Pengembangan Branding Melalui Digital Marketing pada UMKM Egy Juice

Authors

  • Wisnu Yuwono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas International Batam
  • Mutiara Kamilatu Naimah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas International Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38655

Keywords:

Pemasaran Digital, UMKM, Media Sosial

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) dalam sektor kuliner seperti Egy Juice menghadapi tantangan dalam memahami dan menerapkan strategi branding serta pemasaran digital. Dalam konteks ini, pengembangan branding melalui digital marketing menjadi penting untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan pelanggan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi strategi pengembangan branding dan pemasaran digital pada Egy Juice. Langkah-langkah meliputi perancangan logo dan menu baru, pembuatan akun Instagram, serta pengumpulan umpan balik pelanggan melalui Google Form. Hasilnya mencakup perubahan logo dan menu yang meningkatkan citra merek dan pengalaman pelanggan, serta peningkatan pengikut dan interaksi di media sosial. Dengan demikian, artikel ini menyoroti pentingnya pengembangan branding melalui digital marketing untuk pertumbuhan dan keunggulan dalam industri kuliner UKM.

References

Al Ries and Jack Trout (no date) Positioning: The Battle for Your Mind.

Chaffey, David and Fiona Fllis (2016) ‘Digital Marketing: Strategy,Implementation, and Pratice.’, United Kingdom: Pearson [Preprint].

Fitrianna, H. and Aurinawati, D. (2020) ‘PengaruhDigital MarketingPada PeningkatanBrand Awareness Dan Brand ImageTerhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta’, INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 03(3), pp. 409–418. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147.

Huda, N. and Munandar, A. (2021) ‘Pengaruh Digital Marketing dan Network dalam Meningkatkan Kinerja UMKM di Masa Covid-19’, Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(9), pp. 470–480. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss9pp470-480.

Pradiani, T. (2018) ‘Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan’, JIBEKA, 11(2), pp. 46–53. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45.

Rianto, P. (2019) ‘Literasi Digital dan Etika Media Sosial di Era Post-Truth’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), pp. 24–35.

Satria, R. (2021) ‘Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang’, Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM e, 2(3), pp. 160–171. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.361.

Sholihin, M.R. et al. (2018) ‘Prosiding 4th Seminar Nasional dan Call for Papers Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember’, in, pp. 149–160.

Syaifudin, R. et al. (2021) ‘Strategi Hotel Branding Akibat Pandemi Covid-19 Studi Kasus pada Hotel Bintang Empat dan Lima di Provinsi Banten’, Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), pp. 243–257. Available at: https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Yuwono, W., & Kamilatu Naimah, M. (2024). Pengembangan Branding Melalui Digital Marketing pada UMKM Egy Juice. DEDIKASI PKM, 5(2), 298–306. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38655