Kontribusi Media Sosial terhadap Penguatan Usaha dan Sustainable Tourism di Kota Lama Semarang

Authors

  • Inggang Perwangsa Nuralam Universitas Brawijaya
  • Priandhita Sukowati Asmoro Universitas Brawijaya
  • Hanifa Maulani Ramadhan Universitas Brawijaya
  • Nurlita Novianti Universitas Brawijaya
  • Fitrotul Laili Universitas Brawijaya
  • Edlyn Khurotul Aini Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38927

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Pariwisata Berkelanjutan, Pemasaran, Konten Media Sosial, Semarang

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mendukung pariwisata berkelanjutan di Kawasan Kota Lama Semarang, dengan fokus pada identifikasi masalah, kebutuhan, dan pembuatan konten media sosial untuk memperkuat bisnis dan pariwisata berkelanjutan. Potensi kawasan Kota Lama belum maksimal dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi lokal dan pelestarian lingkungan. Melalui observasi dan diskusi dengan pemangku kepentingan lokal, diidentifikasi masalah kurangnya kesadaran wisatawan tentang potensi pariwisata dan pentingnya pelestarian lingkungan dan budaya. Berdasarkan hasil identifikasi, tim membuat konten media sosial yang menarik dan informatif, bekerja sama dengan pemangku kepentingan. Konten ini berfokus pada promosi potensi pariwisata Kota Lama Semarang, edukasi tentang pelestarian lingkungan dan budaya, serta mengajak wisatawan untuk mendukung pariwisata berkelanjutan. Tujuannya adalah menjadikan Kota Lama Semarang destinasi pariwisata berkelanjutan yang berkontribusi pada ekonomi lokal dan menjaga warisan sejarah dan budaya.

References

Alamin, R. Y., Lakoro, R., Soewito, B. M., Rizkiantono, R. E., & Sabar, S. (2022). Kampanye Edukasi Dengan Media Berbasis Ilustrasi untuk Mendukung Program Pemerintah menghadapi Masalah Endemi. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 21(2), 66-70.

Buhalis, D., O’Connor, P., & Leung, R. (2023). Smart hospitality: from smart cities and smart tourism towards agile business ecosystems in networked destinations. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 35(1), 369-393.

Destrity, N. A., & Wardasari, N. (2022). Rancangan Model Promosi Kesehatan di Tempat Kerja Melalui Kampanye Public Relations. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 35-50.

Fotis, J., Buhalis, D., & Rossides, N. (2019). Social media use and impact during the holiday travel planning process. Computers in Human Behavior, 101, 13–22.

Gretzel, U., Sigala, M., Xiang, Z., & Koo, C. (2015). Smart tourism: foundations and developments. Electronic Markets, 25(3), 179–188.

Kim, D., Morrison, A. M., & Lee, U. (2009). A model of destination branding: Integrating the concepts of the branding and destination image. Tourism Management, 31(4), 465–476.

Lavanga, M., & Selwyn, T. (2010). The imagined and real water city: the development and marketing of Venice as a tourist destination. Journal of Tourism and Cultural Change, 8(1), 7–28.

Marta, R., & Havifi, I. (2020). Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Pariwisata Sumatera Barat. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(2), 102-112.

Nasruddin, E. (2020). The role of digital marketing in developing sustainable tourism. In 1st International Conference on Tourism and Creative Industry (ICTCI 2019). Indonesia: Atlantis Press.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai strategi digital marketing pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83.

Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017, October). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. In Prosiding Seminar Dan Call For Paper (Vol. 85, p. 90).

Sigala, M. (2017). Tourism and social media: An information dissemination and sense-making perspective. Tourism Management Perspectives, 24, 122–139.

Sigala, M. (2020). Tourism and social media: Is eWOM more influential than traditional WOM? Tourism Management, 76, 103–964.

Stepchenkova, S., & Zhan, F. (2013). Russian tourists on social media: Attraction-based Facebook pages. Journal of Travel & Tourism Marketing, , 30(1–2), 23–43.

Xiang, Z., Du, Q., Ma, Y., & Fan, W. (2017). Destination marketing through different types of social media. Journal of Travel Research, 56(6), 687–701.

Zheng, X., Li, X., & Fesenmaier, D. R. (2017). Design and evaluation of a social media-based destination marketing campaign. Journal of Destination Marketing & Management, 6(4), 312–321.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Nuralam, I. P., Asmoro, P. S., Ramadhan, H. M., Novianti, N., Laili, F., & Aini, E. K. (2024). Kontribusi Media Sosial terhadap Penguatan Usaha dan Sustainable Tourism di Kota Lama Semarang. DEDIKASI PKM, 5(2), 375–383. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38927