Pendampingan Edukasi Anti Bullying Kepada Siswa SD Melalui Kegiatan Pengembangan Literasi Dengan Dongeng

Authors

  • Nurisa Ainulhaq Universitas Bina Bangsa
  • Fransiska Nindya Purnawati Universitas Bina Bangsa
  • Hikmatullah Hikmatullah Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38910

Keywords:

Literasi, Dongeng, Anti Bullying, Pendidikan Karakter

Abstract

SD Mardi Yuana Cilegon adalah salah satu SD yang dijadikan lokasi kegiatan PPL Program Studi PGSD FKIP Universitas Bina Bangsa. Berdasarkan observasi selama kegiatan PPL di SD Mardi Yuana Cilegon, banyak siswa yang belum mengetahui mengenai ucapan atau perilaku mana yang boleh dilakukan dan yang tidak ketika dalam pergaulan, seperti mengolok-olok kekurangan yang ada pada teman ataupun bercanda yang berlebihan sehingga dikhawatirkan terjerumus kearah bullying. Oleh karena itu, kami tertarik untuk memberikan edukasi kepada para siswa mengenai bullying melalui kegiatan mendongeng. Melalui kegiatan Pengembangan Literasi dengan Mendongeng ini diharapkan siswa-siswi SD Mardi Yuana Cilegon dapat meningkatkan minat siswa terhadap literasi juga dapat mencegah siswa dari segala bentuk perilaku bullying baik sebagai pelaku maupun korban. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil Pengabdian menunjukkan siswa mampu untuk mengemukakan pendapatnya mengenai perilaku-perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan baik itu kepada orang tua, guru, maupun teman. Serta mampu memberikan contoh hal-hal yang baik dalam pergaulan baik di lingkungan rumah maupun sekolah. Kesimpulan dari pengabdian ini para siswa dapat menangkap dengan baik isi pesan moral dari cerita dongeng yang disampaikan terkait anti bullying dan para siswa sangat senang mendengarkan cerita dongeng.

References

Anggeriyane, E. et al., 2023. Mengatasi Bullying dengan Edukasi dan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Sekolah melalui Media Audiovisual. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), pp. 104-112.

Ayuni, D., 2021. Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), pp. 93-100.

Habsari, Z., 2017. Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1), pp. 21-29.

Hassan, J. et al., 2016. Buli di Kalangan Pelajar Sekolah Rendah Luar Bandar: Kajian Kes di Kawasan Felda Utara Kedah Ferlis, Malaysia (Bully Among Rural Primary School Students: a Case Study of North Kedah-Ferlis Territory, Malaysia). Jurnal Psikologi Malaysia, 30(1), pp. 113-125.

Isnawati, I., Jalinus, N. & Risfendra, R., 2020. Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), pp. 37-44.

Laksita, A. & Mawardi, 2022. Evaluasi Program gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), pp. 8896-8878.

Martini, N. N., Yanthi, L. M. D. W. & Numertayasa, I. W., 2024. Penerapan Literasi Dongeng Anti Bullying Melalui Program "DOLI" di SDN 3 Sulahan. Madaniya, 5(1), pp. 94-101.

Poline, L. & Pramudiani, P., 2018. Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(2), pp. 215-224.

Qamaria, R. S. et al., 2023. Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), pp. 33-46.

Rosmi, F., Kartikasari, P., Yuningsih, S. & Anggraeni, L., 2023. Edukasi Intensif Sekolah Ramah Anak Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Rendah SDN Pamulang Indah. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(6), pp. 84-101.

Rukiyah, R., 2018. Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), pp. 99-106.

Rulviana, V., 2022. Pelatihan Mendongeng Sabtu Pagi untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter di SDN Banaran 02. Madaniya, 3(01), pp. 31-36.

Sari, I. F. R., 2018. Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(01), pp. 89-99.

Siswati, Y. & Saputra, M., 2023. Peran Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah dalam Mengatasi Fenomena Perundungan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(7), pp. 1-10.

Sumaryanti, L., 2018. Membudayakan Literasi pada Anak Usia Dini dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 03(01), pp. 117-125.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Ainulhaq, N., Nindya Purnawati, F., & Hikmatullah, H. (2024). Pendampingan Edukasi Anti Bullying Kepada Siswa SD Melalui Kegiatan Pengembangan Literasi Dengan Dongeng. DEDIKASI PKM, 5(2), 367–374. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38910