Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva & Quizizz Bagi Guru di SMAN 3 Banyuasin 1
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i2.36978Keywords:
Canva, Quizizz, GuruAbstract
Abad 21 yang dikenal semua orang sebagai abad pengetahuan yang merupakan landasan utama untuk berbagai aspek kehidupan. Paradigma pembelajaran abad 21 menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi, berkomunikasi dan berkolaborasi. Salah satu ketrampilan yang harus dimiliki dalam memasuki abad 21 adalah penguasaan teknologi informasi atau ICT Literacy (Literasi TIK). Salah satu teknologi informasi yang saat ini dapat digunakan yaitu Canva & Quizizz. Namun saat ini Namun, di sisi lain ternyata masih banyak guru yang belum mengetahui penggunaan aplikasi Canva & Quizizz untuk membantu pembuatan media pembelajaran, diantaranya yakni guru di SMAN 3 Banyuasin 1. Oleh karena itu, diperlukan suatu pelatihan untuk menggunakan aplikasi Canva & Quizizz bagi guru yang bertujuan untuk meningkatkan keberagaman media pembelajaran digital di SMAN 3 Banyuasin 1. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan wawasan baru kepada guru yang belum pernah menggunakan aplikasi Canva & Quizizz sebelumnya, hingga dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran. Dengan pemanfaatan teknologi informasi, dampaknya terhadap pembelajaran diantaranya guru dapat mengetahui cara pembuatan media pembelajaran yang lebih kreatif, pembelajaran menjadi lebih berkreasi dan tidak monoton, terdapat perubahan dari pembelajaran yang hanya biasa saja menjadi lebih baik dan menyenangkan
References
Andriani, A., Putra, L. D., Astuti, Y. P., & Aprilia, S. (2023). Keterampilan Guru dalam Pemanfaatan Canva dan Quizizz Pada Pembelajaran Ipa di SD Negeri Kotagede 3. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(4), 681. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.49292
Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Aziz, A. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Universitas Negeri Makasar, 468–472.
Asma, A., Jannah, M., Mawardati, R., Juliana, J., & Fitria, N. (2023). Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Google Form dan Quizizz. Ikhlas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.55616/ikhlas.v1i1.411
Ayunia Lestari, P., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Ayunda Rahmaputri Isnawan, O., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., Fajar Nugroho, O., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47–54.
Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730. https://doi.org/10.24815/JIMPS.V8I3.26049
Hamran, Devila, R., Akib, I., Agung, E. E., & Hamriani. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Quizizz Dan Canva di SDS Semen Tonasa II Kabupaten Pangkep. INCIDENTAL : Journal Of Community Service and Empowerment, 2(1), 108–122.
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Kusumawati, R. (2022). Belajar Menyenangkan Dengan Canva dan Quizizz. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/belajar-menyenangkan-dengan-canva-dan-quizizz/
Lukman, H. S., Sutisnawati, A., Setiani, A., & Muhassanah, N. (2022). MODEL TPACK-21 Guru Sekolah Dasar di Kota Sukabumi. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.12712
Murinto, Akhtawan, A., & Wijayanti, D. (2023). Pelatihan Aplikasi Quizizz dan Canva Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Di SSVS Junior High School Hat Yai, Songkhla, Thailand. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 104–110.
Restu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I2.2082
Rizal, R., Surahman, E., & Suhendi, H. Y. (2023). Pelatihan Media dan Alat Evaluasi Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mempersiapkan Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) , 7(5), 4616–4627. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17104
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.36312/E-SAINTIKA.V2I1.79
Syamsuriwal, Miftah, & Jarnawi, M. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Bagi Guru SMPKota Palu. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(1).
Tonra, W. S., Angkotasan, N., Sari, D. P., Ikhsan, M., Khairun, U., & Id, W. A. (2023). Menjadi Guru Kreatif melalui Aplikasi Canva. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 126–133. https://doi.org/10.21067/JPM.V8I1.7152
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sulton Nawawi, Abid Djazuli, Indawan Indawan, Fatimah Fatimah, Gusmiatun Gusmiatun, Helwan Kasra, Ahmad Ghifari, Gumar Herudiansyah, Bimo Rizki Priambudi, Aldo Sapta Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.