Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Ekonomi Digital Pada Kios UMKM Desa Kembangkuning, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.39090Keywords:
Kembangkuning, Digital Marketing, UMKM, BoyolaliAbstract
Desa Kembangkuning mempunyai potensi Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) yang besar dengan hasil dari pengrajin alumunium dan tembaga sebagai produk utama. Sentuhan teknologi diperlukan untuk branding suatu produk untuk meningkatkan pemasaran yang lebih luas lagi, salah satunya dengan melakukan kegiatan pendampingan pada karyawati kios UMKM Desa Kembangkuning untuk mempelajari strategi marketing dengan pemanfaatan teknologi. Metode yang digunakan adalah survei, observasi, perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah telah menjadi kios UMKM dengan memanfaatkan teknologi seperti sentuhan sosial media dan marketplace, dengan begitu maka jangkauan pemasaran produk lebih luas dan bisa diakses siapapun dan dimanapun.
References
Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442-448.
Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64-72.
Ani’im Fattach, E. F. W., Syairozi, M. I., & Ardella, T. O. (2021). Rekonstruksi Sosial Ekonomi Pengentasan Kemiskinan Melalui Kelompok Usaba Bersama (Kube) Penjual Nasi Boranan Di Desa Sumberejo Kabupaten Lamongan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 5(2), 447-455.
Ayesha, I. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). PT. Global Eksklusif Teknologi.
Darsana, I. M., Rahmadani, S., Salijah, E., Akbar, A. Y., Bahri, K. N., Amir, N. H., & Nugroho, A. (2023). Strategi Pemasaran. CV. Intelektual Manifes Media.
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13.
Hanim, L., & Noorman, M. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) dan Bentuk-Bentuk Usaha. UNISSULA PRESS.
Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, S. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta. eProceedings of Management, 5(2), 1828-1835.
Iswanto, Z. M., Putri, N. I., & Hernawati, R. K. (2023). Manfaat Manajemen Teknologi Informasi Di UMKM. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5, 1-6.
Musnaini, M., Suherman, S., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Digitalisasi UMKM. ICM Publisher.
Purbasari, R., Muttaqin, Z., & Sari, D. S. (2021). Identification of actors and factors in the digital entrepreneurial ecosystem: The case of digital platform-based MSMEs in Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 10, 164-187.
Said, I. N., & Iskandar, D. D. (2020). Persepsi Peluang Kerja, Minat dan Perilaku Wirausaha Mahasiswa: Analisis dari Perspektif Theory of Planned Behavior. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 201-210.
Viska. (2022). Jadikan UMKM Naik Kelas, Pemerintah Dorong Literasi Digital. kominfo.go.id.https://www.kominfo.go.id/content/detail/43655/jadikan-umkm-naik-kelas-pemerintah-dorong-literasi-digital/0/berita
Wati, T, Marlina, L., Ardiana, D. P. Y., Rini, N. K., Novianti, A., Srisusilawati, P., Yuniati, U., ... & Pujianto, D. (2020). Digital Marketing. Widina Bhakti Persada Bandung.
Windartini, S. (2020). Model Pengembangan Strategi Komunikasi Bisnis untuk Mencapai Tujuan Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Konsep Usaha Rumah Tangga Kerak Nasi). Jurnal Ekobistek, 9(1), 12-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eudia Christina Wulandari, Yuniar Prawesti, Victor Phoa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.