Pelatihan Penerapan Immersive Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Bagi Guru Ekonomi Kota Pontianak & Kabupaten Kubu Raya

Authors

  • Muhammad Basri FKIP Universitas Tanjungpura
  • Maria Ulfah FKIP Universitas Tanjungpura
  • Endang Purwaningsih FKIP Universitas Tanjungpura
  • Warneri Warneri FKIP Universitas Tanjungpura
  • Heni Kuswanti FKIP Universitas Tanjungpura
  • Jumardi Budiman FKIP Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38923

Keywords:

Pelatihan, Immersive Learning, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

echnological Pedagogical Content Knowledge (TpaCK) merupakan kerangka pembelajaran Abad 21 yang berupaya mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dan pengajaran. Implementasi TPaCK dalam pembelajaran dengan media immersive learning menunjukkan bahwa penggunaan TPaCK dalam pembelajaran dengan teknologi immersive dapat memberikan manfaat signifikan pada pengalaman pembelajaran dan kinerja siswa. Pembelajaran dengan media immersive learning membutuhkan keterampilan khusus bagi guru untuk mengelola penggunaannya secara efektif di kelas. Oleh karena itu, pelatihan diperlukan untuk membantu guru dalam memahami dan mengimplementasikan teknologi immersive dalam pembelajaran. Pelatihan ini dilaksanakan dengan alur : (1) penjelasan langkah-langkah membuat media immersive learning; (2) tips & trik membuat yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran; (3) langkah-langkah menggunakan media immersive learning; dan (4) pendampingan peserta membuat media immersive learning kepada peserta. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan hal hal sebagai berikut: (1) Pengetahuan awal peserta mengenai metode pembelajaran immersive learning masih dalam kategori kurang paham dan belum pernah melakukan pembelajaran dengan menggunakan immersive learning; (2) Pengetahuan awal peserta mengenai pembuatan media interaktif masih dalam kategori kurang paham dan belum bisa membuat media interaktif untuk kegiatan pembelajaran; (3) Setelah mengikuti kegiatan pelatihan peserta memperoleh pengetahuan tentang tips and trik membuat media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran; (4). Setelah mengikuti  kegiatan pelatihan peserta bisa menggunakan media pembelajaran interaktif sesuai dengan panduan dan tahapan penggunaan media pembelajaran interaktif.

References

Alfitriani, N., Maula, W.A. and Hadiapurwa, A. (2021) Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi, JPP.

Elfrianto (2016) ‘Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Lulusan’, Jurnal EduTech, 2(2).

Hanik, E.U. et al. (2022) ‘Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital’, JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), p. 2022.

Hendrayana, D. et al. (2022) ‘Studi Literatur: Penggunaan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran dan Uji Kompetensi untuk Industri Perfilman’, Jurnal Seni Nasional Cikini, 08(02), pp. 71–78. Available at: https://doi.org/10.52969/jsnc.v8i2i.158.

Mustaqim, I. (2016) ‘Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), p. 174.

Tamsuri, A. (2022) ‘Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick Untuk Evaluasi Pelatihan di Indonesia’, Jurnal Inovasi Penelitian, 02(08), pp. 2723–2733.

Yusro, A.R., Ulfa, S. and Kuswandi, D. (2022) ‘Pengembangan Immersive Learning Berbasis Natural User Interface (NUI) Pada Materi Pembelajaran Tenis Meja’, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 05(03), pp. 274–283. Available at: https://doi.org/10.17977/um038v5i32022p274.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Basri, M., Ulfah, M., Purwaningsih, E., Warneri, W., Kuswanti, H., & Budiman, J. (2024). Pelatihan Penerapan Immersive Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Bagi Guru Ekonomi Kota Pontianak & Kabupaten Kubu Raya. DEDIKASI PKM, 5(2), 384–390. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38923