Penerapan Digital Marketing Dalam Usaha Kuliner di Desa Kapitu

Authors

  • Jenny Nancy Kaligis Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado
  • I Made Giliyan Fosen Topah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado
  • Nicky Fresya Polii Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado
  • Debora Tawaluyan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado
  • Viola Kairupan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado
  • Agnes Pricilia Tamuju Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado
  • Marshanda Matekohi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado
  • Angeline Gracia Wuisang Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado
  • Marchelino Wungow Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.40395

Keywords:

Digital marketing, Teknologi, Pengabdian

Abstract

Digital marketing saat ini merupakan hal yang semestinya harus dimiliki dalam melakukan usaha. Penerapan digital marketing yang baik dapat memberikan beragam manfaat seperti meningkatkan popularitas, daya jual, memaksimalkan laba, dan lain sebagainya. Latar belakang pengabdian ini karena masih banyak masyarakat yang belum memaksimalkan perkembangan teknologi saat ini bagi usaha mereka. Tujuan dari pengabdian ini untuk memberikan masyarakat pemahaman dan juga pemanfaatan teknologi terlebih digital marketing. Metode pelaksanaan menggunakan wawancara untuk mengetahui apakah subjek yang akan menjadi tujuan sudah menerapkan digital marketing atau belum. Hasil pelaksanaan diperoleh bahwa salah satu usaha, yaitu RM. Gunung Sinai, sudah mempunyai akun facebook tetapi belum memiliki konten terkait produk atau informasi dari usaha mereka, sehingga diberikan pendampingan dalam pembuatan konten serta diajarkan teknik promosi yang menarik. Berbeda dengan RM. Pandapig yang belum memiliki akun media social dan konten untuk dipromosikan, sehingga diberikan pendampingan pembuatan media social dan konten video.

References

Adya, U, Syukri., & Andi, N, Sunrawali. (2022). Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen,17(1), 170-182.

Andi, D, Riyanto, “Hootsuite (We Are Social): Data Digital Indonesia 2024” Andi.Link (Blog), Mei 10, 2024. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Bagus, Ilham. (2021). Word of Mouth Marketiing: Strategi Jualan Yang Tidak Boleh Kelewat. https://www.niagahoster.co.id/blog/word-of-mouth-adalah/ diakses pada tanggal 03 Juni 2024.

Chakti, Gunawan. The Book Of Digital Marketing. Sulawesi Selatan: Celebes Media Perkasa, 2019. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=OQzBDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:ewQbNpSDaUoJ:scholar.google.com/&ots=we0dFe72lp&sig=L3Jb0qU9xFgT61G5aTjH-vOb90w&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Haryanti Sri, Bambang Mursito, Sudarwati. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144-151

Irfani, Hafif, Fitri Yeni, Rika Wahyuni. (2020). Pemanfaatan Digital Merketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Journal of Character Education Society, 3(3), 651-659.

Kent, Michael, L. (2013). Directions in Social for Professional and Scholars. Los Angeles: Sage.

Sihombing, Nikolas, Erwin Pardede, Anton Sihombing, Nowell Dewantara. Pemasaran Digital. Jawa Tengah: CV. Pena Persada, 2022. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=o8CAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP2&dq=info:l1v2zIW-IakJ:scholar.google.com/&ots=dpi_SrdDP2&sig=UUiOS4R-PUE20fI3Sft6o9sK--o&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Kaligis, J. N., Topah, I. M. G. F., Polii, N. F., Tawaluyan, D., Kairupan, V., Tamuju, A. P., … Wungow, M. (2024). Penerapan Digital Marketing Dalam Usaha Kuliner di Desa Kapitu. DEDIKASI PKM, 5(3), 554–560. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.40395