Kemampuan Sosialisasi Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 1 di Sekolah Inklusi Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.41667Keywords:
Sosialisasi, Sekolah inklusi, Kemampuan, Anak abkAbstract
Sekolah inklusif berusaha memenuhi hak setiap anak untuk mendapatkan pendidikan yang sama. Menurut Pasal 11 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, pemerintah pusat dan pemerintah daerah bertanggung jawab untuk menyediakan fasilitas dan pelayanan serta memastikan bahwa semua warga negara menerima pendidikan berkualitas tinggi tanpa diskriminasi. Metode yang digunakan yaitu dengan sosialisasi untuk melakukan pendekatan terhadap anak berkebutuhan khusus. Tujuan pengabdian masyarakat ini agar dapat mengetahui perbedaan belajar mengajar disekolah luar biasa dan di sekolah inklusi dalam meningkatkan kualitas hidup anak berkebutuhan khusus, dan kegiatan belajar mengajar sekolah luar biasa dalam meningkatkan kualitas hidup anak berkebutuhan khusus memiliki nilai lebih tinggi dibangin keigatan belajar mengajar disekolah inklusi dalam meningkatkan kualitas hidup anak berkebutuhan khusus.
References
Avrimidis, Ei., Bayliss, P., & Buirdon, R. (2000). A suirveiy into mainstreiam teiacheirs‟ attituideistowards thei incluision of childrein with speicial eiduicational neieids in thei ordinary school in onei local eiduication auithority. Eiduicational Psychology,
Bandi Deilfi. 2006. Peimbeilajaran Anak Tuinagrahita: Suiatui peingantar Dalam Peindidikan Inkluisi. Banduing: Reilika Aditama. Ceinteir, Y., & Ward, J. (1987). Teiacheirs‟ attituideis towards thei inteigration of disablei childrein into reiguilar schools. Thei Eixceiptional Child,
Chandleir, L. K. (2000). A training and consuiltation modeil to reiduicei reisistancei and increiasei eiduicatorknowleidgei and skill in addreissing challeinging beihaviouirs. Speicial Eiduication Peirspeictiveis,
Forlin, C., Jobling, A., & Carrol, A. (2001). Preiseirvicei teiacheirs‟ discomfort leiveils toward peioplei with disabilitieis. Thei Jouirnal of Inteirnational Speicial Neieids Eiduication,
Winarsih,Muirni.(2007). Inteirveinsi Dini Bagi Anak Tuinaruingui Dalam Peimeiroleihan Bahasa.Jakarta: Deipdikbuid,Dirjein Dikti
IG. A.K. Wardani. 2009. Peingantar Peindidikan Luiar Biasa. Jakarta: Uiniveirsitas TeirbuikaIlahi, Mohammad Takdir. 2013. Peindidikan Inkluisi Konseip dan Aplikasi. Yogyakarta: ArRuizz Meidia
Konza, D. (2008) Reivieiw of Speicial Eiduicational Seirviceis. Eingadinei, NSW: St John Bosco
Colleigei.
Nazir, Muihammad. 2003. Meitodei Peineilitian,. Jakarta: Ghalia Indoneisia.
Ruismono, D. O. (2020). Optimalisasi peindidikan inkluisi di seikolah: liteiratuirei reivieiw. Keilola: Juirnal Manajeimein Peindidikan, 7(2), 209-217.
Hafiz, A. (2017). Seijarah dan peirkeimbangan peindidikan inkluisif di indoneisia. Juirnal As-Salam, 1(3), 9-15.
Izzah, N., Seitianti, Y., & Tiara, O. (2023). Peiran Keipeimimpinan Keipala Seikolah dalam Meiwuijuidkan Seikolah Ramah Anak di Seikolah Inkluisi. Muirhuim: Juirnal Peindidikan Anak Uisia Dini, 4(2), 272-284.
Pinilih, S. S., Keliat, B. A., & Nasution, Y. (2013). Pengaruh Social Skills Training (SST) Terhadap Keterampilan Sosialisasi Dan Social Anxiety Remaja Tunarungu di SLB Kabupaten Wonosobo Tahun 2010. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(1).
Kartika, S. A., Prabasworo, A., & Nugroho, A. (2019). Sosialisasi Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Balikpapan. Abdimas Universal, 1(2), 30-38.
Muzdaliifah, I., & Asril, E. (2022). Sosialisasi Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Google Voice Untuk Guru-Guru SLB. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 436-444.
Ramadhani, F. N., Widiastuti, T., Ningrum, N. I., & Pratiwi, U. (2022). Sosialisasi Penggunaan Button Board Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Peserta Didik Tunagrahita SLB Muhammadiyah Purworejo. JURNAL TEPAT: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 5(1), 15-25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mutia Mawardah, Mistriyanti Mistriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.