Pengembangan Media Ajar untuk Meningkatkan Self-Control serta Kecerdasan Naturalis Peserta Didik RA-MIFTAHUL ULUM
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.39232Keywords:
Anak Usia Dini, Kecerdasan Naturalis, Self ControlAbstract
Perkembangan zaman globalisasi mempengaruhi evolusi media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk merangsang peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self control serta kecerdasan naturalis bagi peserta didik RA MIFTAHUL ULUM melalui pengembangan media ajar dengan program “Back to Nature”. Kami menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan spiral refleksi diri yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart.Permasalahan ini diangkat atas penemuan di lapangan yaitu kurangnya kegiatan yang difokuskan untuk memunculkan kecerdasan naturalis dan kurangnya self control pada diri anak usia dini. Sehingga, dirancang solusi yang tepat dengan tujuan menarik minat dan mengenalkan alam dengan pengembangan media ajar yang sesuai dengan proses perkembangan anak. Adapun hasil penelitian kami yang memiliki 3 program unggulan dan 2 program pendukung: (1) Save me! (2) Mozaik daun kering (3) Nature tree (4) Permainan kreatif yaitu lukis balon dan estafet bola.
References
Endriani, Y., & Karneli, Y. (2020). Peran Konselor dalam Mengembangkan Bakat Siswa melalui Layanan Penempatan dan Penyaluran. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(3), 88. https://doi.org/10.23916/08790011
Firdausyi, A. N., & Marlisa, L. (2022). Implementasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Dalam Tema Belajar “Aku Cinta Indonesia.” … Nasional Penelitian Dan …, 4, 69–75.
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal golden age, 2(01), 01-12.
Kusumawardhani, I. A., Kurnianingrum, W., & Soetikno, N. (2018). Art Therapy Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Pada Anak Didik Lapas. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 135. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1751
Marwah. (2017). Siti Marwah Pengembangan Kecerdasan Naturalistik..... 1(2).
Nasrah, S., Siraj, S., & Dahrum, D. (2022). Pengembangan Model Layanan Pendidikan Creative Art Play Therapy bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Paedagogy, 9(1), 1. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4547
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Retno Handasah. (2022). Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Agresivitas Dimediasi Oleh Kontrol Diri Pada Siswa Sma Negeri Di Kota Malang. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 2(2), 121–133. https://doi.org/10.30762/happiness.v2i2.345
Ruwaida, G. A., & Setiasih, O. (2022). Strategi Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menghadapi era Society 5.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5406-5413.
Saripudin, A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
Sit, M. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini edisi pertama. Kencana.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulfa Huwaidah Wadhlah, Natasya Artamefilla Rahmiawan, Azzahro Firdaus, Bakhrudin All Habsy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.