Peningkatan Keterampilan Analisis Data Penelitian Menggunakan Aplikasi Jasp Bagi Mahasiswa Program Studi Peternakan Universitas Nusa Cendana

Authors

  • Simon Edison Mulik Universitas Nusa Cendana
  • Alberth Nugrahadi Ndun Universitas Nusa Cendana
  • Alvrado Bire Lawa Universitas Nusa Cendana
  • David Agustinus Nguru Universitas Nusa Cendana
  • Morin Mediviani Sol’uf Universitas Nusa Cendana
  • Hendrikus Umbu Padu Universitas Nusa Cendana
  • Ni Made Paramita Setyani Universitas Nusa Cendana
  • Diana Meliani Sabat Universitas Nusa Cendana
  • Adyanto Nessy Banamtuan Universitas Nusa Cendana
  • Salden Eliazar Nifu Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38926

Keywords:

Analisis Data Penelitian, Aplikasi JASP, Skill Mahasiswa

Abstract

Kemampuan menganalisis data merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Skill ini penting karena pada akhir studi, mereka harus mengumpulkan data penelitian, menganalisisnya, dan menyajikannya dalam sebuah tulisan. Namun, sebagian besar mahasiswa masih belum paham  dengan baik bagaimana menganalisis data penelitian. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa dengan memanfaatkan aplikasi yang mudah dioperasikan dan dapat diakses secara gratis tanpa batas waktu. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi JASP. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan mengisi kuesioner untuk mengetahui pemahaman awal mahasiwa Program Studi Peternakan Universitas Nusa Cendana tentang jenis-jenis alat analisis data dan cara pengoperasiannya, dilanjutkan dengan diskusi dan praktik secara langsung. Pada akhir pelatihan dilaksanakan evaluasi. Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang mahasiswa. Luaran yang dicapai dari kegiatan ini adalah 87,5% peserta mengalami peningkatan keterampilan dalam menganalisis data penelitian. Kegiatan ini dinilai berhasil dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengolah data penelitian.

References

Brata S, A., Anhar, A., & Lestari, W. (2023). Pengenalan Dan Pelatihan Software Minitab Kepada Guru-guru MA Khalifa Nusantara Denpasar Bali. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2(1), 18–22.

Cahyono, D., Naheria, N., & Fauzi, M. S. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Berbasis Software JASP dan SPSS bagi Mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman Kalimantan Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 421–426. https://doi.org/10.54082/jamsi.141

Fenny Fitriani, Wara Pramesti, Yasmin Findiariska, & Ian Yanuar Pratama. (2021). Pelatihan Penggunaan Software R Pada Materi Rancangan Acak Lengkap. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1337–1344. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i7.496

Goss-Sampson, M. A. (2019). Statistical Analysis in JASP: A Guide for Students.

Kuraesin, P. P. S., Fahira, N., Afdillah, A. K., Fatmah, F., & Jariyah, I. A. (2022). Analisis Kegiatan Belajar Offline Dan Online Pada Siswa Kelas 9 MTsN 4 Bojonegoro di Era Pandemi COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 159–169. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1521

Mandailina, V., & Pramita, D. (2022). Uji Hipotesis Menggunakan Software Jasp Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Teknik Analisa Data Pada Riset Mahasiswa. Journal of Character Education Society), 5(2), 512–519. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v5i2.6109https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX

Megayanti, W. (2023). Peran Pemimpin dalam Mengimplementasikan Kebijakan Lulusan Tanpa Skripsi (Studi Kasus pada STEI Napala, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Intelektium, 4(2), 65–70. https://doi.org/10.37010/int.v4i2.1427

Purmadi, A. (2016). Hubungan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 77–85.

Rohmanto, R., & Setiawan, T. (2022). Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram. INTERNAL (Information System Journal), 5(1), 53–62. https://doi.org/10.32627/internal.v5i1.506

Rosa, E., Nuraulia, A., Destian, R., & Riza, L. S. (2024). Penerapan Computational Thinking melalui Aktifitas Unplugged dalam Materi Pengelolaan Sampah pada Pendidikan Anak Usia Dini. 8, 14940–14952.

Sanistasya, P. A., Zaini, M., Pratiwi, D. N., Putra, J. T., Damayanti, A., Suwondo, N., Annisa, S., & Annisa, S. (2022). Pelatihan Analisis Kuantitatif Menggunakan Aplikasi Smart PLS dan SEM AMOS Bagi Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 3787–3792.

Sofyan, M., Marlinda, C., & Satriadi. (2023a). Pelatihan Analisis Regresi Linier Berganda Dengan Aplikasi Jasp Bagi Mahasiswa Stie Pembangunan Tanjungpinang Kepulauan Riau. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 3(1), 109–116. http://batarawisnu.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/157

Sofyan, M., Maryani, D., Zulaika, S., & Ikhbaluddin. (2023b). Pelatihan Aplikasi Jasp Bagi Peneliti Perkumpulan Dosen Peneliti Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1142

Syazali, M., & Erfan, M. (2021). Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Melakukan Analisis Data Berbantuan Program Statistical Product And Service Solutions (SPSS). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 196–203. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.192

Zunaidi, A., Rahmah, R., & Salsabila, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Akademis Selama Pandemi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Febi Iain Kediri. Dedikasi Pkm, 2(3), 337-344. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.12627

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Mulik, S. E., Nugrahadi Ndun, A., Bire Lawa, A., Agustinus Nguru, D., Mediviani Sol’uf, M., Umbu Padu, H., … Eliazar Nifu, S. (2024). Peningkatan Keterampilan Analisis Data Penelitian Menggunakan Aplikasi Jasp Bagi Mahasiswa Program Studi Peternakan Universitas Nusa Cendana. DEDIKASI PKM, 5(2), 408–415. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38926