Peningkatan Brand UMKM Melalui Pendekatan Konten Animasi
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.40174Keywords:
Karimunjawa, UMKM, Wisata, Konten, Video AnimasiAbstract
Potensi wisata terhadap UMKM akan meningkatkan pendapatan wilayah. Salah satu pengembangan daerah wisata yang berpotensi besar dalam meningkatkan perekonomian negara adalah destinasi wisata Karimunjawa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan brand UMKM melalui pendekatan konten animasi sebagai ikon UMKM di Karimunjawa, bekerjasama dengan BUMDES Sejahtera Bahari. Kegiatan ini mengusung pentingnya ikon bagi UMKM lokal dalam mempromosikan identitas produk mereka. Program ini dirancang untuk memanfaatkan elemen budaya unik yang ada di Karimunjawa, meningkatkan kemampuan lokal dalam pembuatan konten animasi, dan memperkuat pemasaran UMKM. Metode yang digunakan adalah Asset Based Community Development (ABCD) untuk membantu masyarakat dalam melihat potensi yang dimiliki dan mengarahkan untuk peningkatan. Pelatihan dilaksanalan dalam bentuk workshop yang bertujuan untuk merancang pembuatan video animasi sebagai implementasi alat pemasaran yang efektif. Manfaat utama kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan lokal dalam mengeksplorasi potensi daerah, dengan harapan meningkatkan keterlibatan dan daya ingat konsumen terhadap produk lokal. Melalui video animasi diharapkan dapat membantu promosi produk UMKM Karimunjawa, peningkatan ekonomi bagi masyarakat lokal dan menambah daya tarik wisatawan.
References
Afandi, A., & et al. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In J. W. Suwendi, Abd. Basir (Ed.), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Vol. 4, Issue 1).
Anholt, S. (2007). Competitive Identity. Palgrave Macmillan. https://doi.org/https://doi.org/10.1057/9780230627727_1
Ariyanto, A., Wongso, F., Wijoyo, H., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M. F., Anggraini, N., Suherman, Suryanti, & Devi, W. S. G. R. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi (Vol. 5, Issue 1). Insan Cendekia Mandiri.
Atim Rimawati, Umi Arifah, & Atik Faizul H. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191–215. https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0033-295X.84.2.191
Basil, D. Z., Diaz-Meneses, G., & Basil, M. D. (2019). Correction to: Social Marketing in Action. https://doi.org/10.1007/978-3-030-13020-6_30
Daliot-Bul, M. (2014). Reframing and reconsidering the cultural innovations of the anime boom on US television. International Journal of Cultural Studies, 17(1), 75–91. https://doi.org/10.1177/1367877912464538
Kavaratzis, M. (2008). From city marketing to city branding: An interdisciplinary analysis with reference to Amsterdam, Budapest and Athens [Rijksuniversiteit Groningen]. https://research.rug.nl/en/publications/from-city-marketing-to-city-branding-an-interdisciplinary-analysi
Kustanto, L., Nugroho, A. D., & Al-Desafinadha, J. (2023). Video Promosi Wisata Kuliner Yogyakarta Menggunakan Microdrone. Rekam, 19(1), 71–82. https://doi.org/10.24821/rekam.v19i1.7035
Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Madyaningrum, I. R., Utomo, A. C. C., & Pratama, Y. W. (2019). Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Pariwisata Di Taman Nasional Karimunjawa. Skripsi, 28(2), 140–148. https://doi.org/10.24246/kritis.v28i2p140-148
Marciszewska, B., & Marciszewski, P. (2021). The Visual Arts in Society: Their Role in Marketing Communication and Shaping Social Attitudes. European Research Studies Journal, XXIV(Issue 1), 748–762. https://doi.org/10.35808/ersj/1992
Marwanti. (2022). Pengembangan Wisata Gatronomi Guna Memperkuat Kebijakan Ekonomi, Pariwisata, dan Budaya Bangsa Indonesia. Humas Universitas Negeri Yogyakarta. https://www.uny.ac.id/id/fokus-kita/prof-dr-marwanti-mpd_pengembangan-wisata-gastronomi-guna-memperkuat-kebijakan-ekonomi
McKnight, J. P. K. and J. P. (1993). Building Communities from the Inside Out: A Path Toward Finding and Mobilizing a Community’s Assets. In Institute for Policy Research.
Menko Perekonomian, R. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Siaran Pers. https://ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah
Nabila, F., Ayu, A. S., Caroline, J. L., & Alfian, R. M. (2022). Intrepretasi Konsumen terhadap Iklan Digital Gopay Cyberpunk di Media Sosial. Borobudur Communication Review, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.31603/bcrev.7037
Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195066661.001.0001
Tuten, C. A. and T. (2015). Creative Strategies in Social Media Marketing: An Exploratory Study of Branded Social Content and Consumer Engagement. Psychology & Marketing, 32(1), 15–27. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/mar.20761
Yuliati, U., Saeroji, A., & Dadtun, Y. S. (2018). Heritage Tourism Development Model Through an Audio Visual Concept in Lokananta, Surakarta - Indonesia. KnE Social Sciences, 3(5), 532. https://doi.org/10.18502/kss.v3i5.2354
Yusuf, M. (2013). Kondisi terumbu karang dan potensi ikan di Perairan Taman Nasional Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Buletin Oseanografi Marina, 2(April), 54–60. https://doi.org/10.14710/buloma.v2i2.6940
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyu Aji Eko Prabowo, Rahmawati Zulfiningrum, Nadia Itona Siregar, Siti Hadiati Nugraini, Ahmad Yahya Ayasy, Vicky Puja Adriansyah, Zulhandi Putrawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.