Menjelajahi Manfaat Finger Painting dalam Pendampingan Pembelajaran di PAUD Matahari

Authors

  • Bayyinah Nurrul Haq Industrial Design _Trilogi University
  • Damar Rangga Putra DKV-Universitas Trilogi
  • Santo Tjhin DKV -Sampoerna University
  • Roostrianawati Sukmono PG-PAUD -Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36721

Keywords:

Abdimasyarakat, PG-PAUD, Finger Painting, Participation Action Research

Abstract

Tulisan ini berisikan pembahasan tentang kegiatan abdimasyarakat berupa pendampingan belajar menggambar di PAUD Matahari Pancoran Jakarta. Tujuannya adalah memberikan re-freshment dan alternatif kegiatan menggambar di kelas, yaitu lewat kegiatan menggambar dengan teknik finger painting sehingga  siswa dapat berinteraksi dengan media berkarya yang sederhana, teknik berkarya yang lebih luwes dalam menghadapi perbedaan rentang usia peserta kelas. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah Participation Action Resesarch (PAR) terdiri dari tahapan, yaitu : 1)  Perencanaan,2)  Pelaksanaan,dan 3)Evaluasi.  Tim pelaksana adalah dosen dan mahasiswa dari  program studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk PG-PAUD yang berasal dari Universitas Sampoerna dan Trilogi. Peserta kegiatan terdiri dari guru,orang tua dan siswa dengan rentang usia 4-6 tahun. Pendampingan belajar melukis dengan teknik finger painting dapat terlaksana dengan baik karena memanfaatkan bahan mudah didapat dan  terjangkau dan hasil evaluasi menunjukkan pembelajaran yang baik. Partisipasi guru dan orang tua mendukung pemahaman belajar menggambar yang menyenangkan di kelas.

References

B.Utomo, H., Dwiyanti, L., K.Wati, E., Istiwantiningtyas, V., Yulianto, D., & Wahyusugiharti, N. (2023). Sosialisasi Strategi Learning by Doing Orang Tua untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. DEDIKASI PKM, 4(2), 291–300.

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23–31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427

Gide, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Menggambar Bebas Teknik Graffito Terhadap Seni Rupa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 39–44.

Haq, B. N., & Rachmawaty, M. (2023). Strategi Pembelajaran Melukis dengan Teknik Mix-Media untuk Siswa Usia 4-7 Tahun. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i1.189

Hertami DN, Rr. R., Adlin, D., & Panggabean, D. D. (2019). Group Development Play in the Dance Movement. Journal of Community Research and Service, 2(2), 206. https://doi.org/10.24114/jcrs.v2i2.13147

Jenson, K. (2018). Early childhood: Learning through visual art. He Kupu, 5(3), 75–82.

KemdikbudRistek. (2023). Permendibudristekdikti Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (pp. 1–14). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20230829_094323_Salinan Permen 53 Tahun 2023 JDIH.pdf

Khadijah, Wildani, Pratiwi, R. U., Dasopang, M., & Handayani, F. (2022). Penerapan Permainan Finger Painting dalam Meningkatkan Motorik Halus AUD di TK An-Nizam Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12106–12112.

Mailani, E., Heniwaty, Y., & Zati, V. D. A. (2019). Community Service Teachers’ Competency Improvement in Samosir District Towards Tourism City. Journal of Community Research and Service, 2(2), 214. https://doi.org/10.24114/jcrs.v2i2.13150

Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018–1025.

Pamungkas, I. B., Budiyanto, A., Praditya, A., Wibowo, W. A., & Komala, L. (2020). Pendidikan Dan Pelatihan Membangun Kreativitas Dan Kemandirian Siswa Smk Via Medika, Ciputat. Dedikasi Pkm, 1(3), 15–19. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i3.6679

Putri, A. D., & Suryana, D. (2022). Teori-teori Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12486–12494.

Ramdini, T. P., & Dr. Farida Mayar, M. P. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 936–945.

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Haq, B. N., Putra, D. R., Tjhin, S., & Sukmono, R. (2024). Menjelajahi Manfaat Finger Painting dalam Pendampingan Pembelajaran di PAUD Matahari. DEDIKASI PKM, 5(1), 187–196. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36721