Srategi Pemasaran Syariah Produksi Keripik Pisang Pada Usaha Santri di Yayasan Al-Kamilah Depok

Authors

  • R. Mohd ZamZami Universitas Pamulang
  • Khotimatus Sa'diyah Universitas Pamulang
  • Wiwik Hasbiyah AN Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.37105

Keywords:

Santripreuner, Ekonomi Kreatif, Pemasaran Syariah

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bermula dari belum terbangunnya ekonomi syariah secara maksimal khususnya di kota Depok. Hal ini bisa dilihat salah satunya dari pemasaran produk khususnya disektor kuliner dimana para pelaku usaha masih banyak yang belum mencantumkan label halal pada produknya. Pengabdian kepada masyarakat  ini berfokus pada strategi pemasaran produk khususnya produk UMKM para santri yayasan Al-Kamilah, sehingga tujuannya yaitu bagaimana menerapkan strategi pemasaran yang tepat pada usaha yang dikelola oleh  para santri, dan mengetahui model pengembangan santripreneur sebagai penggerak ekonomi kreatif berbasis syariah di Provinsi Depok khususnya di Yayasan Al-Kamilah. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan dan wawancara. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini berjalan lancardengan antusiasnya pertanyaan para peserta tentang pemasaran syariah berbasis inovasi dan  kreatif untuk produk andalan UMKM di Yayasan Al-Kamilah yaitu produk keripik pisang kapok.

References

Ambar, Lukitaningsih. “Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran,†in Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 13 No.2 2013.

AN,Wiwik Hasbiyah, Khotimatus Sadiyah, R.Mohd Zamzami.(2023). Peran Ekonomi Kreatif Berbasis Syariah Pada Usaha Santri Di Yayasan AlKamilah Dalam Meningkatkan Perekonomian Bangsa. Jurnal Dedikasi PKM, 4(3),363-370.

Bashith,Abdul.2012.Ekonomi Kemasyarakatan:visi dan strategi pemberdayaan ekonomi sektor lemah.Malang:UIN Maliki-Press.

Fadlan. “Konsep Pembangunan Ekonomi Berbasis Islam: Sebuah Upaya Pembangunan Ekonomi Indonesia yang Adil, Makmur, dan Sejahtera,†in Jurnal al-Ahkam, Vol. 5 No. 2 2010.

Hasbiyah,W.(2023,November 29). Strategi Jitu Pemasaran Syariah Usaha Produksi Keripik Pisang Santri Yayasan AlKamilah. Depok Pembaharuan. https://depokpembaharuan.com/strategi-jitu-pemasaran-syariah-usaha-produksi-kripik-pisang-santri-yayasan-alkamilah-depok/

Herie,S.(2012). Ekonomi Kreatif:Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah.Jurnal Bina Praja 4(2)

Ismardi, Ilyas(2014). “Stratafikasi Maqashid al-Syari’ah Terhadap Kemaslahatan dan Penerapannya,†in Jurnal Hukum Islam, Vol. 14 No. 1.

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021) Industri Kreatif dan Digital: Kembangkan Potensi, Gerakkan Ekonomi, dan Ciptakan Lapangan Kerja. Jakarta.

Lokadata.id. (2020). PDB Ekonomi Kreatif, 2010-2020.

Ririn Noviyanti.2017. Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Darussalam Gontor Putri 1. INTAJ Jurnal Penelitian dan Ilmiah Vol 01 No1. Alamat Web: http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/intaj/article/view/peran-ekonomi-kreatif-thd-entrepreneurship.

Samiyono, S., Haryono. Wiwik, H., Khotimatus, S., & Samuel, W,.(2020). Pelatihan Pemasaran Syariah Dalam Meraih Keberkahan Pada Usaha Santriwan Santriwati di Yayasan Al Kamilah Sawangan Depok. Jurnal Lokabmas Kreatif. 1(2), 27-34

Siti dan Muhfiatun. 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah (Study Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama ISSN 1411-8777| EISSN 2598-2176 Volume 17, Nomor 2, 2017. Alamat Web : http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia/article/view/1273.

Siti Nur Azizah dan Muhfiatun. 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah (Study Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama ISSN 1411-8777 | EISSN 2598-2176 Volume 17, Nomor 2, 2017. Alamat Web : ejournal.uin- suka.ac.id/pusat/aplikasia. Tertanggal : 12 Agustus 2019

Zuanita, Azmi, Retno. 2018. Membangun Jiwa Enterpreneurship Santri Melalui Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif. DIMAS Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan Volume 18 No 1 Mei 2018. Alamat Web : http://journal.walisongo.ac.id/index. php/dimas/article/view/2912.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

ZamZami, R. M., Sa’diyah, K., & AN, W. H. (2024). Srategi Pemasaran Syariah Produksi Keripik Pisang Pada Usaha Santri di Yayasan Al-Kamilah Depok. DEDIKASI PKM, 5(1), 237–244. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.37105