Optimalisasi Penggunaan Social Media dan Peningkatan Strategi Marketing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Bahasa Indonesia

Authors

  • Lady Lady Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas International Batam
  • Alissya Maidha Fitri Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38032

Keywords:

Pemasaran digital, UMKM, Media Sosial

Abstract

Usaha kuliner adalah salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya dukungan dari teknologi yang dapat mempermudah para pembisnis untuk melakukan pemasaran secara digital. Akan tetapi, tidak banyak pengusaha yang mengerti dalam memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran digital. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengajarkan para pengusaha dalam mengimplementasikan program pemasaran digital dengan cara membantu UMKM Hoshi Ice Cream Café. Aktivitas dari program digital marketing yang dilaksanakan adalah desain logo, mascot, pelatihan penggunaan aplikasi canva dan Paint Tool SAI pada pemilik, penambahan sosial media berupa facebook, instagram, dan tiktok. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan engagement sebesar 215% dan omset sekitar 60% setelah melakukan program pemasaran yang telah dirancang.

References

Dinter, R., Tekinerdogan, B. and Catal, C, (2021) Automation of systematic literature reviews: A systematic literature review’, Information and Software Technology. Elsevier B.V. Available at: https://doi.org/10.1016/j.infsof.2021.106589.

Fandy, D. et al. (2021) ‘The Effect Of Consumer Trust and Perceived Value on Purchase Intention of Online Thrift Shops in Manado’, Jurnal EMBA, 9(3), pp. 1867–1875.

Kusuma, H. and Trihudiyatmanto, M.. (2021) ‘Anteseden Minat Beli Online di Marketplace Sociolla’, ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 3(1), pp. 1–11. Available at: https://doi.org/10.35829/econbank.v3i1.121.

Mulyati, Y. and Gesitera, G. (2020) ‘Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang’, Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), p. 173. Available at: https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538.

Purwianti, L., Niawati,  1 and Kunci, K. (2022) ‘Analysis of e-WOM, Brand Attitude, Brand Image on Purchase Intention Abstrak’, SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), pp. 2022–356. Available at: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1664.

Putra, E.Y. and Aprilson, L. (2022) ‘The Effect of Social Media Marketing on Purchase Intention in Improving Tourism Sector in Batam’, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1), pp. 41–54.

Putu, I., Andika, W. and Yudiana, K. (2022) ‘Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Linktree Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif pada Materi Macam-Macam Gaya Muatan IPA Kelas IV A R T I C L E I N F O’, Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), pp. 52–60. Available at: https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47635.

Rizaty, M.A. (2023) Penjualan Es Krim di Indonesia Capai Rp15,86 Triliun pada 2022, DataIndonesia.id. Available at: https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/penjualan-es-krim-di-indonesia-capai-rp1586-triliun-pada-2022 (Accessed: 20 December 2023).

Sadya, S. (2023) Penjualan Es Krim di Indonesia Capai US$425 Juta pada 2021, DataIndonesia.id. Available at: https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/penjualan-es-krim-di-indonesia-capai-us425-juta-pada-2021 (Accessed: 20 December 2023).

Shankar, V. et al. (2022) ‘Digital Marketing Communication in Global Marketplaces: A Review of Extant Research, Future Directions, and Potential Approaches’, International Journal of Research in Marketing, 39(2), pp. 541–565. Available at: https://doi.org/10.1016/J.IJRESMAR.2021.09.005.

Valtakoski, A. (2020) ‘The Evolution and Impact of Qualitative Research in Journal of Services Marketing’, Journal of Services Marketing, 34(1), pp. 8–23. Available at: https://doi.org/10.1108/JSM-12-2018-0359.

Wu, J. et al. (2020) ‘Effect of Online Product Presentation on the Purchase Intention of Wearable Devices: The Role of Mental Imagery and Individualism–Collectivism’, Frontiers in Psychology, 11. Available at: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00056.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Lady, L., & Fitri, A. M. (2024). Optimalisasi Penggunaan Social Media dan Peningkatan Strategi Marketing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Bahasa Indonesia. DEDIKASI PKM, 5(2), 286–297. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38032