whatsapp Bisnis Untuk UKM di Desa Tonjong, Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM, 5(1), 178–186. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36566