Pelatihan Meditasi Anapanassati untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Reguler SMA/SMK di SMB Vihara Guna Vijaya Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.40976Keywords:
Meditasi Anapanassati, Konsentrasi Belajar.Abstract
Penelitian ini membahas pentingnya konsentrasi belajar dalam pendidikan serta tantangan yang dihadapi peserta didik dalam mempertahankan konsentrasi. Pelatihan meditasi Anapanassati dipilih sebagai pendekatan untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental dengan pendekatan kuasi-eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui empat pertemuan dengan peserta didik dari tiga kelas yang berbeda di SMB Vihara Guna Vijaya Tanjungpinang. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam konsentrasi belajar peserta didik, meskipun menghadapi beberapa tantangan seperti absensi dan penyesuaian dengan teknik meditasi. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kinerja akademik peserta didik tetapi juga membantu mereka mengelola stres dan tekanan dengan lebih baik. Kesimpulannya, pelatihan meditasi Anapanassati merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar dan kesejahteraan psikologis peserta didik di SMA/SMK.
References
Aina, M., Budiarti, R. S., Muthia, G. A., & Putri, D. A. (2021). Motivasi Belajar biologi peserta didik SMA pada Pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(1), 1-12.
Bawono, B., Nyanasuryanadi, P., & Prasetyo, E. (2023). Pengaruh Puja Bakti Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Agama Buddha. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 5(2), 208-217. https://doi.org/10.37364/jireh.v5i2.163
Burhayani, B., Nuridah, S., Saputra, A. M. A., Suyuti, S., Sarumaha, Y. A., & Anyan, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(2), 166-172.
Canu, Z., & Hayati, R. (2022). Gambaran Fokus Belajar dan Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Akibat Aplikasi Game Online. Al-Kaaffah: Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(2).
Dewi, E. S. (2024). Analisis Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2021 tentang Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Jurnal Pendidikan Tambusai.
Dewi, V., Handayani, G. L., & Junita, J. (2022). Pembinaan Kader Kesehatan Dalam Pembentukan Remaja Sadar Gizi di Posyandu Remaja. Jurnal Pengabdian Meambo.
Fatchuroji, A., Yunus, S., Jamal, M., Somelok, G., Yulianti, R., & Sihombing, M. (2023). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 5(4), 13758-13765.
Hafizi, D., Rathomi, A., & Multahada, A. (2024). UPAYA GURU MENGEMBALIKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IIB DI SDS IT Al-FURQON TEBAS TAHUN PELAJARAN 2023-2024. ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 137-148.
Herliawati, P. A. & Winangsih, R. (2023). MANFAAT MEDITASI MINDFULLNESS UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN FOKUS ANAK DISEKOLAH MINGGU BUDDHA. Jurnal Kebidanan.
Herliawati, P. A. & Winangsih, R. (2023). MANFAAT MEDITASI MINDFULLNESS UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN FOKUS ANAK DISEKOLAH MINGGU BUDDHA. Jurnal Kebidanan. stikeswilliambooth.ac.id
Japaries, Suminah Suminah, Stella Maris Bakara, Frisca Desma Ayu, & Shally Joncicilia. (2023). Pengaruh Latihan Meditasi Terhadap Perkembangan Kejiwaan Dan Kecerdasan Anak-Anak. JURNAL FISIOTERAPI DAN ILMU KESEHATAN SISTHANA, 5(2), 29–36. https://doi.org/10.55606/jufdikes.v5i2.428
Kartini, K., & Sa’adah, N. (2022). Dampak Musik Religi Terhadap Konsentrasi Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Pascasarjana BKI 2021-2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6033-6038.
Khiong, K., & Utomo, B. (2023). The effect of organizational trust, perceived organizational support (POS) and innovative work behavior (IWB) on university performance during digital era. International Journal Of Social And Management Studies (IJOSMAS), 4(2), 98-108.
Nurjanah, N. E. & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia.
