Penerapan Differential Reinforcement of Other Behavior terhadap Perilaku Onychophagia Peserta Didik SMA

Authors

  • Sabina Ezra Arzettisyah Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Ismi Nadia Berlusconi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Syarofudin Universitas Negeri Surabaya
  • Bakhrudin All Habsy Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.39421

Keywords:

Differential Reinforcement of Other Behavior (DRO), Modifikasi perilaku, Onychophagia

Abstract

Differential Reinforcement merupakan sebuah modifikasi perilaku yang di mana terdapat satu respon yang akan dikuatkan selama penguatan lalu disembunyikan dari respon yang lain. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk menerapkan teknik Differential Reinforcement of Other Behavior pada saat pembelajaran di sekolah dalam menurunkan perilaku onychophagia pada peserta didik di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Single Subject Search (SSR), dengan prosedur A1-B-A2. Adapun subjek penelitian adalah empat peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Surabaya. Hasil pengabdian kepada masyarakat adalah menunjukkan bahwa berkurangnya durasi dan frekuensi terhadap timbulnya perilaku onychophagia yang ditampilkan oleh subjek melalui teknik Differential Reinforcement of Other Behavior.

References

Afrianti, R. (2020). Intensi Melukai Diri Remaja Ditinjau Berdasarkan Pola Komunikasi

Almirasyah, T. I., Mulyana, A. R., & Resmisari, G. (2022). Perancangan Buku Interaktif Mengenai Onychophagia Sebagai Media Edukasi Kesehatan Pada Anak 4-6 Tahun. FAD, 14-14.

Asri, D. N., & Suharni, S. (2021). Modifikasi Perilaku: Teori dan Penerapannya.

Harefa, I. E., & Mawarni, S. G. (2019). KOMUNIKASI Interpersonal (Self Talk) Sebagai Pencegahan Self-Harm Pada Remaja. Prosiding Seminar Nasional LP3M, 1, 173–178.

Isnaini, N. A., Rosyida, N. I., Wulandari, R., Tarsono, T., & Hasbiyallah, H. (2023). Dari Stimulus-Respon hingga Modifikasi Perilaku; Tinjauan Teori Behaviorisme John B. Watson dan Realisasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10062–10070. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2442

Orang Tua. MEDIAPSI, 6(1), 37–47. https://doi.org/10.21776/UB.MPS.2020.006.01.5

Otari, O., Damayanti, W., & Sugandi, U. I. (2019). Langkah Teknik Analisis Perubahan Tingkah Laku Anak. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.

Saputra, M. R., Mukti, D. A. C., Angelina, R., Maharani, P. A., Yuniarti, B. D., Fitria, S., & Hidayat, R. (2022, December). Kerentanan Self Harm Pada Remaja Di Era Modernisasi. In Proceeding Conference On Psychology and Behavioral Sciences (Vol. 1, No. 1, pp. 28-33).

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Arzettisyah, S. E., Berlusconi, I. N., Syarofudin, A., & All Habsy, B. (2024). Penerapan Differential Reinforcement of Other Behavior terhadap Perilaku Onychophagia Peserta Didik SMA. DEDIKASI PKM, 5(3), 517–528. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.39421