Peningkatan Brand UMKM Melalui Pendekatan Konten Animasi

Authors

  • Wahyu Aji Eko Prabowo Program Studi PJJ Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Rahmawati Zulfiningrum Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Nadia Itona Siregar Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Siti Hadiati Nugraini Program Studi Magister Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Ahmad Yahya Ayasy Program Studi Animasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Vicky Puja Adriansyah Program Studi Animasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Zulhandi Putrawan Program Studi PJJ Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.40174

Keywords:

Karimunjawa, UMKM, Wisata, Konten, Video Animasi

Abstract

Potensi wisata terhadap UMKM akan meningkatkan pendapatan wilayah. Salah satu pengembangan daerah wisata yang berpotensi besar dalam meningkatkan perekonomian negara adalah destinasi wisata Karimunjawa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan brand UMKM melalui pendekatan konten animasi sebagai ikon UMKM di Karimunjawa, bekerjasama dengan BUMDES Sejahtera Bahari. Kegiatan ini mengusung pentingnya ikon bagi UMKM lokal dalam mempromosikan identitas produk mereka. Program ini dirancang untuk memanfaatkan elemen budaya unik yang ada di Karimunjawa, meningkatkan kemampuan lokal dalam pembuatan konten animasi, dan memperkuat pemasaran UMKM. Metode yang digunakan adalah Asset Based Community Development (ABCD) untuk membantu masyarakat dalam melihat potensi yang dimiliki dan mengarahkan untuk peningkatan. Pelatihan dilaksanalan dalam bentuk workshop yang bertujuan untuk merancang pembuatan video animasi sebagai implementasi alat pemasaran yang efektif. Manfaat utama kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan lokal dalam mengeksplorasi potensi daerah, dengan harapan meningkatkan keterlibatan dan daya ingat konsumen terhadap produk lokal. Melalui video animasi diharapkan dapat membantu promosi produk UMKM Karimunjawa, peningkatan ekonomi bagi masyarakat lokal dan menambah daya tarik wisatawan.

References

Afandi, A., & et al. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In J. W. Suwendi, Abd. Basir (Ed.), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Vol. 4, Issue 1).

Anholt, S. (2007). Competitive Identity. Palgrave Macmillan. https://doi.org/https://doi.org/10.1057/9780230627727_1

Ariyanto, A., Wongso, F., Wijoyo, H., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M. F., Anggraini, N., Suherman, Suryanti, & Devi, W. S. G. R. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi (Vol. 5, Issue 1). Insan Cendekia Mandiri.

Atim Rimawati, Umi Arifah, & Atik Faizul H. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191–215. https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0033-295X.84.2.191

Basil, D. Z., Diaz-Meneses, G., & Basil, M. D. (2019). Correction to: Social Marketing in Action. https://doi.org/10.1007/978-3-030-13020-6_30

Daliot-Bul, M. (2014). Reframing and reconsidering the cultural innovations of the anime boom on US television. International Journal of Cultural Studies, 17(1), 75–91. https://doi.org/10.1177/1367877912464538

Kavaratzis, M. (2008). From city marketing to city branding: An interdisciplinary analysis with reference to Amsterdam, Budapest and Athens [Rijksuniversiteit Groningen]. https://research.rug.nl/en/publications/from-city-marketing-to-city-branding-an-interdisciplinary-analysi

Kustanto, L., Nugroho, A. D., & Al-Desafinadha, J. (2023). Video Promosi Wisata Kuliner Yogyakarta Menggunakan Microdrone. Rekam, 19(1), 71–82. https://doi.org/10.24821/rekam.v19i1.7035

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Madyaningrum, I. R., Utomo, A. C. C., & Pratama, Y. W. (2019). Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Pariwisata Di Taman Nasional Karimunjawa. Skripsi, 28(2), 140–148. https://doi.org/10.24246/kritis.v28i2p140-148

Marciszewska, B., & Marciszewski, P. (2021). The Visual Arts in Society: Their Role in Marketing Communication and Shaping Social Attitudes. European Research Studies Journal, XXIV(Issue 1), 748–762. https://doi.org/10.35808/ersj/1992

Marwanti. (2022). Pengembangan Wisata Gatronomi Guna Memperkuat Kebijakan Ekonomi, Pariwisata, dan Budaya Bangsa Indonesia. Humas Universitas Negeri Yogyakarta. https://www.uny.ac.id/id/fokus-kita/prof-dr-marwanti-mpd_pengembangan-wisata-gastronomi-guna-memperkuat-kebijakan-ekonomi

McKnight, J. P. K. and J. P. (1993). Building Communities from the Inside Out: A Path Toward Finding and Mobilizing a Community’s Assets. In Institute for Policy Research.

Menko Perekonomian, R. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Siaran Pers. https://ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Nabila, F., Ayu, A. S., Caroline, J. L., & Alfian, R. M. (2022). Intrepretasi Konsumen terhadap Iklan Digital Gopay Cyberpunk di Media Sosial. Borobudur Communication Review, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.31603/bcrev.7037

Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195066661.001.0001

Tuten, C. A. and T. (2015). Creative Strategies in Social Media Marketing: An Exploratory Study of Branded Social Content and Consumer Engagement. Psychology & Marketing, 32(1), 15–27. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/mar.20761

Yuliati, U., Saeroji, A., & Dadtun, Y. S. (2018). Heritage Tourism Development Model Through an Audio Visual Concept in Lokananta, Surakarta - Indonesia. KnE Social Sciences, 3(5), 532. https://doi.org/10.18502/kss.v3i5.2354

Yusuf, M. (2013). Kondisi terumbu karang dan potensi ikan di Perairan Taman Nasional Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Buletin Oseanografi Marina, 2(April), 54–60. https://doi.org/10.14710/buloma.v2i2.6940

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Prabowo, W. A. E., Zulfiningrum, R., Siregar, N. I., Nugraini, S. H., Ayasy, A. Y., Adriansyah, V. P., & Putrawan, Z. (2024). Peningkatan Brand UMKM Melalui Pendekatan Konten Animasi. DEDIKASI PKM, 5(3), 545–553. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.40174