Nurtiwiyono, H. (2023). Peran Guru Bagi Kesehatan Mental Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Proses Mengajar. Consilium: Education and Counseling Journal.
Panna, S. (2023). PENGARUH MEDITASI SEBELUMPEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENANGANI STRES AKADEMI PESERTA DIDIK AGAMA BUDDHA DI SMP NEGERI. smaratungga.ac.id
Pradana, J. A., Utomo, B., & Muslianty, D. (2023). Development of Jataka pop-up book as instructional media for Sunday school Buddhist students at Culla Sekha level. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 10(4), 990-999. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.8685
Putranto, D. P. D. (2021). PERANAN PELATIHAN MEDITASI KESADARAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN. Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan, 7(1), 103-111.
Putranto, D. P. D. (2021). PERANAN PELATIHAN MEDITASI KESADARAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN. Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan, 7(1), 103-111. radenwijaya.ac.id
Rahma, R. O., Rahmawati, V., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh kejenuhan terhadap konsentrasi belajar dan cara mengatasinya pada peserta didik di sdn 1 pandan. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(2), 242-250.
Rahmatullah, B., Basar, A. N. A., Hasgat, C., Putri, G. S., Tambunan, I. N., Mantika, S. H. A., & Faradiba, A. T. (2023). PENGARUH MEDITASI MELALUI APLIKASI RILIV TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA. Psyche: Jurnal Psikologi, 5(1), 34-44.
Ria, R. (2022). Effect of the implementation of Ritual Worship and School’s Organizational Culture on Students’ Learning Outcomes of SD Metta Maitreya Pekanbaru. Smaratungga: Journal of Education and Buddhist Studies, 2(2), 113-124.
Roeser, R., & DeCollibus, M. (2023). Exploring Adolescents’ Perceptions of Contemplatives Practices and Forms of Learning in Indian Secondary Schools. Holistic Education Review, 3(2).
Sari, D. K., Nababan, R. H., & Daulay, W. (2023). Pengaruh Meditasi Mindfullness terhadap Perubahan Cemas The Effect of Mindfullness Meditation on Anxiety Changes. Jurnal Kesehatan, 12(1), 19–25. https://doi.org/10.46815/jk.v12i1.118
Siagian, A. A., Sapri, S., Kesuma, B., Pratiwi, E., Rangkuti, K. H., Khairunnisa, K., ... & Putri, N. (2023). Urgensi Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiah (MI). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).
Sinha, M., Mukhopadhyay, S., & Panda, B. K. (2021). Mindfulness: A traditional Buddhist wisdom to cope with the COVID-19 situation. Indian Journal of Traditional Knowledge (IJTK), 19, S-164.
Surono, Y., Utomo, B., & Muslianty, D. (2023). Minat Membaca dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti. Journal on Education, 6 (1), 8134-8148. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4232
Surya, J. (2021). Kajian Penyebab Kemarahan Menurut Suttapiṭaka dalam Masyarakat Multikultural: Perspektif Psikologi Sosial. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1124–1133. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.501
Surya, J., Wibowo, M. E., & Mulawarman. (2021). Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT) Approach in Counseling Practice. Proceedings of the 6th International Conference on Science, Education and Technology (ISET 2020), 574 (Iset 2020), 463–466. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211125.086
Widiyanto, A., Atmojo, J. T., Fajriah, A. S., Putri, S. I., & Akbar, P. S. (2020). Pendidikan Kesehatan Pencegahan Hipertensi. Jurnal Empathy Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 172-181.
Widjaya, O. H. & Takahiro, A. (2024). Pelatihan Penerapan Meditasi untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Melalui Kecerdasan Emosional pada PT Logam Nusantara Perkasa di Jakarta. Abdi Dharma.
Wijoyo, H., & Surya, J. (2020). Analisis Penerapan Meditasi Samatha Bhavana Di Masa Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Umat Buddha Vihara Dharma Loka Pekanbaru. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 121. https://doi.org/10.24114/s
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prajna Dewi, Sri Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.