Healthy Training Program Bina Desa: Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Dan Lingkungan Bersih Melalui Pelatihan Berbasis Masyarakat Di Sungai Kupah
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38865Keywords:
Pelatihan Sehat, Bina Desa, Sungai KupahAbstract
Tujuan Program Healty Training dari program MBKM Bina Desa di Desa Sungai Kupah adalah membantu masyarakat menuju masyarakat yang sehat secara jesmani dan rohani, serta menciptakan lingkungan yang bersih guna mencegah penularan penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan kotor. Pelaksanaan Program Healty Training dilaksanakan dilingkungan luar. Sasaran dari program ini adalah masyarakat Desa Sungai Kupah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap dua minggu sekali yang tentunya dengan menyesuaikan waktu dan tempat. Adapun pelaksanaan dari program ini diantaranya sosialisasi kesehatan, senam bersama , dan bersih-bersih lingkungan. Hasil penelitian ini ialah masyarakat Desa guna memberikan wawasan kepada masyarakat terkait penanggulangan dan pencegahan penyakit, serta mewujudkan gerakan akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan sekitarnya serta untuk meningkatkan kapasitas penduduk dalam mengurangi resiko penyakit.
References
Ariani, R., & Riza, F. V. (2019). Peningkatan Derajat Kesehatan Melalui Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sejak Dini. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 319–322.
Cahyanto, B., Sholihah, L. K., Hamidah, N., Sari, E. D. W., Wati, A. K., Damayanti, N. A., Arina, A. L., Febrianti, M. S., Suroya, A. U., & Jannah, I. M. (2021). Penyuluhan kesehatan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran pola hidup bersih dan sehat (phbs) di era pandemi covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 69–74.
Futriani, E. S., & Romadhona, B. (2021). Pengabdian Masyarakat Melalui Sosialisasi Protokol Kesehatan Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Antara Abdimas Kebidanan, 4(1), 19–24.
Hasibuan, R. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Masyarakat. Penerbit NEM.
Khaeruddin, K., Arwadi, F., & Majid, A. F. (2021). Meningkatkan Pemahaman Dosen terkait Rekognisi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1293–1296.
Ningsih, R. W., Farida, N., & Shalihat, H. M. (2022). Pemantauan Perkembangan Fisik Motorik Anak Prasekolah melalui Kegiatan Senam Sehat Ceria di Panti Asuhan Al-Marhamah Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 166–172.
Novitasari, R. T., Salim, I., & Ramadhan, I. (2021). Upaya Komunitas Motor Supermoto Indonesia Pontianak Dalam Menjaga Solidaritas. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Khatulistiwa.
Oktaviani, R. S., Aryani, L., & Azijah, D. N. (2022). Analisis Model Perubahan Birokrasi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kota Bekasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(1), 80–90.
Priyono, P., Jumadi, J., & Kurniasari, M. I. (2013). Pengukuran kualitas permukiman hubungannya dengan tingkat kesehatan masyarakat di Kecamatan Sragen: upaya awal untuk peningkatan kapasitas masyarakat dalam strategi pengurangan resiko penyakit. Geo Edukasi, 2(1).
Ramadhan, Iwan., I. (2022). Kontruksi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program “Aku Belajar” Dalam Meningkatkan Literasi Anak Pemulung. Jurnal PIPSI, 7(1), 45–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2389
Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat Dan Proses Pembelajaran. Academy of Education Journal, 14(2), 622–634.
Ramadhan, I., Imran, I., & Suriyanisa, S. (2023). Pelatihan Meningkatkan Kontrol Penggunaan Media Sosial (Studi Kasus di SMP Negeri dan Swasta di kota Pontianak). Digulis: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 68–73.
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.
Sulaiman, E. S. (2021). Manajemen kesehatan: Teori dan praktik di puskesmas. Ugm Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iwan Ramadhan, Nina Ayuni, Marbela Vaderofa Putri, Kiki Nopita, Faren Alhambasy C, Imran Imran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.