Peningkatan Keterampilan Analisis Data Penelitian Menggunakan Aplikasi Jasp Bagi Mahasiswa Program Studi Peternakan Universitas Nusa Cendana
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38926Keywords:
Analisis Data Penelitian, Aplikasi JASP, Skill MahasiswaAbstract
Kemampuan menganalisis data merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Skill ini penting karena pada akhir studi, mereka harus mengumpulkan data penelitian, menganalisisnya, dan menyajikannya dalam sebuah tulisan. Namun, sebagian besar mahasiswa masih belum paham dengan baik bagaimana menganalisis data penelitian. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa dengan memanfaatkan aplikasi yang mudah dioperasikan dan dapat diakses secara gratis tanpa batas waktu. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi JASP. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan mengisi kuesioner untuk mengetahui pemahaman awal mahasiwa Program Studi Peternakan Universitas Nusa Cendana tentang jenis-jenis alat analisis data dan cara pengoperasiannya, dilanjutkan dengan diskusi dan praktik secara langsung. Pada akhir pelatihan dilaksanakan evaluasi. Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang mahasiswa. Luaran yang dicapai dari kegiatan ini adalah 87,5% peserta mengalami peningkatan keterampilan dalam menganalisis data penelitian. Kegiatan ini dinilai berhasil dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengolah data penelitian.
References
Brata S, A., Anhar, A., & Lestari, W. (2023). Pengenalan Dan Pelatihan Software Minitab Kepada Guru-guru MA Khalifa Nusantara Denpasar Bali. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2(1), 18–22.
Cahyono, D., Naheria, N., & Fauzi, M. S. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Berbasis Software JASP dan SPSS bagi Mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman Kalimantan Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 421–426. https://doi.org/10.54082/jamsi.141
Fenny Fitriani, Wara Pramesti, Yasmin Findiariska, & Ian Yanuar Pratama. (2021). Pelatihan Penggunaan Software R Pada Materi Rancangan Acak Lengkap. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1337–1344. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i7.496
Goss-Sampson, M. A. (2019). Statistical Analysis in JASP: A Guide for Students.
Kuraesin, P. P. S., Fahira, N., Afdillah, A. K., Fatmah, F., & Jariyah, I. A. (2022). Analisis Kegiatan Belajar Offline Dan Online Pada Siswa Kelas 9 MTsN 4 Bojonegoro di Era Pandemi COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 159–169. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1521
Mandailina, V., & Pramita, D. (2022). Uji Hipotesis Menggunakan Software Jasp Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Teknik Analisa Data Pada Riset Mahasiswa. Journal of Character Education Society), 5(2), 512–519. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v5i2.6109https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX
Megayanti, W. (2023). Peran Pemimpin dalam Mengimplementasikan Kebijakan Lulusan Tanpa Skripsi (Studi Kasus pada STEI Napala, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Intelektium, 4(2), 65–70. https://doi.org/10.37010/int.v4i2.1427
Purmadi, A. (2016). Hubungan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 77–85.
Rohmanto, R., & Setiawan, T. (2022). Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram. INTERNAL (Information System Journal), 5(1), 53–62. https://doi.org/10.32627/internal.v5i1.506
Rosa, E., Nuraulia, A., Destian, R., & Riza, L. S. (2024). Penerapan Computational Thinking melalui Aktifitas Unplugged dalam Materi Pengelolaan Sampah pada Pendidikan Anak Usia Dini. 8, 14940–14952.
Sanistasya, P. A., Zaini, M., Pratiwi, D. N., Putra, J. T., Damayanti, A., Suwondo, N., Annisa, S., & Annisa, S. (2022). Pelatihan Analisis Kuantitatif Menggunakan Aplikasi Smart PLS dan SEM AMOS Bagi Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 3787–3792.
Sofyan, M., Marlinda, C., & Satriadi. (2023a). Pelatihan Analisis Regresi Linier Berganda Dengan Aplikasi Jasp Bagi Mahasiswa Stie Pembangunan Tanjungpinang Kepulauan Riau. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 3(1), 109–116. http://batarawisnu.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/157
Sofyan, M., Maryani, D., Zulaika, S., & Ikhbaluddin. (2023b). Pelatihan Aplikasi Jasp Bagi Peneliti Perkumpulan Dosen Peneliti Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1142
Syazali, M., & Erfan, M. (2021). Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Melakukan Analisis Data Berbantuan Program Statistical Product And Service Solutions (SPSS). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 196–203. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.192
Zunaidi, A., Rahmah, R., & Salsabila, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Akademis Selama Pandemi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Febi Iain Kediri. Dedikasi Pkm, 2(3), 337-344. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.12627
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Simon Edison Mulik, Alberth Nugrahadi Ndun, Alvrado Bire Lawa, David Agustinus Nguru, Morin Mediviani Sol’uf, Hendrikus Umbu Padu, Ni Made Paramita Setyani, Diana Meliani Sabat, Adyanto Nessy Banamtuan, Salden Eliazar Nifu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.