Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak untuk menjadi Generasi Bangsa yang Unggul untuk para Santriwan Santriwati Pesantren Yayasan Al Kamilah Depok

Authors

  • Evita Vibriana Wulandari Universitas Pamulang
  • Haryono Haryono Universitas Pamulang
  • Sugeng Samiyono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.37209

Keywords:

Pendidikan Karakter, Generasi Unggul, Pembentukan Pribadi

Abstract

Tujuan Pengabdian Masyarakat ini untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi pendidikan karakter di kalangan santriwan dan santriwati Pesantren Yayasan Al Kamilah Depok. Metode pengabdian masyarakat akan melibatkan penyusunan program pendidikan karakter yang inovatif, pelatihan bagi para pengajar dan pembina pesantren, serta kegiatan interaktif untuk para santri. Hasil dari program ini diharapkan dapat membentuk generasi santri yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki karakter dan moralitas yang kuat untuk berkontribusi positif pada masyarakat dan negara. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah melakukan penyuluhan dengan fokus pada pentingnya pendidikan karakter pada anak-anak, khususnya para santriwan dan santriwati di Pesantren Yayasan Al Kamilah Depok dengan sasaran mengoptimalisasai Pendidikan Karakter di Pesantren. Hasil dari pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pembentukan generasi santri yang unggul dan berakhlak mulia di Pesantren Yayasan Al Kamilah Depok.

References

Asmah, A. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Refika Aditama, Jakarta.

Asri Budiningsih C., (2004), Pembelajaran Moral, Rineka Cipta, Jakarta. Alsyaiban, Alsyaiban, (1979), Falsafah Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta.

Bambang Q-Anees, Adang Hambali, (2008), Pendidikan Karakter Berbasis Al Quran, Simbiosa Rekatama Media, Bandung..

Din Zaenudin, (2004), Pendidikan Budi Pekerti Dalam Perspektif Islam, Almawardi Prima, Jakarta..

Doni A. Koesoema, (2007), Tiga Matra Pendidikan Karakter, Basis. Humaidi Tatapangarsa, (1979), Pengentar Kuliah Akhlak, Bina Ilmu, Surabaya Din Zaenudin, (2004), Pendidikan Budi Pekerti Dalam Perspektif Islam, Almawardi Prima, Jakarta.

E.Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Elfrindri, dkk. 2012. Pendidikan Karakter, Kerangka, Metode, dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Boduose Media.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung; Alfabeta.

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Humaidi Tatapangarsa, (1979), Pengentar Kuliah Akhlak, Bina Ilmu, Surabaya

Kementerian Pendidikan Nasional. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter, Jakarta,2010.

Koesoema, (2007), Tiga Matra Pendidikan Karakter, Basis.

Purwanti Ning. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) refrensi pembelajaran untuk siswa dan guru SMP/MTs. Bandung: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, T. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Koesoema, (2007), Jakarta.

Zarkasyi, H. F. (2010). Landasan Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Wulandari, E. V., Haryono, H., & Samiyono, S. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak untuk menjadi Generasi Bangsa yang Unggul untuk para Santriwan Santriwati Pesantren Yayasan Al Kamilah Depok. DEDIKASI PKM, 5(1), 252–258. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.37209