Membangkitkan Minat, Membangun Masa Depan: Pembelajaran Interaktif dengan 'Kebutuhan Keluargaku' untuk Siswa TK Bina Bunga Bangsa Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.39009Keywords:
Pembelajaran Interaktif, Hemat, KebutuhanAbstract
Berhemat adalah gaya hidup yang sangat bermanfaat bagi siapapun. Hidup hemat memampukan seseorang untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan, gaya hidup hemat juga membantu seseorang untuk tidak bertindak secara impulsif dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan siswa-siswi taman kanak-kanak dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mengenal kebutuhan hidup dan dapat berhemat. Gaya hidup berhemat ini cukup krusial untuk diberikan pada usia muda untuk menghindari sifat impulsif membeli. Hal ini dikarenakan sifat membeli secara impulsif tanpa memikirkan kebutuhan dan keinginan, akan mengarah kepada pembelian yang tidak berguna dan hanya memenuhi rasa keinginan di awal. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat terdiri dari tiga langkah, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan kegiatan evaluasi. Kegiatan yang digunakan adalah metode pembelajaran interaktif sehingga para siswa-siswi didorong untuk menjadi aktif dalam berpartisipasi sehingga akan menimbulkan rasa percaya diri dan dapat lebih fokus. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan siswa-siswa yang semakin sadar akan kebutuhan-kebutuhan yang ada seperti makan, air, hingga listrik dan mampu berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan. Siswa-siswi TK menjadi lebih sadar akan barang-barang yang digunakan memerlukan biaya dan harus berhemat.
References
Aisyah, A., & Ismawati, I. (2018, Januari). MENERAPKAN KEGIATAN MEWARNAI DENGAN ANEKA MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL PADA ANAK USIA DINI. JURNAL Smart PAUD, 1(1). https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/3521/0
Banaran, P. (2015, November 9). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK GAMBAR DI TK. https://skripsipenelitiankelas.blogspot.com/
Bara, A. K. B. (2012, Oktober). MEMBANGUN KREATIVITAS PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN. Jurnal Iqra’, 6(2). http://repository.uinsu.ac.id/768/1/vol.06no.02%20%286%29.pdf
Dewi, L. A. P. (2017). PERANAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN TUMBUH KEMBANG ANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1021
Mazianaomi, Y., & Sanjaya, T. (2012). Berangkat dar Masa Kanak-kanak. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Seni Rupa, 1(1). https://media.neliti.com/media/publications/179986-ID-berangkat-dari-masa-kanak-kanak.pdf
Muhardi. (2004). KONTRIBUSI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BANGSA INDONESIA. Jurnal sosial dan pembangunan, 20(4). https://media.neliti.com/media/publications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf
Pertiwi, A. D. (2016, Juni). STUDY DESKRIPTIF PROSES MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12372
Rasyid, H. (2015, Juni). MEMBANGUN GENERASI MELALUI PENDIDIKAN SEBAGAI INVESTASI MASA DEPAN. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 570. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/12345/8919
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Sayer, I. M., Kristiawan, M., & Agustina, M. (2018, July). Fairy Tale as a Medium for Children’s Character Cooperation Building. AL-TA’LIM JOURNAL, 25(2), 108-116. https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/458
Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini menyiapkan anak usia tiga,empat dan lima tahun masuk sekolah. INDEKS.
Sina, P. G. (2014). Peran Orangtua dalam Mendidik Keuangan pada Anak. Peran Orangtua dalam Mendidik Keuangan pada Anak (Kajian Pustaka). Retrieved April 7, 2024, from https://jurnal.polines.ac.id/index.php/ragam/article/view/497/422
Sit, M. (2015). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI JILID I. PERDANA PUBLISHING. https://core.ac.uk/download/pdf/130811746.pdf
Utami, A.A., Margaretha, L., & Imran, R.F. (2023). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Tebak Gambar Menggunakan Media Adobe Flash. Early Child Research and Practice - ECRP, 3(2), 1-4.
Wibowo, S. A., Murtono, Santoso, & Utaminingsih, S. (2021). Efektifitas Pengembangan Buku Ajar Berbasis Nilai-Nilai Karakter Multikultural Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1). https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3078
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Christopher Bradley Budiono, Rachel Cintantya, Adelynn Regina Gunawan, Njo Anastasia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.