Pelatihan Tarjim Kids Untuk Meningkatkan Self Management dengan Strategi Self Reward Anak-Anak di Desa Randuagung

Authors

  • Lu'lu'atuz Zahiroh Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • R. Azzahara Visabilillah Universitas Negeri Surabaya
  • Bakhrudin All Habsy Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38748

Keywords:

Self-management, Reward, Tarjim Kids

Abstract

Di era sekarang, tidak sedikit anak-anak telah diberikan keleluasaan dalam bermain gadget. Kurangnya pengawasan serta pendampingan orang tua tentu akan memberikan kesempatan bagi anak-anak dalam berselancar di internet secara bebas. Perilaku sering bermain gadget berdampak pada turunnya moral anak-anak, dinilai perlu diubah menjadi perilaku baru yang lebih baik. Hal ini tentu berkaitan erat dengan modifikasi perilaku. Modifikasi perilaku ini memiliki banyak pendekatan, salah satunya pendekatan self-management. Penelitian ini ingin memfokuskan mengubah perilaku anak-anak melalui program Tarjim Kids dengan teknik Self-reward. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang dapat menggambarkan situasi kegiatan, dengan menguraikan secara sistematis, secara fakta dan realistik akan kegiatan yang telah dilaksanakan. Pada pelatihan Tarjim Kids ini terdiri dari beberapa tahapan pelaksanaan,sebagai berikut: 1. Tahap Persiapan (observasi, dan perancangan program), 2. Tahap Pelaksanaan (sosialisasi, menerjemahkan setiap kata dalam tiap ayat Al Quran dengan nyanyian dan gerakan,  mendongeng kisah asbabun nuzul dari surat yang telah dihafalkan, dan terakhir pemberian reward berupa snack), 3. Tahap Evaluasi (Pemberian kuesioner di akhir kegiatan). Adapun hasil yang diperoleh menunjukkan penyelenggaraan pelatihan Tarjim Kids dikategorikan efektif untuk meningkatkan self-management dengan strategi self-reward. Berdasarkan hasil pelatihan Tarjim Kids, diperoleh kesimpulan sebagai berikut; peserta yang hadir merasa puas dan merasa senang dengan materi dan reward yang diberikan saat pelatihan, dapat memberikan dampak dengan menurunkan kecanduan gadget anak-anak.

References

Astrini, S.R. (2021) ‘Penggunaan Modifikasi Perilaku Tipe Reward Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), pp. 104–110.

Dewi, M.S. (2017) ‘Proses Pembiasaan dan Peran Orang Terdekat Anak Sebagai Upaya Penanaman Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini’, SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1). Available at: https://doi.org/10.29062/SELING.V3I1.201.

Hakiki, F. (2022) Konseling Individual dengan Teknik Self Management pada Santri yang Mengalami Kecanduan Gadget (Studi di Pondok Pesantren Daarul Qurro’ Kemang Kec. Serang Kota Serang). Universitas Islam Negeri Maulana Hasanuddin.

Maharani, S. and Izzati, I. (2020) ‘Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), pp. 1288–1298. Available at: https://doi.org/10.31004/JPTAM.V4I2.596.

Marinda, L. (2020) ‘Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar’, An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), pp. 116–152. Available at: https://doi.org/10.35719/ANNISA.V13I1.26.

Rahayu, D. (2023) ‘Strawberry Generation: Self Reward for UNIMED Anthropology Students in Overcoming Stress Due to Coursework’, Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 8(1), pp. 103–108.

Ridwan, R. and Awaluddin, A.F. (2019) ‘Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Aarab di Raodharul Atfhal’, Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13(1), pp. 56–67. Available at: https://doi.org/10.30863/DIDAKTIKA.V13I1.252.

Risnawati, A. and Priyantoro, D.E. (2021) ‘Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran’, As-Sibyan, 6(1), pp. 1–16.

Sari, R.H., Budiyanto and Naqiyah, N. (2021) ‘Penerapan Konseling Behavioristik dengan Teknik Self Management untuk Mereduksi Perilaku Adiksi Sosial Pengguna Gadget pada Peserta Didik’, Modeling Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), pp. 131–139.

Shobirin, M. (2018) ‘Pembelajaran Tahfidz Al Qur ’ an dalam Penanaman Karakter Islami’, Quality, 6, pp. 16–30.

Suratnoaji, C. (2019) Literasi Media Baru. 1st edn, Sasanti institute. 1st edn. Sasanti Institute.

Suryanti, D.E., Parmawati, A. and Muhid, A. (2021) ‘Pentingnya Pendekatan Teknik Self Management dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Di Seklolah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19 : Literatur Review’, Consila Jurnal Imliah BK, 4(2), pp. 181–192.

Uce, L. (2008) ‘The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak’, International Journal, 64(1), pp. 205–221. Available at: https://doi.org/10.1177/002070200906400118.

Ulviana, U. (2022) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru dan Staff Tata Usaha (Studi Kasus pada MTsN 10 Tanah Datar Kecamatan Sungayang). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Vhalery, R. (2021) ‘Self-Reward and Self-Punishment for Pocket Money Management and Fintech Application Usage’, Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet), 1, pp. 1–7.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Zahiroh, L., Hidayati, N., Visabilillah, R. A., & All Habsy, B. (2024). Pelatihan Tarjim Kids Untuk Meningkatkan Self Management dengan Strategi Self Reward Anak-Anak di Desa Randuagung. DEDIKASI PKM, 5(2), 315–321. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38748