Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Artificial Intelligence Bagi Guru Bahasa Inggris Madrasah Aliyah di Majalengka
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.39452Keywords:
Artificial Intelligence, Video Pembelajaran, Bahasa Inggris, Madrasah Aliyah, Komunikasi MediaAbstract
Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) membuka peluang baru dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah (MA). Namun, minimnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan AI menjadi tantangan tersendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa "Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan AI" diselenggarakan bagi guru Bahasa Inggris MA di Majalengka. Workshop ini bertujuan membekali para guru dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam mengintegrasikan AI ke dalam proses pengembangan video pembelajaran interaktif dan kontekstual. Kegiatan dilaksanakan melalui kerja sama dengan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kabupaten Majalengka dan mendapat dukungan dari Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi (LP2MI) Universitas Majalengka. Rangkaian kegiatan utama meliputi: (1) membuat materi pembelajaran dengan Gamma AI, (2) membuat video pembelajaran dengan OBS Studio, dan (3) editing video akhir menggunakan Capcut. Sebagai tambahan, peserta juga diperkenalkan dengan Canva dan ChatGPT untuk mengembangkan bahan ajar interaktif dan soal pilihan ganda. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan AI untuk pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif, serta mendorong peningkatan kualitas pengajaran Bahasa Inggris di MA secara keseluruhan.
References
Anwar, S., & Sukardi, W. (2020). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 55–68.
Chassignol, M., Khoroshavin, A., Klimova, A., & Bilyatdinova, A. (2018). Artificial Intelligence trends in education: a narrative overview. Procedia Computer Science, 136, 16–24.
Hartshorn, K. J., & McMurry, B. L. (2020). The effects of video-aided instruction on second language learners’ willingness to communicate. RELC Journal, 51(1), 114–130.
Hooft, N., Swan, K., Cook, D., & Lin, Y. (2019). Preparing teachers to integrate AI in the classroom: Exploring situational and systemic factors BT - Proceedings of Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (K. Graziano (ed.); pp. 1290–1297). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).
Karunaratne, T., Tonnis, E., Lim, C., & van Zwieten, J. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review of Reviews. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–39.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Popenici, S. A., & Kerr, S. (2017). Exploring the impact of artificial intelligence on teaching and learning in higher education. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1), 1–13.
Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26–37.
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–27.
Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O., & Nunamaker, J. F. (2006). Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information & Management, 43(1), 15–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Teddy Maulana Hidayat Sudirman, Atef Fahrudin, Adi Junadi, Restu Syahmagun Suryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.