Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Dengan Kegiatan Berkebun Tanaman Obat Keluarga Dan Bercerita Guna Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik di Wilayah RT.18 KM 12 Dalam Kelurahan Karang Joang Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.39468Keywords:
Balikpapan, Kreativitas, Bercerita, KognitifAbstract
Dalam kegiatan pengabdian masyarakat di RT. 18 Karang Joang, Balikpapan Utara. Tujuan utama kegiatan ini yakni memberikan pembelajaran yang mendukung pengembangan kemampuan psikomotorik dan kognitif pada anak melalui bercerita, menggambar sambil belajar dan juga menanam tanaman obat keluarga. kegiatan dilakukan dengan tiga tahapan, yakni observasi, sosialisasi, dan pelatihan. Dengan kolaborasi yang kuat antara masyarakat dan mitra, program ini diharapkan dapat memberikan banyak hal positif bagi daerah setempat.
References
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya pada Anak Usia Dini di TK IT Al-Farabi. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 181-199.
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-12.
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam pemanfaatan teknologi digital pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82-96.
Bachtiar, M. Y. (2016). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Bergambar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(1), 24-29.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200.
Fuadah, Y. T. (2022). Penggunaan media cerita bergambar dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Mubtadiin, 8(01).
Garnika, E., Rohiyatun, B., & Muslim, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 106-116.
Maulana, I., & Mayar, F. (2019). Pengembangkan kreativitas anak usia dini di era revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1141-1149.
Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 13-27.
Nilawati, A., Ansory, H. M., & Herowati, R. (2019). Pelatihan Menanam Dan Merawat Tanaman Obat Keluarga Di TK Ra Al Kautsar Surakarta. Dimas Budi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Setia Budi, 3(1), 47-51.
Nofianti, R. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Cerita Bergambar Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Kelambir V Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 112-118.
Ratnasari, T., Sujana, Y., & Pudyaningtyas, A. R. (2016). Pengaruh penerapan kegiatan berkebun terhadap perkembangan fisik motorik anak.
Wahyuni, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B RA An-Nida. Jurnal Raudhah, 5(2).
Wiyani, N.A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 11-24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Mart Shoodiqin, Musyarofah Musyarofah, Refangga Cendikia Wardani, Mustaqim Aqib Nashrullah, Ismail Febrianto, Livia Br. Purba, Muhammad Bagus Saputra Ramadhan, Hanna Rosita Silalahi, Jesica Bela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.