Edukasi Wirausaha Bagi Siswa-Siswi SMK PGRI 1 Jakarta : Berani Jadi Enterpreneur Muda
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.39288Keywords:
Edukasi, Wirausaha, EntrepreneurAbstract
Upaya pemerintah Indonesia dalam menumbuhkan semangat berwirausaha sudah dibangun melalui sekolah-sekolah dan perguruan tinggi temasuk pada program pendidikan kewirausahaan bagi peserta didik dimulai sejak sekolah dasar hingga sekolah menegah atas dan kejuruan sudah diberikan untuk menjadi seorang young entrepreneur. Namun kenyataannya, menciptakan lulusan menjadikan seorang wirausaha tidak serta merta mudah dilaksanakan. Setelah tamat sekolah mereka sudah terbiasa membaur dengan dunia kerja. Program kewirausahaan dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada peserta didik agar mereka memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang, dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan. Tujuan kegiatan PKM yang telah dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Unsurya yakni membangun motivasi (achievement motivation) dan semangat berwirausaha bagi siswa-siswa kelas XII SMK PGRI 1 Jakarta melalui workshop berupa edukasi dam pelatihan praktis yang disampaikan oleh praktisi dan alumni Unsurya yang sukses menjalankan wirausaha. Siswa tidak hanya cerdas di teori saja, tetapi juga cerdas membuka potensi yang ada dalam dirinya untuk menciptakan kreasi produk sehingga bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. Keterlibatan alumni SMK PGRI 1 Jakarta yang melanjutkan studinya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsurya turut berpartisipasi pada kegiatan ini memberikan semangat dan motivasi kepada adik-adik kelasnya bahwasannya berwirausaha juga bisa dilakukan sambil kuliah atau kuliah sambil berwirausaha. Untuk megetahui sejauh mana tingkat pengetahuan dan kepuasan peserta sebelum dan sesudah diberikan edukasi / penyuluhan mengenai semangat dan tips berwirausaha di usia muda dilakukan pre-test dan post-test.
References
Banuwa, A.K. and Susanti, A.N. (2021) ‘Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New SIGA di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung (Evaluation of Pre-Test and Post-Test Scores of New SIGA Technical Trainees at the Representatives of BKKBN in Lampung Province)’, Jurnal Ilmiah Widyaiswara (JIW), 1(2), pp. 77–85.
Hendriyana, A. (2016) Ekonomi Kreatif Dapat Jadi Tulang Punggung Perekonomian Indonesia, Unpad.ac.id.
Joko, J., Kurniawan, D. and Riswanto, A. (2023) ‘Edukasi Pemasaran dalam Upaya Pengembangan Kewirausahaan bagi Wirausahawan Pemula’, Seminalu, 1(1), pp. 16–22.
Marlinawati, D. (2023) Mengatasi Tantangan Dalam Bisnis Wirausaha Muda : Tips dan Trik Untuk Sukses, Universitas Mahakarya Asia.
Merieska, P. and Meiyanto, I.J.K.S. (2017) ‘Passion berwirausaha pada pengusaha muda’, Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(1), pp. 13–24.
Ryantino, R. and Firdaus, M. (2019) ‘Makna Enterpreneur Bagi Wirausaha Muda Berstatus Mahasiswa Di Area Car Free Day Kota Pekanbaru’, Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), pp. 1–15.
Santia, T. (2022) Jumlah Pengusaha Muda Indonesia Jauh tertinggal dari Malaysia dan Singapura, Liputan 6.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suharsono, A. and Budiarto, M.T. (2018) ‘Penggunaan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Milenial’. Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rita Intan Permatasari, Juhaeti, Vera Sylvia Saragi Sitio, Saur Costanius Simamora, Dian Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.