Sosialisasi Pemasaran Digital pada UMKM Desa Selaawi Talegong Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.39086Keywords:
Digital Marketing, UMKM, PelatihanAbstract
Desa Selaawi merupakan desa yang mayoritas warganya bermatapencaharian sebagai petani dan pedagang kecil. Disamping desa ini termasuk daerah rawan bencana alam seperti tanah longsor dan gempa bumi, Warga Desa Selaawi dituntut untuk menjalankan program desa mandiri dalam rangka mendukung perkembangan perekonomian desa. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu memberikan pemahaman dan pendampingan mengenai strategi pemasaran digital kepada warga desa. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan sosialisasi berupa seminar dan penyuluhan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah gambaran mengenai antusiasme warga Desa Selaawi dalam mengikuti sosialisasi pemasaran digital, dan bertambahnya wawasan dan keterampilan warga mengenai pemasaran digital dimulai dari potensi menjual produk secara digital, mengemas produk hingga memasarkan produk secara domestik maupun internasional.
References
Abadi, M. D. A., Lama’ah, I. S., Layliya, N., & Fathoni, M. (2023). S. Th. I., ME. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pesisir, 20-23.
Adi, T. S., & Wikartika, I. (2023). Sosialisasi Door To Door Digital Marketing UMKM Desa Sumberjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(3), 99-110.
Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442-448.
Alwendi, A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Di Desa Basilam Baru Kecamatan Muara Tais-II Kabupaten Tapanuli Selatan. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 135-143.
Arisetyawa, K., Rachmawati, L., Nur'aini, S., Adha, A. A. N., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2).
Cahya, U. D., Muttaqin, M., & Susanto, H. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM. ADMA Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 247-254.
Hidayatulloh, A., Putra, M. R. T., Auliyasari, A., Mutia, L., Rizka, A., & Ganinda, F. P. (2024). Sosialisasi, Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Guna Menuju UMKM yang Memiliki Daya Saing. KAIBON ABHINAYA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1), 62-65.
Ichsanti, E., Yusinta, F. R., Sitanggang, G. R., Agatha, H. S., Fitriyanti, I., & Safitri, T. D. (2024). SOSIALISASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK USAHA KECIL, MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI WILAYAH DASANA INDAH, BOJONG NANGKA KELAPA DUA, KAB. TANGERANG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 81-88.
Indriyani, F., Ulya, H. N. M., Nurhayati, I. T., & Rahayu, L. D. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Produk UMKM Masyarakat Bekare. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 606-611.
Maddinsyah, A., Fauzi, I., & Barsah, A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Diri Bagi Santri Di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Kedaung Pamulang Tangerang Selatam-Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 259-266.
Mawarsari, Margareth Anjani. (2023). Tren Digitalisasi UMKM di Indonesia 2023: Tantangan dan Peluang. Dailysocial, Retrieved from: https://dailysocial.id/post/tren-digitalisasi-umkm-di-indonesia-2023-tantangan-dan-peluang.
Mujianto, H. (2022). Pemasaran Produk Kopi Guntur Di Desa Dano Melalui Komunikasi Digital. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 1(2), 163-172.
Nurrahman, A., & Sulma, A. (2022). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner Di Kelurahan Kadidi Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(2), 99-115.
Pandiangan, H. A., Maharani, K., Rizky, N., Yulianti, N. D., & Rustamaji, A. C. P. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing di Era 4.0 Untuk Pengembangan UMKM Di Desa Ciantra. FEBCOMS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 25-29.
Rahmi, S. A., & Junaidy, A. M. (2022). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF Di DESA MELALUI SOSIALISASI DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA KECIL MIKRO MENENGAH. Jurnal Pengabdian Publik (JP-Publik), 2(1), 15-20.
Ramadhanti, A. A., Khatimah, H., & Supratno, S. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Para Pelaku UMKM Di Desa Karangpatri. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 449-454.
Septian, F., Syaripudin, A., Punkastyo, D. A., & Nugroho, F. A. (2021). Sosialisasi Dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Umkm Dan Pemuda Karang Taruna Cilandak Barat. JAMAIKA Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 72-80.
Sina, I., Maryunani, B. J., & Harahab, N. (2017). Analysis of total economic value of ecosystem mangrove forest in the coastal zone Pulokerto Village District of Kraton Pasuruan Regency. International Journal of Ecosystem, 7(1), 1-10.
Sumadi, S., Budiyono, B., Samanto, H., Efendi, T. F., & Agustini, T. (2023). PENGABDIAN MASYARAKAT SOSIALISASI PENTINGNYA PEMASARAN DIGITAL DAN PROTOKOL KESEHATAN PADA PELAKU UMKM DI DESA TRUCUK KLATEN. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2).
Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Yusuf, M., Basmar, N. A., Baruch, M. A. S., Suci, N. A. C. D., & Wulandari, R. (2023). Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat. Surya Abdimas, 7(1), 34-42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ridwan Mustopa, Haryadi Mujianto, Akhmad Fauzi Ikhsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.